Mengenal Apa itu Bangunan, Jenis Jenis dan Ragam Kegunaannya

3 min read

Bangunan adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Mereka bukan hanya sekadar gedung-gedung, tapi juga tempat di mana kita melakukan segala aktivitas, seperti tinggal, bekerja, belajar, berbelanja, dan bersosialisasi.

Dalam ulasan kali ini, Tekniksipil akan membahas berbagai jenis dan fungsi bangunan, mulai dari rumah tinggal hingga tempat-tempat umum seperti sekolah, pusat perbelanjaan, dan tempat hiburan.

Dengan memahami lebih dalam tentang peran dan variasi bangunan, diharapkan kita dapat lebih menghargai betapa pentingnya mereka dalam membentuk kehidupan kita sehari-hari.

Pengertian Bangunan

bangunan adalah

Bangunan adalah struktur yang memiliki dinding dan atap yang berdiri di suatu tempat secara tetap. Kamu pasti sering melihat rumah-rumah, apartemen, kantor, atau pabrik yang merupakan contoh dari bangunan.

Fungsinya sangat beragam, mulai dari tempat tinggal, tempat kerja, hingga tempat untuk menyimpan barang. Intinya, bangunan adalah tempat di mana kita tinggal, bekerja, atau melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Jenis bangunan pun beragam tergantung pada apa yang akan dilakukannya. Misalnya, ada bangunan tinggal untuk tempat tinggal, bangunan pendidikan seperti sekolah atau universitas, bangunan kantor untuk bekerja, atau bangunan pabrik untuk membuat barang. Setiap jenis bangunan memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penggunaannya.

Selain itu, bangunan juga bisa diklasifikasikan berdasarkan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan di dalamnya. Misalnya, ada bangunan tempat berkumpul untuk hiburan seperti bioskop atau teater, bangunan untuk berbelanja seperti mall atau supermarket, atau bahkan bangunan yang digunakan untuk penyimpanan barang seperti gudang.

Jadi, secara sederhana, bangunan adalah struktur yang penting dalam kehidupan kita karena menyediakan tempat untuk tinggal, bekerja, belajar, berbelanja, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Jenis Jenis Bangunan

jenis jenis bangunan

Jenis-jenis Bangunan Bergantung pada karakteristik hunian atau jenis penggunaan, bangunan dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori sebagai berikut:

  1. Bangunan Tinggal

Sebuah bangunan harus dianggap sebagai bangunan tinggal ketika lebih dari setengah luas lantainya digunakan untuk tujuan tempat tinggal. Bangunan lain harus dianggap non-tinggal.

Bangunan tinggal adalah bangunan yang dirancang dan dibangun sesuai untuk penghuni tinggal dan disebut sebagai rumah. Penghuni bisa berupa keluarga, single, pasangan, teman sekamar, atau mungkin dalam kelompok.

Sebuah bangunan tinggal pada dasarnya memiliki:

Kamar tidur, Ruang tamu, Fasilitas (seperti toilet dan kamar mandi), Ruangan memasak (dapur). Semua fungsi tersebut dapat berada dalam ruangan atau ruang bersama atau memiliki ruangan eksklusif untuk setiap fungsi. Jenis bangunan ini termasuk satu atau dua rumah pribadi, apartemen, rumah-rumah panggung, bangunan bertingkat, bangunan teras, gedung apartemen, gedung kondominium, hotel, asrama, bangunan semi-terpisah, dll.

  1. Bangunan Pendidikan

Bangunan ini mencakup bangunan apa pun yang digunakan untuk keperluan sekolah, perguruan tinggi, atau taman kanak-kanak yang melibatkan pertemuan untuk instruksi, pendidikan, atau rekreasi.

  1. Bangunan Institusi

Bangunan ini mencakup bangunan atau bagian yang digunakan untuk perawatan medis, dll. Seperti rumah sakit, panti jompo, panti asuhan, sanatorium, penjara, rumah sakit jiwa, dll.

  1. Bangunan Perakitan

Bangunan ini mungkin mencakup bangunan atau bagian dari bangunan di mana sekelompok orang berkumpul untuk rekreasi, hiburan, sosial, keagamaan, atau tujuan lainnya seperti teater, aula pertemuan, aula pameran, restoran, museum, ruang klub, auditorium, dll.

  1. Bangunan Bisnis

Ini akan mencakup jenis bangunan atau bagian dari bangunan yang digunakan untuk transaksi bisnis, menyimpan catatan akun, balai kota, balai kota, gedung pengadilan, dll.

  1. Bangunan Perdagangan

Ini akan mencakup bangunan yang digunakan untuk sabun, pasar, toko, grosir atau eceran.

  1. Bangunan Industri

Jenis bangunan ini utamanya digunakan untuk tujuan manufaktur. Di sini produk atau bahan dari segala jenis dan sifat difabrikasi, dirakit, atau diproses, misalnya pabrik gas, kilang, pabrik, peternakan, dll.

  1. Bangunan Penyimpanan

Bangunan ini umumnya digunakan untuk penyimpanan atau perlindungan barang, barang, atau merchandise seperti gudang, penyimpanan dingin, garasi, kandang, gudang transit, dll.

  1. Bangunan Berbahaya

Jenis bangunan ini mencakup bangunan apa pun yang digunakan untuk penyimpanan, penanganan, manufaktur, atau pemrosesan bahan atau produk yang sangat mudah terbakar atau sangat mudah terbakar, yang dapat menghasilkan gas beracun.

Bangunan ini digunakan untuk menyimpan, menangani, atau memproduksi cairan atau bahan kimia yang sangat korosif, beracun, asam, atau lainnya yang menghasilkan api, gas beracun, bahan peledak, dll.

Macam Macam Fungsi Bangunan

fungsi bangunan

Fungsi bangunan sangat bervariasi dan tergantung pada apa yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari bangunan:

  1. Rumah Tinggal: Bangunan rumah atau apartemen adalah tempat bagi kita untuk tinggal dan istirahat setelah bekerja. Mereka memberikan tempat yang nyaman dan aman bagi kita dan keluarga.
  2. Tempat Kerja: Bangunan kantor, pabrik, atau toko adalah tempat di mana kita bekerja untuk mencari nafkah. Mereka dilengkapi dengan segala fasilitas yang diperlukan untuk mendukung pekerjaan kita.
  3. Tempat Belajar: Sekolah, universitas, atau pusat pendidikan lainnya adalah bangunan di mana kita belajar dan meningkatkan pengetahuan kita. Mereka dilengkapi dengan kelas, perpustakaan, dan laboratorium.
  4. Tempat Berdagang: Toko, pasar, atau mal adalah tempat di mana kita melakukan transaksi jual-beli barang atau jasa. Mereka menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli.
  5. Tempat Rekreasi dan Hiburan: Bioskop, teater, atau taman bermain adalah tempat di mana kita bersantai dan menghibur diri. Mereka menjadi tempat bagi kita untuk menikmati waktu luang bersama keluarga dan teman-teman.
  6. Tempat Ibadah: Gereja, kuil, atau masjid adalah tempat di mana kita beribadah dan menguatkan iman. Mereka menjadi tempat bagi umat beragama untuk berdoa dan beribadah.
  7. Tempat Penyimpanan: Gudang, garasi, atau tempat penyimpanan dingin adalah tempat di mana kita menyimpan barang atau bahan. Mereka penting untuk menjaga agar barang-barang kita tetap aman dan terjaga kualitasnya.

Inilah beberapa fungsi utama dari bangunan, yang sangat beragam dan memenuhi berbagai kebutuhan kita sehari-hari. Dengan demikian, bangunan tidak hanya sekadar tempat untuk tinggal atau bekerja, tetapi juga menjadi bagian penting dari pengalaman hidup kita.

Pelajari Juga Informasi Terkait Lainnya :
Apa itu BIM? Apa itu Konstruksi?
Apa itu Pondasi? Apa itu Material?

Mereka mencerminkan keberagaman kegiatan dan kebutuhan manusia serta memainkan peran penting dalam memfasilitasi interaksi sosial dan perkembangan masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami betapa beragamnya jenis dan fungsi bangunan yang ada di sekitar kita, sehingga kita dapat menghargai serta memanfaatkannya secara lebih optimal dalam kehidupan sehari-hari.

 

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *