Aturan Terbaru Jalur Masuk SNBP TA 2024/ 2025 dari SNPMB

2 min read

Jakarta, Tekniksipil.id – Halo teman-teman remaja Indonesia! Kabar terbaru datang dari pihak SNPMB (Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri) yang baru saja memberikan sosialisasi mengenai ujian masuk PTN. Penasaran? Simak terus informasinya di sini!

Pihak Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB) memberikan sosialisasi terbaru terkait prosedur ujian masuk PTN dalam sebuah video yang baru dirilis.

Dalam video tersebut, pihak SNPMB menjelaskan secara rinci mengenai tiga jalur masuk ke PTN yang tersedia, yakni SNBP (Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri), SNBT (Seleksi Nasional Bersama Tes), dan jalur seleksi mandiri.

Pentingnya Pemahaman Terkait Jalur SNBP

Sebagai siswa SMA yang akan segera menghadapi ujian masuk PTN, penting untuk memahami dengan baik jalur-jalur yang tersedia.

Salah satunya adalah jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Jalur ini menawarkan kuota sebesar 20% untuk pendaftaran, dengan biaya yang ditanggung oleh pemerintah.

Bagi kamu yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), ada subsidi tambahan yang bisa kamu dapatkan. Namun, perlu diingat bahwa persiapan matang diperlukan mengingat format soal yang berbeda dari tahun sebelumnya, termasuk adanya tes isian singkat atau esai.

Aturan Terbaru Jalur Masuk PTN SNBP

Aturan Terbaru Jalur Masuk SNBP TA 2024 2025 dari SNPMB

SNBP: Jalur SNBP, yang berfokus pada prestasi, tetap mempertahankan kuota minimum sebesar 20%. Peserta akan dinilai berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik selama masa sekolah menengah atas. Pendaftaran SNBP gratis dan biaya ditanggung pemerintah.

Aturan Terbaru Jalur Masuk PTN SNBT

SNBT: Untuk jalur SNBT, yang berbasis tes, kuota minimumnya telah ditingkatkan menjadi 40%. Peserta harus membayar biaya pendaftaran sendiri, namun bagi yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), akan ada subsidi dari pemerintah. Tes SNBT terdiri dari tujuh subtes dengan berbagai format soal, termasuk isian singkat atau esai.

Aturan Terbaru Jalur Masuk Seleksi Mandiri

Seleksi Mandiri: Jalur seleksi mandiri ditetapkan oleh masing-masing PTN dan memiliki kuota maksimum 30% atau bahkan 50% untuk PTN berbadan hukum. Peserta harus aktif mencari informasi terkait jadwal dan persyaratan pendaftaran, yang dapat berbeda antar PTN.

Dalam video tersebut, SNPMB juga menyoroti persyaratan dan tahapan untuk mendaftar melalui jalur SNBP. Siswa harus memastikan sekolah mereka memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan pendaftaran akun SNPMB sekolah serta siswa harus dilakukan secara tepat waktu.

Selain itu, SNPMB memberikan penjelasan mendalam tentang persyaratan siswa yang dapat dianggap eligibel untuk SNBP, termasuk kriteria kewarganegaraan, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan memiliki Nilai Indeks Sekolah Nasional (NISN).

Dalam video ini, pihak SNPMB juga menegaskan pentingnya mengikuti jadwal dan prosedur pendaftaran dengan cermat, mengingat batas waktu yang telah ditetapkan. Informasi terkait batas waktu pendaftaran, proses pengisian PDSS, dan tahapan seleksi ditekankan agar tidak ada kesalahan yang dapat menghambat partisipasi dalam seleksi masuk PTN.

Video tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para calon peserta seleksi mengenai prosedur dan persyaratan masuk ke PTN. Dengan pemahaman yang matang, diharapkan para siswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi masuk PTN dan meraih kesuksesan dalam perjalanan pendidikan mereka.

Tahapan Pendaftaran dan Persyaratan Penting

Tahapan pendaftaran meliputi pengisian PDSS (Pusat Data Sekolah dan Siswa) yang dilakukan oleh pihak sekolah. Kuota eligibel ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah, yang juga berpengaruh pada persyaratan SNBP.

Pastikan sekolah telah mengisi PDSS tepat waktu, karena terlambat bisa berdampak pada partisipasi sekolah dalam seleksi. Selain itu, siswa juga perlu memenuhi persyaratan seperti memiliki KTP, NISN, dan nilai rapot yang diisi melalui PDSS.

Tips dan Trik Menghadapi Seleksi Ujian SNBP

1. Pahami Jurusan dan PTN Pilihanmu

Sebelum memilih jurusan dan PTN yang kamu inginkan, pastikan untuk memahami persyaratan dan persaingan yang ada. Cari informasi tentang akreditasi jurusan, prestasi yang dibutuhkan, dan ketersediaan kuota.

2. Siapkan Portofolio (Jika Diperlukan)

Untuk jurusan seni atau olahraga, persiapkan portofolio yang memperlihatkan kemampuan dan prestasimu. Pastikan portofolio tersebut sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

3. Jaga Batas Waktu

Pastikan untuk melakukan pendaftaran dan pengisian PDSS tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan. Terlambat bisa berdampak pada partisipasi kamu dalam seleksi.

4. Tetap Semangat dan Berusaha

Meskipun persaingan ketat, tetaplah semangat dan percaya diri. Persiapkan dirimu sebaik mungkin dan percayalah bahwa usahamu akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Dengan memahami jalur SNBP dan melakukan persiapan secara matang, kamu akan meningkatkan peluang untuk lolos dalam seleksi masuk PTN. Semangat dan teruslah berusaha!

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *