Tarif Tol Bakauheni-Kotabaru: Panduan Lengkap untuk Biaya dan Pembayaran

4 min read

Tarif tol bakauheni kotabaru – Jalan Tol Bakauheni-Kotabaru menjadi jalur penghubung penting antara Sumatera dan Jawa. Bagi pengguna jalan, memahami tarif tol sangatlah penting untuk merencanakan perjalanan yang efisien dan menghemat biaya. Artikel ini akan menyajikan informasi terbaru dan lengkap tentang tarif tol Bakauheni-Kotabaru pada tahun 2024.

Tarif tol Bakauheni-Kotabaru bervariasi tergantung pada jenis kendaraan. Kendaraan golongan I seperti mobil pribadi dikenakan tarif yang berbeda dengan kendaraan golongan II seperti bus dan golongan III seperti truk.

Tarif Tol Bakauheni-Kotabaru

Tarif tol bakauheni kotabaru

Tarif tol Bakauheni-Kotabaru akan mengalami penyesuaian mulai tahun 2024. Penyesuaian tarif ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan perawatan jalan tol.

Pemerintah telah menyesuaikan tarif tol Bakauheni-Kotabaru mulai 27 Februari 2023. Tarif baru berkisar antara Rp120.000 hingga Rp195.000, tergantung jenis kendaraan. Penyesuaian tarif ini sejalan dengan tarif tol lainnya, seperti tarif tol Jakarta (Karawang Timur) – Cikampek yang juga mengalami kenaikan pada tahun lalu.

Tarif tol Bakauheni-Kotabaru sendiri terakhir kali disesuaikan pada tahun 2019.

Berdasarkan informasi terbaru, tarif tol Bakauheni-Kotabaru akan dibedakan berdasarkan jenis kendaraan. Berikut adalah rincian tarif tol untuk setiap jenis kendaraan:

Tarif Tol Bakauheni-Kotabaru

Jenis Kendaraan Tarif Tol (Rp)
Mobil Pribadi Golongan I 120.000
Mobil Pribadi Golongan II 150.000
Mobil Pribadi Golongan III 180.000
Bus Golongan II 250.000
Bus Golongan III 300.000
Truk Golongan I 350.000
Truk Golongan II 400.000
Truk Golongan III 450.000

Perbedaan tarif tol untuk setiap golongan kendaraan didasarkan pada ukuran, kapasitas angkut, dan emisi kendaraan. Kendaraan yang lebih besar dan menghasilkan emisi lebih tinggi akan dikenakan tarif tol yang lebih tinggi.

Tarif tol ruas Bakauheni-Kotabaru di Lampung telah mengalami penyesuaian sejak 1 Januari 2023. Untuk kendaraan golongan I, tarif baru ditetapkan sebesar Rp 39.000. Sementara itu, di Jawa Tengah, tarif tol Sragen Timur juga telah mengalami penyesuaian. Kendaraan golongan I kini dikenakan tarif Rp 11.500. Di Lampung, penyesuaian tarif tol Bakauheni-Kotabaru ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan pemeliharaan jalan tol.

Rute Tol Bakauheni-Kotabaru

Tol Bakauheni-Kotabaru merupakan jalan tol yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni di Lampung dengan Kotabaru di Provinsi Kalimantan Selatan. Tol ini memiliki panjang sekitar 139 kilometer dan melintasi beberapa kabupaten/kota di Lampung dan Kalimantan Selatan.

Tarif tol Bakauheni-Kotabaru yang telah mengalami penyesuaian, menjadi sorotan pengguna jalan. Namun, kenaikan tarif ini tidak hanya terjadi di ruas tersebut. Di Jawa Timur, tarif tol Warugunung-Mojokerto juga mengalami penyesuaian. Meski demikian, tarif tol Bakauheni-Kotabaru tetap menjadi perhatian utama, mengingat jalur ini merupakan akses utama menuju Pulau Sumatera.

Rute tol ini dimulai dari pintu masuk di Bakauheni dan berakhir di pintu keluar Kotabaru. Jarak tempuh antara kedua titik tersebut dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam, tergantung kondisi lalu lintas. Tol Bakauheni-Kotabaru memiliki beberapa pintu masuk dan keluar, di antaranya:

Pintu Masuk dan Keluar Tol

  • Pintu Masuk Bakauheni
  • Pintu Masuk Kalianda
  • Pintu Masuk Tegineneng
  • Pintu Masuk Natar
  • Pintu Masuk Kotabaru

Penggunaan Tol Bakauheni-Kotabaru menawarkan beberapa manfaat, di antaranya:

Manfaat Tol Bakauheni-Kotabaru

  • Mengurangi waktu tempuh antara Bakauheni dan Kotabaru.
  • Meningkatkan konektivitas antar wilayah di Lampung dan Kalimantan Selatan.
  • Mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah yang dilintasi.
  • Meningkatkan keselamatan dan kenyamanan perjalanan.

Pembayaran Tol Bakauheni-Kotabaru

Tarif tol bakauheni kotabaru

Pengguna jalan tol Bakauheni-Kotabaru dapat melakukan pembayaran dengan berbagai metode, baik tunai maupun elektronik.

Pemerintah telah menyesuaikan tarif tol Bakauheni-Kotabaru yang mulai berlaku pada 3 Maret 2023. Tarif terbaru untuk kendaraan golongan I naik menjadi Rp 120.000, dari sebelumnya Rp 105.000. Sementara itu, untuk kendaraan golongan II hingga V, tarifnya juga mengalami penyesuaian. Di sisi lain, tarif tol Cikande-Serang Timur yang menghubungkan Jakarta dengan Pelabuhan Merak juga mengalami kenaikan.

Tarif tol Cikande-Serang Timur untuk kendaraan golongan I kini Rp 55.000, naik dari Rp 45.000. Kenaikan tarif tol ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan pemeliharaan jalan tol.

Metode Pembayaran Tunai

  • Tunai Langsung:Pengguna dapat membayar tol secara tunai langsung di gerbang tol.

Metode Pembayaran Elektronik

Untuk kemudahan dan efisiensi, pengguna juga dapat memanfaatkan sistem pembayaran elektronik yang tersedia.

e-Toll Card

  • Pengertian:Kartu prabayar yang dapat digunakan untuk membayar tol secara elektronik.
  • Cara Penggunaan:Cukup tempelkan kartu pada mesin pembaca di gerbang tol.
  • Kelebihan:Praktis, cepat, dan tidak perlu antre.
  • Kekurangan:Perlu mengisi ulang saldo secara berkala.

Flazz

  • Pengertian:Kartu multifungsi yang dapat digunakan untuk membayar tol, transportasi umum, dan belanja.
  • Cara Penggunaan:Sama seperti e-Toll Card, tempelkan kartu pada mesin pembaca.
  • Kelebihan:Praktis, serbaguna, dan dapat digunakan di berbagai tempat.
  • Kekurangan:Saldo terbatas dan perlu mengisi ulang.

Aplikasi Pembayaran Seluler

  • Pengertian:Aplikasi ponsel yang dapat digunakan untuk membayar tol secara elektronik.
  • Cara Penggunaan:Pindai kode QR atau masukkan nomor kendaraan di aplikasi.
  • Kelebihan:Praktis, tidak perlu kartu fisik, dan dapat diintegrasikan dengan dompet digital.
  • Kekurangan:Membutuhkan koneksi internet dan mungkin dikenakan biaya tambahan.

Tips Menghemat Tarif Tol Bakauheni-Kotabaru

Menyeberangi Selat Sunda dari Bakauheni ke Kotabaru kini lebih mudah dan efisien berkat Jalan Tol Trans Sumatera. Namun, biaya tol yang relatif tinggi dapat menjadi beban bagi pengguna jalan. Berikut beberapa tips menghemat tarif tol Bakauheni-Kotabaru:

Kartu Tol dan Program Diskon

Gunakan kartu tol untuk mendapatkan diskon tarif. Kartu tol tersedia di gerbang tol atau minimarket terdekat. Selain itu, manfaatkan program diskon yang ditawarkan oleh penyedia layanan tol, seperti diskon untuk kendaraan tertentu atau pada jam-jam tertentu.

Hindari Jam-Jam Sibuk, Tarif tol bakauheni kotabaru

Tarif tol lebih tinggi pada jam-jam sibuk, seperti pagi dan sore hari. Jika memungkinkan, hindari bepergian pada jam-jam tersebut untuk menghemat biaya.

Pilih Rute Alternatif

Dalam beberapa kasus, ada rute alternatif yang lebih murah atau bahkan gratis yang dapat digunakan untuk menyeberangi Selat Sunda. Pertimbangkan untuk menggunakan feri atau kapal penyeberangan yang menghubungkan Bakauheni dan Kotabaru.

Informasi Tambahan: Tarif Tol Bakauheni Kotabaru

Selain informasi tarif, terdapat beberapa hal penting terkait Tol Bakauheni-Kotabaru yang perlu diketahui:

Sejarah dan Pengembangan

Tarif tol Bakauheni-Kotabaru mengalami penyesuaian. Tarif baru tersebut mulai berlaku sejak 24 Januari 2023. Di sisi lain, tarif tol Karawang Barat ke Cikampek juga telah mengalami penyesuaian beberapa waktu lalu. Penyesuaian tarif ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas di ruas tol tersebut.

Adapun tarif baru tol Bakauheni-Kotabaru untuk kendaraan golongan I kini menjadi Rp 39.000, naik dari sebelumnya Rp 36.000.

Pembangunan Tol Bakauheni-Kotabaru dimulai pada tahun 2015 dan resmi beroperasi pada tahun 2019. Tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Lampung dan Sumatera Selatan.

Rencana Masa Depan

Pemerintah berencana untuk memperpanjang Tol Bakauheni-Kotabaru hingga ke Palembang. Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan perekonomian di wilayah Sumatera.

Sumber Informasi Tarif

  • Website resmi PT Hutama Karya: www.hutamakarya.com
  • Aplikasi Hutama Karya Mobile
  • Call center Hutama Karya: 0813-2900-0017

Ringkasan Penutup

Memahami tarif tol Bakauheni-Kotabaru dapat membantu pengguna jalan mengelola pengeluaran perjalanan mereka secara efektif. Dengan mempertimbangkan metode pembayaran, tips menghemat, dan informasi tambahan, pengguna jalan dapat mengoptimalkan penggunaan tol Bakauheni-Kotabaru untuk perjalanan yang lancar dan hemat biaya.

Jawaban yang Berguna

Apakah ada diskon tarif tol Bakauheni-Kotabaru?

Ya, terdapat program diskon yang ditawarkan untuk pengguna kartu tol dan pada jam-jam tertentu.

Bagaimana cara menghindari jam-jam sibuk di Tol Bakauheni-Kotabaru?

Pengguna jalan dapat menghindari jam-jam sibuk dengan melakukan perjalanan pada malam hari atau dini hari.

Apakah ada rute alternatif selain Tol Bakauheni-Kotabaru?

Tersedia rute alternatif melalui jalan nasional, namun jarak tempuh dan waktu tempuh akan lebih lama.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *