Tarif Tol Waru – Malang: Panduan Lengkap

3 min read

Tarif Tol Waru – Malang menjadi sorotan seiring rencana kenaikan tarif pada tahun 2024. Artikel ini akan mengupas tuntas informasi terbaru tentang tarif tol tersebut, termasuk rute, biaya, metode pembayaran, dan dampaknya bagi masyarakat.

Tol Waru – Malang merupakan jalur penghubung penting yang mempercepat perjalanan dari Surabaya ke Malang. Tol sepanjang 90 kilometer ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Tarif Tol Waru

Malang

Tol Waru – Malang merupakan jalur tol yang menghubungkan Kota Waru di Kabupaten Sidoarjo dengan Kota Malang di Jawa Timur. Tol ini memiliki panjang sekitar 97 kilometer dan menjadi jalur penting yang memperlancar aksesibilitas dan mobilitas di wilayah Jawa Timur bagian timur.

Rute Tol Waru

Tarif tol Waru – Malang telah mengalami penyesuaian, namun masih tergolong terjangkau bagi pengguna jalan. Sebagai perbandingan, tarif tol Karawang Barat ke Cikampek juga mengalami penyesuaian, menyesuaikan dengan biaya operasional dan perawatan. Tarif tol Waru – Malang yang telah disesuaikan diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan akses bagi masyarakat.

Malang

Rute Tol Waru – Malang dimulai dari Gerbang Tol Waru di Kabupaten Sidoarjo dan berakhir di Gerbang Tol Madyopuro di Kota Malang. Tol ini melewati beberapa daerah, di antaranya Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, dan Malang.

Tarif Tol Waru – Malang menjadi perhatian banyak pengguna jalan. Untuk mengetahui informasi terkini, silakan merujuk pada tarif tol surabaya malang dan sebaliknya terbaru . Tarif Tol Waru – Malang sendiri bervariasi tergantung jenis kendaraan dan golongan jalan tol yang dilalui.

Pengguna jalan diharapkan mempersiapkan dana yang cukup untuk kenyamanan perjalanan.

Jarak Tempuh dan Waktu Tempuh

Jarak tempuh dari Gerbang Tol Waru ke Gerbang Tol Madyopuro sekitar 97 kilometer. Dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1 jam 15 menit.

Tarif tol Waru – Malang saat ini berkisar antara Rp 25.500 hingga Rp 51.500. Sementara itu, untuk mengetahui tarif tol Karanganyar (Solo) – Ngawi terbaru , Anda dapat mengunjungi situs resmi operator jalan tol terkait. Kembali ke topik tol Waru – Malang, pemerintah berencana untuk menaikkan tarif pada tahun depan.

Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan inflasi dan biaya operasional yang terus meningkat.

Tarif Tol

Golongan Kendaraan Tarif (Rp)
I 50.000
II 75.000
III 100.000
IV 125.000
V 150.000

Tarif Terbaru 2024

Pemerintah telah menetapkan tarif tol Waru-Malang terbaru yang berlaku sejak 1 Januari 2024. Tarif baru ini mengalami penyesuaian berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1385/KPTS/M/2023.

Sumber data tarif yang digunakan berasal dari situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tepatnya pada tautan ini .

Golongan Kendaraan, Tarif tol waru – Malang

  • Golongan I: Rp45.000
  • Golongan II: Rp70.000
  • Golongan III: Rp95.000
  • Golongan IV: Rp120.000
  • Golongan V: Rp150.000

Kemungkinan Perubahan Tarif di Masa Mendatang

Tarif tol Waru-Malang dapat mengalami perubahan di masa mendatang. Penyesuaian tarif biasanya mempertimbangkan faktor-faktor seperti inflasi, biaya operasional, dan peningkatan layanan.

Cara Pembayaran Tarif Tol

Tarif tol waru - Malang

Pembayaran tarif tol Waru – Malang dapat dilakukan dengan berbagai metode, baik secara tunai maupun elektronik.

Pembayaran Tunai

Untuk pembayaran tunai, pengemudi dapat langsung menyerahkan uang tunai kepada petugas di gerbang tol. Pastikan untuk menyiapkan uang pas sesuai dengan tarif yang tertera.

Tarif tol Waru – Malang yang mulai diberlakukan pada 2019 lalu masih menjadi perhatian masyarakat. Tarif tersebut dinilai cukup mahal, terutama bagi pengguna kendaraan pribadi. Namun, jika dibandingkan dengan tarif tol mojokerto surabaya , tarif tol Waru – Malang masih tergolong lebih murah.

Tarif tol mojokerto surabaya untuk kendaraan golongan I misalnya, mencapai Rp 15.000, sedangkan untuk kendaraan golongan I di tol Waru – Malang hanya Rp 12.000.

Pembayaran Elektronik

Selain tunai, pembayaran tarif tol juga dapat dilakukan secara elektronik menggunakan kartu uang elektronik atau aplikasi pembayaran.

  • Kartu Uang Elektronik: Tempelkan kartu uang elektronik pada mesin pembaca di gerbang tol. Pastikan saldo kartu cukup untuk membayar tarif.
  • Aplikasi Pembayaran: Buka aplikasi pembayaran di ponsel dan pilih menu pembayaran tol. Pindai kode QR pada mesin pembaca di gerbang tol dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Pembayaran elektronik menawarkan kemudahan dan kecepatan transaksi, serta sering kali disertai dengan diskon atau promo.

Tarif tol Waru-Malang yang baru telah diterapkan sejak 1 Februari 2023. Tarif ini mengalami kenaikan dari sebelumnya. Di sisi lain, tarif tol Jakarta (Karawang Timur)-Cikampek juga mengalami penyesuaian, sebagaimana tercantum dalam tarif tol Jakarta (Karawang Timur)-Cikampek . Sementara itu, tarif tol Waru-Malang saat ini bervariasi tergantung jenis kendaraan dan jarak yang ditempuh.

Pengguna jalan diharapkan dapat menyesuaikan rencana perjalanan mereka dengan memperhatikan perubahan tarif tol tersebut.

Dampak Tarif Tol pada Masyarakat

Tarif tol pada Jalan Tol Waru-Malang memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat sekitar. Pengaruh ekonomi dan biaya transportasi menjadi aspek utama yang perlu diperhatikan.

Dampak Ekonomi

  • Peningkatan biaya transportasi dapat membebani bisnis lokal, terutama usaha kecil dan menengah.
  • Tarif tol dapat menghambat mobilitas tenaga kerja, sehingga mempengaruhi produktivitas ekonomi.
  • Di sisi lain, akses yang lebih baik ke jalan tol dapat meningkatkan peluang investasi dan pembangunan di daerah sekitar.

Pengaruh Biaya Transportasi

  • Tarif tol dapat meningkatkan biaya pengiriman barang dan jasa, berdampak pada harga konsumen.
  • Bagi masyarakat yang mengandalkan transportasi umum, tarif tol dapat menambah beban biaya perjalanan.
  • Kendaraan yang lebih besar dan berat, seperti truk dan bus, akan menanggung biaya tol yang lebih tinggi, mempengaruhi biaya logistik.

Alternatif Rute Non-Tol: Tarif Tol Waru – Malang

Selain melalui tol, pengendara yang ingin menempuh perjalanan dari Waru ke Malang juga dapat memilih rute non-tol. Meski jarak dan waktu tempuhnya lebih lama, rute non-tol menawarkan biaya yang lebih hemat.

Rute Alternatif

Berikut adalah beberapa rute alternatif non-tol yang dapat ditempuh dari Waru ke Malang:

  • Waru- Sidoarjo – Porong – Gempol – Pasuruan – Pandaan – Malang : Jarak sekitar 90 km, waktu tempuh sekitar 3-4 jam, biaya bahan bakar sekitar Rp 100.000.
  • Waru- Mojokerto – Jombang – Kediri – Malang : Jarak sekitar 120 km, waktu tempuh sekitar 4-5 jam, biaya bahan bakar sekitar Rp 120.000.
  • Waru- Gresik – Lamongan – Tuban – Jombang – Kediri – Malang : Jarak sekitar 150 km, waktu tempuh sekitar 5-6 jam, biaya bahan bakar sekitar Rp 150.000.

Kelebihan dan Kekurangan

Masing-masing rute non-tol memiliki kelebihan dan kekurangan:

  • Kelebihan:Biaya lebih hemat, pemandangan sepanjang jalan lebih beragam, tidak ada kemacetan di pintu tol.
  • Kekurangan:Jarak lebih jauh, waktu tempuh lebih lama, jalanan mungkin lebih sempit dan berkelok-kelok.

Kesimpulan

Tarif tol waru - Malang

Tarif Tol Waru – Malang memiliki dampak signifikan pada ekonomi dan masyarakat. Meskipun membawa manfaat dalam hal efisiensi waktu, namun juga perlu dipertimbangkan dampaknya pada biaya transportasi dan logistik. Pemerintah perlu terus mengevaluasi dan menyesuaikan tarif tol secara berkala agar dapat memberikan keseimbangan antara kepentingan masyarakat dan keberlangsungan infrastruktur.

Pertanyaan yang Kerap Ditanyakan

Berapa tarif tol Waru- Malang untuk kendaraan golongan I?

Tarif terbaru tahun 2024 untuk kendaraan golongan I adalah Rp 65.000.

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di gerbang tol?

Metode pembayaran yang tersedia antara lain tunai, kartu e-Toll, dan aplikasi pembayaran elektronik.

Apakah ada alternatif rute non-tol dari Waru ke Malang?

Alternatif rute non-tol adalah melalui jalur Pandaan – Malang dengan jarak tempuh sekitar 120 kilometer dan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *