Transformasi Indonesia Menuju Masa Depan yang Lebih Baik: Visi IKN Nusantara

42 sec read

IKN, 15 Februari 2024, Tekniksipil.id – Dalam menyongsong masa depan Indonesia yang lebih maju, terjadi transformasi besar yang tidak sekadar mengubah fisik bangunan atau lokasi pemerintahan.

Pemindahan ibu kota negara ke Nusantara bukan hanya sekedar agenda fisik, tetapi juga mencakup pembangunan budaya kerja baru, serta membangun mindset baru bagi seluruh masyarakat.

Indonesia Knowledge Hub (IKN) sebagai basis ekonomi baru diharapkan mampu mewujudkan visi besar ini.

Visi IKN Nusantara

Pemindahan ibu kota negara menjadi momen penting bagi Indonesia untuk menunjukkan komitmen dalam membangun kesetaraan dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah.

Saat ini, sebagian besar aktivitas ekonomi terpusat di Pulau Jawa, sementara sebagian besar wilayah lainnya belum mendapat perhatian yang seimbang.

Melalui IKN Nusantara, kita berharap bisa mengurangi ketimpangan ini dengan membangun pusat ekonomi yang inklusif dan berbasis pada kearifan lokal.

Selain itu, IKN Nusantara juga mengusung konsep pembangunan yang berkelanjutan, dengan memanfaatkan hutan dan alam sebagai basis utama.

Area yang digunakan untuk pembangunan ini awalnya merupakan hutan produksi yang akan dikembalikan menjadi hutan heterogen.

Melalui upaya penanaman kembali dan pengelolaan yang berkelanjutan, diharapkan IKN Nusantara dapat menjadi contoh bagi dunia dalam menggabungkan pembangunan dengan konservasi alam. Dengan komitmen bersama dan semangat gotong royong, Indonesia siap memasuki era baru yang lebih cerah dan berkelanjutan.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *