Tarif Tol Ngawi-Nganjuk: Informasi Lengkap dan Cara Pembayaran

3 min read

Tarif tol ngawi nganjuk – Tarif Tol Ngawi-Nganjuk telah resmi diberlakukan, memberikan kemudahan dan efisiensi bagi pengguna jalan. Jalan tol sepanjang 59,7 kilometer ini menghubungkan Ngawi di Jawa Timur dengan Nganjuk di Jawa Timur, menawarkan aksesibilitas yang lebih baik dan waktu tempuh yang lebih singkat.

Pengguna tol dapat memilih berbagai metode pembayaran, termasuk tunai, kartu kredit/debit, dan kartu tol elektronik. Fasilitas yang memadai seperti rest area, SPBU, dan pusat informasi juga tersedia untuk kenyamanan pengguna.

Informasi Tarif Tol Ngawi-Nganjuk

Tarif tol ngawi nganjuk

Pemerintah telah menetapkan tarif baru untuk ruas tol Ngawi-Nganjuk yang akan mulai berlaku pada 24 April 2024. Tarif baru ini mengalami penyesuaian dari tarif sebelumnya yang telah diberlakukan sejak tahun 2019.

Tarif tol Ngawi-Nganjuk dibedakan berdasarkan golongan kendaraan, yaitu golongan I hingga V. Berikut rincian tarif terbaru untuk setiap golongan kendaraan:

Tarif Tol Ngawi-Nganjuk

Golongan Kendaraan Tarif (Rp)
Golongan I (Sepeda Motor, Sepeda Motor Roda Tiga) 6.000
Golongan II (Kendaraan Pribadi Kelas I) 10.000
Golongan III (Kendaraan Pribadi Kelas II dan III) 15.000
Golongan IV (Kendaraan Niaga Kelas I dan II) 20.000
Golongan V (Kendaraan Niaga Kelas III, IV, dan V) 25.000

Tarif tol ini berlaku untuk seluruh ruas tol Ngawi-Nganjuk yang memiliki panjang 67,6 kilometer. Pengguna jalan dapat melakukan pembayaran tol secara tunai atau menggunakan kartu elektronik.

Cara Pembayaran Tol Ngawi-Nganjuk

Pengguna jalan tol Ngawi-Nganjuk dapat melakukan pembayaran tol melalui berbagai metode. Metode pembayaran yang tersedia meliputi:

Kartu Uang Elektronik

Kartu uang elektronik yang dapat digunakan di tol Ngawi-Nganjuk antara lain:

  • E-Toll Card
  • Flazz BCA
  • TapCash BNI
  • Brizzi BRI
  • Mandiri e-Money

Tunai

Pembayaran tunai dapat dilakukan di gerbang tol manual. Pastikan untuk menyiapkan uang pas sesuai tarif tol yang berlaku.

Transfer Bank, Tarif tol ngawi nganjuk

Pembayaran tol Ngawi-Nganjuk juga dapat dilakukan melalui transfer bank ke rekening resmi PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNKK). Berikut langkah-langkah pembayaran melalui transfer bank:

  1. Transfer dana ke rekening PT JNKK dengan nomor rekening sesuai dengan gerbang tol tujuan.
  2. Konfirmasi pembayaran melalui email ke alamat [email protected].
  3. Sertakan bukti transfer dan nomor kendaraan pada email konfirmasi.

Aplikasi Mobile

Pembayaran tol Ngawi-Nganjuk dapat dilakukan secara online melalui aplikasi mobile seperti:

  • M-Banking
  • Aplikasi e-Toll
  • Aplikasi LinkAja
  • Aplikasi Gojek

Fasilitas di Tol Ngawi-Nganjuk

Tol Ngawi-Nganjuk dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan perjalanan pengendara. Fasilitas-fasilitas ini tersebar di sepanjang ruas tol, memberikan akses mudah bagi pengguna jalan.

Tarif tol Ngawi-Nganjuk telah ditetapkan dengan rincian golongan I Rp1.500, golongan II Rp2.250, golongan III Rp3.000, golongan IV Rp4.500, dan golongan V Rp6.000.

Tarif ini lebih murah dibandingkan dengan tarif tol Waru-Sidoarjo yang berkisar antara Rp10.000 hingga Rp29.000. Namun, tarif tol Ngawi-Nganjuk masih tergolong tinggi bagi sebagian masyarakat, sehingga pemerintah diharapkan dapat mempertimbangkan penurunan tarif.

Rest Area

Terdapat dua rest area di Tol Ngawi-Nganjuk, yaitu Rest Area Ngawi di Km 576 dan Rest Area Nganjuk di Km 593. Rest area ini menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, mushola, tempat makan, dan minimarket. Pengendara dapat beristirahat, mengisi bahan bakar, dan memenuhi kebutuhan lainnya selama perjalanan.

SPBU

Sepanjang Tol Ngawi-Nganjuk, tersedia beberapa SPBU yang menyediakan bahan bakar untuk kendaraan. SPBU ini terletak di lokasi yang strategis, memudahkan pengendara untuk mengisi bahan bakar tanpa harus keluar tol.

Pusat Informasi

Di setiap gerbang tol, terdapat pusat informasi yang menyediakan informasi terkait tarif tol, kondisi lalu lintas, dan fasilitas di sepanjang tol. Pengendara dapat memperoleh informasi terkini dan bantuan yang dibutuhkan selama perjalanan.

Tarif tol Ngawi-Nganjuk saat ini berada pada kisaran Rp10.000-Rp22.000. Sementara itu, untuk tarif tol Mojokerto-Surabaya berkisar antara Rp15.000-Rp30.000. Tarif tol Ngawi-Nganjuk ini tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan tarif tol lainnya di Jawa Timur, sehingga menjadi pilihan yang hemat biaya bagi pengguna jalan.

Manfaat Menggunakan Tol Ngawi-Nganjuk: Tarif Tol Ngawi Nganjuk

Tol Ngawi-Nganjuk menawarkan sejumlah manfaat dibandingkan dengan jalur non-tol, antara lain penghematan waktu, biaya, dan peningkatan kenyamanan.

Penghematan Waktu

Penggunaan Tol Ngawi-Nganjuk dapat menghemat waktu perjalanan secara signifikan. Jarak tempuh dari Ngawi ke Nganjuk melalui tol hanya sekitar 40 km, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Sementara melalui jalur non-tol, jarak tempuh sekitar 60 km dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Penghematan Biaya

Meskipun tarif tol diterapkan, namun penggunaan Tol Ngawi-Nganjuk dapat menghemat biaya bahan bakar. Jarak tempuh yang lebih pendek dan waktu tempuh yang lebih cepat dapat mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan.

Pemerintah telah menetapkan tarif baru untuk ruas Tol Ngawi-Nganjuk, yaitu Rp25.000 untuk kendaraan golongan I. Sementara itu, untuk ruas Tol Surabaya-Malang dan sebaliknya, tarif terbaru juga telah diberlakukan. Sesuai informasi dari tarif tol surabaya malang dan sebaliknya terbaru , tarif untuk kendaraan golongan I adalah Rp75.000.

Tarif baru ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan akses bagi pengguna jalan tol, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah yang dilalui.

Peningkatan Kenyamanan

Tol Ngawi-Nganjuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan. Jalan tol yang lebar dan mulus, serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti rest area dan SPBU, membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman.

Tarif Tol Ngawi-Nganjuk telah mengalami penyesuaian, namun tarif Tol Lampung-Palembang dan sebaliknya juga mengalami perubahan terbaru. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, Anda dapat mengakses tarif tol Tol Lampung-Palembang dan sebaliknya terbaru . Kembali ke tarif Tol Ngawi-Nganjuk, penyesuaian tarif ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal bagi pengguna jalan.

“Sejak Tol Ngawi-Nganjuk dibuka, perjalanan saya menjadi lebih cepat dan nyaman. Waktu tempuhnya jauh lebih singkat dan jalan tolnya juga bagus.”

Tips Mengemudi di Tol Ngawi-Nganjuk

Tarif tol ngawi nganjuk

Berkendara di tol Ngawi-Nganjuk memerlukan perhatian dan kehati-hatian. Berikut tips keselamatan dan peraturan yang harus diperhatikan:

Patuhi batas kecepatan yang ditetapkan, yaitu 80 km/jam untuk kendaraan roda empat dan 100 km/jam untuk kendaraan roda dua. Jaga jarak aman minimal 100 meter dari kendaraan di depan untuk menghindari kecelakaan.

Tarif Tol Ngawi-Nganjuk yang baru saja mengalami penyesuaian mengundang perhatian publik. Sebagai perbandingan, tarif tol Sragen Timur juga mengalami perubahan beberapa waktu lalu. Namun, kenaikan tarif tol Ngawi-Nganjuk masih lebih tinggi dibandingkan dengan tol Sragen Timur. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah kenaikan tarif tersebut sudah tepat dan sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan.

Etika Berkendara

  • Hindari menggunakan bahu jalan untuk mendahului.
  • Berikan isyarat lampu saat hendak berpindah jalur.
  • Hormati pengguna jalan lain dan hindari tindakan agresif.
  • Istirahatlah di rest area yang tersedia jika merasa lelah.

Ringkasan Terakhir

Dengan tarif yang terjangkau dan fasilitas yang lengkap, Tol Ngawi-Nganjuk menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan nyaman dan efisien. Jalan tol ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Jawa Timur.

Pertanyaan dan Jawaban

Berapa tarif Tol Ngawi-Nganjuk untuk kendaraan golongan I?

Rp41.000

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Tol Ngawi-Nganjuk?

Tunai, kartu kredit/debit, dan kartu tol elektronik.

Di mana saja lokasi rest area di Tol Ngawi-Nganjuk?

Rest area Km 577A (arah Ngawi) dan Km 585B (arah Nganjuk).

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *