Transformasi Bendungan Spaku Semoi IKN: Dari Ketinggian Air hingga Perubahan Lanskap

56 sec read

IKN, Tekniksipil.id – Sebuah perjalanan menarik kembali hadir bagi para penikmat alam dan pencinta keindahan Bendungan Spaku Semoy, yang terletak di sekitar Ikai Nusantara.

Kali ini, pada tanggal 9 Februari 2024, kita diajak untuk menyaksikan transformasi yang sedang berlangsung di bendungan tersebut.

Salah satu perubahan yang mencolok adalah pemasangan lampu penerangan di sekitar jalan masuk bendungan. Berbeda dengan sebelumnya, lampu-lampu ini dipasang zigzag untuk menerangi area dengan lebih merata, meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung yang datang pada malam hari.

Transformasi Bendungan Spaku Semoy IKN

Selain itu, kondisi air di Bendungan Spaku Semoy juga menarik perhatian, dengan ketinggian air yang semakin meningkat secara signifikan. Hal ini memungkinkan kita untuk melihat dengan jelas perubahan bentuk dan volume air yang ada.

Pada tahap perubahan ini, pepohonan di sekitar bendungan mulai menunjukkan tanda-tanda kehidupan baru dengan pertumbuhan daun yang kecil. Fenomena ini menjadi indikasi perkembangan ekosistem di sekitar bendungan yang semakin hidup.

Namun, perubahan tak hanya terjadi pada bentuk fisik, tetapi juga pada fungsi bendungan itu sendiri. Jalur air yang sebelumnya kecil kini telah berkembang menjadi jalur yang lebih besar, menandakan adanya peningkatan volume air yang mengalir.

Hal ini menciptakan pemandangan yang memukau dan menunjukkan betapa pentingnya bendungan ini dalam pengaturan aliran air di wilayah sekitarnya.

Terakhir, penting untuk diingat bahwa transformasi bendungan ini bukan hanya sekadar perubahan fisik semata, tetapi juga cerminan dari upaya pelestarian alam dan pemanfaatan sumber daya air yang bijaksana.

Semoga melalui pemantauan terus-menerus seperti ini, kita dapat terus mengapresiasi dan menjaga keindahan serta fungsi penting dari Bendungan Spaku Semoy untuk generasi mendatang.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *