Terkini! Proses Pemasangan Tiang Pancang Sayap Garuda di Kantor Presiden IKN

59 sec read

IKN, 3 Februari 2024, Tekniksipil.id -Pada hari ini, kami hadir dengan liputan terbaru mengenai progres pemasangan bilah Garuda di Kantor Presiden, namun kali ini fokus pada sisi yang berbeda, yaitu pada area sayap. Saat ini, tiang pancang untuk bilah Garuda pada sisi sayap telah berhasil dipasang dengan presisi.

Desain yang dikerjakan oleh seniman terkemuka, Pak Nyoman Nuarta, kini terwujud dalam bentuk yang memanjang, sesuai dengan konsep kantor presiden yang sudah direncanakan.

Dengan demikian, nantinya bilah Garuda akan terlihat melekat di sayap kantor presiden, membentuk sebuah karya seni yang mengesankan.

Pemasangan Tiang Pancang Sayap Garuda di Kantor Presiden IKN

Meskipun pemasangan pada struktur utama hampir selesai, fokus saat ini tertuju pada pembuatan tiang pancang yang akan menjadi tempat melekatnya bilah Garuda di bagian sayap.

Bagian depan dan belakang kantor presiden sudah hampir penuh dengan bilah Garuda, sementara sisi sayap kiri dan kanan sedang dalam proses pembuatan tiang pancang.

Perlu dicatat bersama bahwa total bilah Garuda yang akan membentuk burung garuda sebagai ciri khas bangunan kantor presiden mencapai sekitar 4.650 bilah.

Pak Nyoman Nuarta, seorang seniman asli Putra Bangsa dari Bali, menciptakan karya seni monumental ini sebagai bagian dari proyek besar untuk kantor presiden di ibukota Nusantara. Selain burung Garuda, beliau telah menciptakan berbagai karya seni monumental lainnya.

Sebagai informasi tambahan, progres pembangunan kantor presiden mencapai angka 66%, dengan sebagian besar struktur utama sudah selesai. Anggaran yang dialokasikan untuk proyek ini mencapai 1,56 triliun rupiah, yang didanai oleh Dana APBN.

Pelajari Juga Informasi Terkait Lainnya :
Apa itu BIM? Apa itu Konstruksi?
Apa itu Formwork? Apa itu Batching Plant?

Target penyelesaian kantor presiden ini direncanakan pada bulan Juni, sedangkan pemasangan bilah Garuda yang membentuk sayap burung dijadwalkan akan selesai pada bulan Mei. Proyek ini merupakan kolaborasi seni dan arsitektur yang memperkaya keindahan ibukota.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *