Ukuran Roster Beton Persegi Panjang & Kotak di Pasaran

4 min read

Sebagai praktisi konstruksi yang udah malang melintang di lapangan, gue paham banget keinginan lo buat punya rumah yang adem, estetik, tapi tetep dapet cahaya alami. Ribet emang kalo harus buka tutup jendela terus, apalagi kalo lagi males gerak. Nah, permasalah lo ini bisa dipecahin sama roster beton, bro!

Roster beton sendiri bukan cuma sekedar lubang angin biasa. Selain kasih udara yang seger ke dalam rumah, roster beton juga bisa bikin facade rumah lo jadi lebih kece.

Tapi sebelum kepengenan penginstall roster beton, lo harus tau dulu nih kalo ukuran roster beton itu macem-macem. Jangan sampe salah pilih ukuran, nanti malah ganggu sirkulasi udara di rumah lo. Yuk, simak biar lo bisa jadi jagoan pilih roster beton!

Apa sih Roster Beton itu?

roster beton

Roster beton adalah elemen bangunan yang terbuat dari beton dengan lubang-lubang yang berfungsi sebagai ventilasi udara dan pencahayaan alami.

Memiliki berbagai motif dan ukuran, roster beton dapat digunakan sebagai material dinding, pagar, partisi ruangan, dan dekorasi eksterior maupun interior, sehingga memberikan estetika dan fungsionalitas bagi bangunan.

Roster beton juga memiliki keunggulan seperti tahan lama, kokoh, mudah dibersihkan, dan hemat energi karena membantu mengurangi penggunaan lampu dan pendingin ruangan.

Secara gampangnya, roster beton itu kaya bata berlubang yang terbuat dari beton. Lubang-lubang inilah yang bikin udara bisa masuk ke dalam rumah lo.

Gue sering banget liat roster beton dipake di rumah-rumah minimalis jaman sekarang. Selain fungsinya yang oke punya, roster beton juga tersedia dalam berbagai macam motif yang pastinya bikin tampilan rumah lo makin estetik.

Apa Kegunaan Roster Beton?

Masih ragu pake roster beton? Nih, gue kasih tau beberapa keuntungan pake roster beton di rumah lo:

  • Sirkulasi udara yang lancar: Udara yang pengap di dalam rumah bisa jadi masalah, apalagi kalo lo tinggal di daerah yang panas. Nah, roster beton ini bisa jadi solusi karena dia bisa ngebantu ngalirin udara yang seger ke dalam rumah.
  • Cahaya alami yang cukup: Roster beton yang berlubang memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah lo. Selain bikin suasana rumah jadi lebih terang, pencahayaan alami juga bisa bantu menghemat penggunaan lampu, bro!
  • Privasi terjaga: Walaupun roster beton punya lubang angin, lo gak perlu khawatir privasi lo keganggu. Pilih aja motif roster beton yang gak terlalu transparan.
  • Tahan cuaca: Roster beton terbuat dari beton, jadi awet dan tahan cuaca. Beda cerita kalo lo pake lubang angin dari kayu yang gampang lapuk.
  • Banyak pilihan motif: Sekarang ini udah banyak banget produsen roster beton yang ngeluarin berbagai macam motif. Jadi, lo bisa pilih motif yang sesuai sama gaya desain rumah lo.

Macam Macam Ukuran Roster Beton

ukuran roster beton

Nah, sekarang kita masuk ke bahasan utama, yaitu ukuran roster beton. Lo harus tau kalo ukuran roster beton itu gak cuma satu jenis aja. Supaya gak bingung pas milih, yuk, kita bahas ukuran roster beton yang paling sering ditemui di pasaran:

Ukuran Roster Beton Standar

Roster beton dengan ukuran standar ini paling gampang lo temuin di toko bangunan. Biasanya sih ukurannya sekitar 20 x 20 cm x 7,5 cm. Ukuran ini cocok banget buat lo pasang di area yang butuh sirkulasi udara tapi gak terlalu luas. Contohnya, lo bisa pasang roster beton ukuran standar di dinding kamar mandi atau area dapur.

Pernah ngalamin kamar mandi yang lembab dan pengap? Gue yakin lo pasti pernah. Nah, pake roster beton ukuran standar di kamar mandi bisa ngebantu ngilangin masalah ini. Selain itu, lo juga bisa pasang roster beton di dapur biar asap masakan gak nempel di dinding dan udara di dapur tetep seger.

Ukuran Roster Beton Besar

Roster beton ukuran besar cocok banget buat lo yang pengen sirkulasi udara yang lebih optimal di dalam rumah. Ukuran roster beton ini biasanya mulai dari 40 x 40 cm sampai 70 x 70 cm. Motif yang sering ditemui pada roster beton ukuran besar adalah motif manggis. Motif manggis ini punya lubang-lubang yang cukup besar sehingga sirkulasi udara bisa berjalan dengan lebih lancar.

Gue pernah liat langsung nih, efek penggunaan roster beton ukuran besar dengan motif manggis di sebuah halaman belakang rumah. Selain bikin halaman belakang jadi adem, roster beton motif manggis ini juga ngasih efek dekoratif yang unik. Bikin betah nongkrong sore-sore sambil ngopi!

Roster Beton  Persegi

  • Ukuran Standar: Ukuran standar roster beton persegi biasanya 20 x 20 cm, 30 x 30 cm, dan 40 x 40 cm.
  • Kelebihan:
    • Kesederhanaan:Bentuk persegi yang simpel dan mudah dipadukan dengan berbagai gaya desain.
    • Efisiensi Ruang:Ukuran yang kompak memungkinkan penggunaan ruang yang lebih efisien, terutama pada area yang terbatas.
    • Variasi Motif:Roster beton persegi tersedia dalam berbagai motif, seperti garis, bunga, dan geometri, sehingga memberikan pilihan estetika yang luas.
  • Kekurangan:
    • Sirkulasi Udara:Pada ukuran standar, sirkulasi udara mungkin tidak seoptimal roster beton persegi panjang dengan lebar yang lebih besar.
    • Variasi Tata Letak:Pilihan tata letak roster beton persegi terbatas pada pola horizontal dan vertikal.

Roster Beton Persegi Panjang:

  • Ukuran Standar:Ukuran standar roster beton persegi panjang biasanya 20 x 40 cm, 30 x 60 cm, dan 40 x 80 cm.
  • Kelebihan:
    • Sirkulasi Udara Maksimal:Lebar yang lebih besar memungkinkan sirkulasi udara yang lebih optimal, terutama pada ruangan yang membutuhkan ventilasi ekstra.
    • Variasi Tata Letak:Roster beton persegi panjang menawarkan lebih banyak variasi tata letak, seperti horizontal, vertikal, dan diagonal, sehingga memberikan fleksibilitas desain yang lebih tinggi.
    • Kesan Modern:Bentuk persegi panjang memberikan kesan modern dan kontemporer pada desain bangunan.
  • Kekurangan:
    • Membutuhkan Ruang Lebih Besar:Ukuran yang lebih besar membutuhkan ruang yang lebih luas untuk pemasangannya.
    • Harga:Harga roster beton persegi panjang umumnya lebih mahal dibandingkan roster beton persegi dengan ukuran yang sama.

Tips Memilih Ukuran Roster Beton

Supaya lo gak salah pilih ukuran roster beton, gue kasih beberapa tips nih, bro:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan sirkulasi udara

Lo harus tau dulu seberapa besar sirkulasi udara yang lo butuhkan di dalam ruangan. Kalo lo cuma butuh sirkulasi udara yang sedikit, roster beton ukuran standar udah cukup. Tapi kalo lo tinggal di daerah yang panas dan butuh sirkulasi udara yang lebih optimal, mending pilih roster beton ukuran besar.

  • Perhatikan ukuran keseluruhan bidang yang akan dipasang roster

Jangan asal pilih ukuran roster beton yang besar ya. Lo harus perhatikan dulu ukuran bidang dinding atau area yang akan lo pasang roster beton. Pilih ukuran roster beton yang pas dan proporsional biar estetika rumah lo tetap terjaga.

  • Pertimbangkan Sisi Estetika

Selain fungsinya, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan estetika. Pilih ukuran roster beton yang sesuai dengan gaya desain rumah lo. Misalnya, buat rumah minimalis, roster beton dengan motif garis-garis yang simpel bisa jadi pilihan yang tepat. Sementara buat rumah bergaya tropis, roster beton dengan motif bunga atau dedaunan bisa bikin suasana rumah jadi lebih natural.

  • Jarak Antar Roster yang Akan Digunakan

Selain ketiga tips di atas, lo juga harus perhatiin jarak antar roster beton yang akan dipasang. Jarak yang ideal antar roster beton biasanya sekitar 5-10 cm. Jangan terlalu rapat, nanti malah ngalangi sirkulasi udara. Sebaliknya, jangan terlalu renggang juga, nanti malah gak kokoh.

Contoh Penggunaan Roster Beton Sesuai Ukuran

Biar lo bisa lebih ngebayangin gimana cara penggunaan roster beton sesuai ukurannya, gue kasih beberapa contoh nih:

Aplikasi Roster Ukuran Standar

  • Kamar mandi: Seperti yang udah gue bahas sebelumnya, roster beton ukuran standar cocok banget dipasang di dinding kamar mandi. Selain ngebantu ngilangin lembab, roster beton juga bisa ngurangin bau yang gak sedap di dalam kamar mandi.
  • Dapur: Area dapur yang penuh sama asap dan hawa panas dari kompor bisa bikin lo gak betah masak. Nah, pasang roster beton ukuran standar di dapur bisa ngebantu ngalirin udara yang pengap dan bikin dapur jadi lebih sejuk.

Aplikasi Roster Ukuran Besar

  • Dinding pembatas: Lo bisa menggunakan roster beton ukuran besar sebagai dinding pembatas antara ruang tamu dan halaman belakang. Selain bikin suasana ruang tamu jadi lebih lega, roster beton juga bisa ngedukung pencahayaan alami ke dalam ruangan.
  • Pagar: Bosan sama pagar yang biasa aja? Coba deh pake roster beton ukuran besar dengan motif yang unik sebagai pagar rumah lo. Selain fungsinya sebagai pembatas, roster beton juga bisa bikin tampilan fasad rumah lo jadi lebih estetik.

Inget ya, ini cuma beberapa contoh aja. Lo bisa sesuaikan penggunaan roster beton sesuai dengan kebutuhan dan kreativitas lo!

Pelajari Juga Macam Macam Standar Ukuran Material :
Ukuran Pipa PVC Ukuran Triplek
Ukuran Keramik Ukuran Besi Hollow
Ukuran Hebel Ukuran Batako

Sekarang lo udah tau kan, bro, kalo ukuran roster beton itu macem-macem. Pilih ukuran roster beton yang tepat gak cuma ngebantu sirkulasi udara di dalam rumah lo, tapi juga bisa bikin tampilan rumah lo jadi lebih kece.

Jangan lupa juga sesuaikan ukuran roster beton dengan kebutuhan dan gaya desain rumah lo ya. Selamat memilih roster beton dan selamat mewujudkan rumah impian lo kawan!

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Panduan Memilih Ukuran Kusen Jendela yang Tepat

Ukuran kusen jendela memainkan peran penting dalam menentukan tampilan, fungsionalitas, dan kenyamanan rumah Anda. Artikel ini akan mengupas berbagai aspek terkait ukuran kusen jendela,...
Azka
3 min read

Panduan Lengkap Ukuran Kusen Pintu: Memilih, Memasang, dan Memelihara

Ukuran kusen pintu yang tepat sangat penting untuk memastikan pintu berfungsi dengan baik dan tampilannya estetis. Dari pintu interior hingga eksterior, memahami berbagai ukuran...
Azka
3 min read

Panduan Lengkap Tabel Ukuran Baut: Pilih yang Tepat untuk…

Saat mengerjakan proyek DIY atau perbaikan rumah, memilih baut yang tepat sangat penting. Tabel ukuran baut menyediakan panduan komprehensif yang membantu Anda menentukan diameter,...
Azka
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *