Tarif Tol Terbanggi Nata-Lampung: Update Terkini dan Cara Pembayaran

4 min read

Tarif tol terbanggi natar lampung – Tarif Tol Terbanggi Nata-Lampung, penghubung penting antara Lampung dan Sumatera Selatan, telah mengalami penyesuaian. Artikel ini akan menyajikan informasi terkini mengenai struktur tarif, metode pembayaran, pembaruan tarif, alternatif jalan non-tol, dan fasilitas di sepanjang tol tersebut.

Tol Terbanggi Nata-Lampung membentang sepanjang 140 kilometer, menghubungkan Kabupaten Lampung Tengah dengan Kota Bandar Lampung. Kehadiran tol ini telah memangkas waktu tempuh perjalanan secara signifikan dan menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan nyaman dan cepat.

Tarif Tol Terbanggi Nata-Lampung

Tarif tol terbanggi natar lampung

Tol Terbanggi Nata-Lampung merupakan salah satu ruas tol penting yang menghubungkan Lampung Tengah dengan Bandar Lampung. Tarif tol pada ruas ini telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1295/KPTS/M/2022.

Struktur Tarif Tol

Struktur tarif tol Terbanggi Nata-Lampung bervariasi tergantung jenis kendaraan, seperti:

  • Golongan I: Sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus
  • Golongan II: Truk dengan 2 gandar
  • Golongan III: Truk dengan 3 gandar
  • Golongan IV: Truk dengan 4 gandar
  • Golongan V: Truk dengan 5 gandar

Tarif tol juga bervariasi tergantung jarak tempuh.

Contoh Perhitungan Tarif Tol

Sebagai contoh, untuk kendaraan golongan I dengan jarak tempuh 10 km, tarif tol yang dikenakan adalah:

Tarif per km: Rp 1.000

Tarif tol terbanggi natar lampung yang baru-baru ini mengalami penyesuaian menjadi Rp 125.000 untuk kendaraan golongan I, setara dengan tarif tol waru – Malang yang telah berlaku sejak awal tahun. Kenaikan tarif tol ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan dan pemeliharaan jalan tol yang lebih optimal.

Dengan penyesuaian ini, pengguna jalan diharapkan dapat merasakan perjalanan yang lebih nyaman dan aman.

Tarif tol: 10 km x Rp 1.000 = Rp 10.000

Perbandingan Tarif Tol

Dibandingkan dengan ruas tol lain di Lampung, tarif tol Terbanggi Nata-Lampung relatif lebih rendah. Misalnya, untuk jarak tempuh yang sama (10 km), tarif tol pada ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar adalah Rp 15.000, sedangkan pada ruas tol Kotabaru-Pematang Sawah adalah Rp 12.000.

Tarif tol ruas Terbanggi Besar-Natar di Lampung mengalami penyesuaian. Namun, bagi pengguna yang hendak melanjutkan perjalanan ke Palembang dan sebaliknya, dapat mengakses informasi terbaru mengenai tarif tol tarif tol tol Lampung Palembang melalui tautan tersebut. Kembali ke ruas Terbanggi Besar-Natar, penyesuaian tarif tersebut berlaku efektif sejak 18 Desember 2022.

Metode Pembayaran Tol

Tarif tol terbanggi natar lampung

Gerbang Tol Terbanggi Nata-Lampung menyediakan berbagai metode pembayaran untuk kenyamanan pengguna jalan tol. Metode pembayaran yang tersedia meliputi uang tunai, kartu tol, dan aplikasi pembayaran elektronik.

Uang Tunai

Metode pembayaran tunai merupakan cara konvensional yang masih banyak digunakan. Pengguna jalan tol dapat membayar tarif tol secara langsung kepada petugas di gerbang tol.

Kartu Tol

Kartu tol adalah kartu prabayar yang dapat digunakan untuk membayar tarif tol secara otomatis. Kartu tol dapat dibeli dan diisi ulang di berbagai lokasi, seperti minimarket, bank, dan kantor pos.

Aplikasi Pembayaran Elektronik

Aplikasi pembayaran elektronik, seperti e-Toll dan Flazz, memungkinkan pengguna jalan tol untuk membayar tarif tol menggunakan saldo yang tersimpan di aplikasi. Pengguna dapat melakukan pembayaran dengan menempelkan ponsel atau kartu yang terhubung dengan aplikasi di mesin pembaca kartu.

Setiap metode pembayaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Uang tunai memberikan kemudahan karena dapat digunakan secara langsung, tetapi dapat memakan waktu saat antrean panjang. Kartu tol menawarkan kemudahan pembayaran otomatis, tetapi memerlukan pengisian ulang secara berkala. Aplikasi pembayaran elektronik memberikan kenyamanan dan kecepatan, tetapi memerlukan ponsel yang mendukung dan ketersediaan saldo.

Pengguna jalan tol dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Pembaruan Tarif Tol

PT Hutama Karya (Persero) berencana melakukan penyesuaian tarif Tol Terbanggi Nata-Lampung pada tahun 2024. Penyesuaian ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas jalan tol.

Tarif tol Terbanggi Natar Lampung telah mengalami penyesuaian. Sementara itu, di Jawa Tengah, tarif tol Sragen Timur juga telah ditetapkan. Tarif tol Sragen Timur bervariasi tergantung golongan kendaraan, dengan tarif tertinggi untuk golongan V sebesar Rp 120.000. Kembali ke Lampung, tarif tol Terbanggi Natar Lampung untuk golongan I kini Rp 17.000, naik dari sebelumnya Rp 15.000.

Pembaruan tarif tol ini akan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti inflasi, biaya operasional, dan investasi yang dilakukan untuk perawatan dan pengembangan jalan tol.

Tarif tol ruas Terbanggi Besar – Natar di Lampung resmi naik. Kenaikan ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1493/KPTS/M/2022. Sementara itu, di ruas tol lain seperti tarif tol karawang barat ke cikampek juga mengalami penyesuaian.

Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan biaya operasional dan pemeliharaan jalan tol.

Dampak Pembaruan Tarif

Penyesuaian tarif tol diperkirakan akan berdampak pada pengguna jalan. Namun, Hutama Karya akan berupaya meminimalisir dampak tersebut dengan memberikan pelayanan yang optimal dan fasilitas yang memadai.

Tarif tol Terbanggi Natar Lampung yang baru saja mengalami penyesuaian menjadi perhatian publik. Namun, bukan hanya di Lampung, tarif tol juga menjadi sorotan di Jawa Timur. Tarif tol Ngawi-Nganjuk, misalnya, juga telah mengalami penyesuaian. Tarif tol Ngawi-Nganjuk kini berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 30.000, tergantung jenis kendaraan dan jarak tempuh.

Sementara itu, tarif tol Terbanggi Natar Lampung juga mengalami penyesuaian dengan besaran yang bervariasi tergantung golongan kendaraan.

Untuk mengantisipasi dampak penyesuaian tarif, Hutama Karya akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pengguna jalan. Selain itu, Hutama Karya juga akan memberikan berbagai kemudahan dan promo untuk pengguna jalan.

Alternatif Jalan Non-Tol

Pengguna jalan yang ingin menghindari tarif Tol Terbanggi Besar – Natar dapat mempertimbangkan alternatif jalan non-tol. Meskipun waktu tempuh mungkin lebih lama, biaya perjalanan bisa lebih hemat.

Salah satu alternatif yang populer adalah melalui Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim). Rute ini memiliki jarak tempuh sekitar 200 km dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam.

Biaya Jalan Non-Tol, Tarif tol terbanggi natar lampung

Biaya perjalanan melalui jalan non-tol umumnya lebih murah dibandingkan tol. Rincian biaya sebagai berikut:

  • Bahan bakar: Biaya bahan bakar bervariasi tergantung jenis kendaraan dan jarak tempuh.
  • Biaya parkir: Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, biaya parkir mungkin berlaku di beberapa titik.
  • Biaya tol: Tidak ada biaya tol untuk jalan non-tol.

Waktu Tempuh Jalan Non-Tol

Waktu tempuh melalui jalan non-tol umumnya lebih lama dibandingkan tol. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

  • Kecepatan rata-rata lebih rendah
  • Kemacetan lalu lintas di daerah perkotaan
  • Kondisi jalan yang kurang baik

Fasilitas di Sepanjang Tol

Tol Terbanggi Nata-Lampung dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengguna jalan. Fasilitas-fasilitas ini tersebar di sepanjang ruas tol, sehingga memudahkan pengendara untuk mengaksesnya.

Rest Area

  • Tersedia beberapa rest area di sepanjang tol, seperti Rest Area KM 87A, KM 116A, dan KM 159B.
  • Fasilitas di rest area meliputi tempat makan, toilet, mushola, dan SPBU.
  • Rest area juga dilengkapi dengan area parkir yang luas dan aman.

SPBU

Selain di rest area, SPBU juga tersedia di beberapa titik di sepanjang tol. Hal ini memastikan pengendara dapat mengisi bahan bakar kendaraan mereka dengan mudah.

Tempat Ibadah

Tempat ibadah seperti masjid dan mushola juga tersedia di beberapa titik di sepanjang tol. Fasilitas ini penting untuk memberikan kemudahan bagi pengendara yang ingin melaksanakan ibadah selama perjalanan.

Akhir Kata

Tarif Tol Terbanggi Nata-Lampung senantiasa disesuaikan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti inflasi, biaya perawatan, dan peningkatan layanan. Pembaruan tarif ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan pengguna jalan serta keberlangsungan pengelolaan tol.

FAQ dan Panduan: Tarif Tol Terbanggi Natar Lampung

Berapa tarif tol untuk kendaraan golongan I?

Rp. 62.000,-

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di gerbang tol?

Tunai, kartu elektronik, dan mobile banking.

Apakah ada alternatif jalan non-tol untuk menghindari tarif tol?

Ya, Jalan Lintas Sumatera dan Jalan Raya Lintas Tengah Sumatera.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *