Menuju Kesuksesan: Proyek IKN Dikebut untuk Capai Target Selesai di Bulan Agustus 2024

49 sec read

IKN, 9 Februari 2024, Tekniksipil.id -Otorita Ibukota Nusantara mengumumkan perkembangan terbaru dalam proyek pembangunan gedung kantor presiden di kawasan Ibu Kota Negara (IKN).

Dalam pengumuman tersebut, disebutkan bahwa progres pembangunan telah mencapai 72,9%, menandakan kemajuan yang signifikan dalam upaya mewujudkan infrastruktur penting ini.

Dengan persentase progres yang telah mencapai angka tersebut, tinggal sekitar 28% pekerjaan yang tersisa untuk diselesaikan. Hal ini menunjukkan bahwa proyek ini berada di jalur yang tepat, dengan estimasi waktu penyelesaian sekitar 5 hingga 6 bulan ke depan.

Proyek IKN Dikebut

Selain pembangunan gedung kantor presiden, proyek-proyek lainnya di IKN juga mengalami kemajuan yang menggembirakan. Sekretariat presiden dan fasilitas pendukung lainnya telah mencapai progres sebesar 58,21%.

Upaya untuk mempercepat proyek-proyek ini sangatlah penting mengingat waktu yang semakin mepet.

Para pekerja di IKN dilaporkan bekerja dengan intensitas tinggi, bahkan menjalani shift selama 21 jam dengan menggunakan sistem roster yang terbagi menjadi tiga kelompok. Ini menunjukkan komitmen yang kuat untuk menyelesaikan proyek tepat waktu.

Di samping itu, sejumlah proyek infrastruktur lainnya juga sedang berlangsung, termasuk pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang akan didukung oleh teknologi 5G.

Penyediaan air bersih juga menjadi fokus, dengan pembangunan bendungan dan infrastruktur pengolahan air. Semua upaya ini bertujuan untuk mendukung visi IKN sebagai kota yang layak huni, yang diharapkan mulai beroperasi pada Agustus 2024.

Dengan capaian progres yang memuaskan, proyek ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang maju melalui pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan terencana dengan baik.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *