Menjelajah Perkembangan Infrastruktur Kawasan KPP IKN: Denyut Nadi Ibu Kota Baru

1 min read

IKN, Tekniksipil.id – Di jantung Ibu Kota Nusantara (IKN), geliat pembangunan kian terasa. Kawasan Pusat Pemerintahan (KPP) yang menjadi pusat kegiatan pemerintahan masa depan Indonesia kini mulai menunjukkan wajahnya.

Menengok Keindahan Trotoar Jalan Sudirman

Langkah kaki kita diajak untuk menapaki trotoar Jalan Sudirman, KPP IKN. Mock-up trotoar yang telah rampung menampilkan desain modern dan berkelas. Perpaduan material granit dan beton dengan motif batik khas Kalimantan Timur menghadirkan estetika yang memanjakan mata.

Perkembangan Infrastruktur Kawasan KPP IKN

Di trotoar ini, pejalan kaki akan dimanjakan dengan jalur khusus yang lebar dan nyaman. Pepohonan rindang yang ditanam di sepanjang jalan akan memberikan kesejukan dan keteduhan. Tak hanya itu, keberadaan jalur khusus untuk pesepeda dan area duduk yang estetik semakin menambah daya tarik kawasan ini.

Menyusuri Hunian ASN dan Rumah Tapak Jabatan Menteri

Pemandangan beralih ke hunian ASN dan rumah tapak jabatan menteri yang tak jauh dari sana. Bangunan-bangunan tinggi dengan desain modern minimalis tampak kokoh berdiri. Hunian ASN yang terdiri dari 47 tower dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan ASN, baik single maupun yang sudah berkeluarga.

Sementara itu, rumah tapak jabatan menteri yang terdiri dari 36 unit telah rampung dan siap dihuni. Desainnya yang terinspirasi dari rumah adat Kalimantan mencerminkan identitas budaya lokal.

Menyaksikan Kemegahan Istana Wakil Presiden

Langkah kaki kita kemudian membawa kita ke lokasi pembangunan Istana Wakil Presiden. Desain istana yang terinspirasi dari Rumah Panjang Kalimantan ini menghadirkan kemegahan yang unik dan berkarakter.

Meskipun masih dalam tahap penyempurnaan desain, visualisasi yang ditampilkan menunjukkan kemegahan istana ini. Menghadap ke arah Istana Presiden, istana ini akan menjadi simbol keseimbangan dan kolaborasi dalam kepemimpinan bangsa.

Menyongsong Masa Depan di KPP IKN

Kawasan KPP IKN bukan hanya tentang infrastruktur fisik. Di baliknya, terbentang visi besar untuk membangun budaya dan peradaban baru Indonesia. Kota ini dirancang sebagai kota cerdas, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Ulas Juga Informasi Terkait Lainnya :
BIM Adalah? Konstruksi Adalah?
Bekisting Adalah? Bangunan Adalah?
Pondasi Adalah? Material Adalah?

Pembangunan KPP IKN menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera. Denyut nadi Ibu Kota Baru ini semakin terasa, mengantarkan bangsa Indonesia menuju masa depan yang gemilang.

Kawasan KPP IKN bagaikan kanvas raksasa yang perlahan terlukis dengan indah. Di atas kanvas itu, terukir mimpi dan harapan besar bangsa Indonesia. Mari kita terus dukung dan kawal pembangunan IKN, mengantarkan Indonesia menuju era baru yang gemilang.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *