Melihat Perkembangan Terbaru Area Sumbu Kebangsaaan di IKN 9 Februari 2024

48 sec read

IKN, Tekniksipil.id – Hari ini, Jumat tanggal 9 Februari 2024, kita kembali melihat perkembangan terbaru dari proyek pembangunan Ibukota Nusantara.

Lokasi pembangunan tahap dua yang kita amati berada di depan titik nol Nusantara, yang sekarang sedang dibangun menjadi Plaza Bineka, sebagai bagian dari kawasan pembangunan Sumbu Kebangsaan tahap dua. Sumbu Kebangsaan tahap satu telah mencakup Plaza Seremoni di depan Istana Negara.

Pada tahap dua ini, kawasan pembangunan membentang dari jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat hingga Sisi Timur. Proyek konstruksi ini tidak hanya mencakup pembangunan fisik seperti gedung-gedung kementerian, tetapi juga perhatian terhadap lingkungan sekitarnya.

Perkembangan Terbaru Area Sumbu Kebangsaaan di IKN 9 Februari 2024

Terlihat bahwa project ini dikelilingi oleh hutan tanaman industri ekaliptus, yang menunjukkan komitmen untuk menjaga lingkungan sekaligus membangun infrastruktur yang maju.

Selain itu, pembangunan juga meliputi hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari beberapa tower, serta rumah tapak untuk jabatan menteri.

Perlu dicatat bahwa pembangunan Ibukota Nusantara ini memperhatikan berbagai aspek, termasuk pengelolaan sampah.

Lokasi tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) juga telah disiapkan, menandai upaya untuk mengelola limbah secara efisien dan ramah lingkungan.

Semua ini menjadi bagian dari visi untuk menciptakan sebuah ibu kota yang modern, berkelanjutan, dan representatif bagi seluruh bangsa Indonesia.

Dengan demikian, proyek ini tidak hanya memberikan dampak fisik, tetapi juga menunjukkan komitmen pada pembangunan yang berkelanjutan dan berdaya guna bagi masyarakat. Semoga pembangunan ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi bangsa dan negara.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *