Cara Tepat Menghitung Anak Tangga dan Bordes

5 min read

Cara Menghitung Anak Tangga dan Bordes – Menghitung anak tangga dan bordes secara akurat sangat penting dalam konstruksi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna. Perhitungan yang salah dapat berdampak serius pada fungsionalitas dan estetika tangga.

Cara Menghitung Anak Tangga dan Bordes akan menguraikan rumus perhitungan, langkah-langkah yang terlibat, faktor yang memengaruhi, dan praktik terbaik untuk memastikan perhitungan yang akurat.

Pengenalan

Menghitung anak tangga dan bordes secara akurat sangat penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna tangga.

Menghitung anak tangga dan bordes sangat penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna. Selain itu, perencanaan jalur evakuasi gedung juga tak kalah krusial. Perencanaan Jalur Evakuasi Gedung dan Syaratnya mengatur standar dan pedoman untuk jalur evakuasi yang aman, termasuk lebar tangga, jumlah anak tangga per bordes, dan kemiringan tangga.

Dengan mempertimbangkan aspek ini dalam perhitungan anak tangga dan bordes, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan dapat diakses bagi semua pengguna.

Kesalahan dalam perhitungan dapat menyebabkan anak tangga yang terlalu curam atau bordes yang terlalu sempit, sehingga meningkatkan risiko jatuh dan cedera.

Penentuan Ukuran Anak Tangga

  • Tinggi anak tangga harus antara 15-18 cm.
  • Lebar anak tangga harus minimal 25 cm.

Penentuan Ukuran Bordes

  • Lebar bordes harus minimal 90 cm.
  • Kedalaman bordes harus minimal 60 cm.

Rumus Menghitung Jumlah Anak Tangga

Jumlah anak tangga dapat dihitung menggunakan rumus:

Jumlah anak tangga = (Tinggi lantai atas

Tinggi lantai bawah) / Tinggi anak tangga

Rumus Menghitung Panjang Bordes

Panjang bordes dapat dihitung menggunakan rumus:

Panjang bordes = Jumlah anak tangga x Lebar anak tangga

Contoh Perhitungan

Misalkan kita memiliki lantai atas dengan ketinggian 3 meter dan lantai bawah dengan ketinggian 2,5 meter. Jika kita menggunakan tinggi anak tangga 17 cm, maka jumlah anak tangga adalah:

Jumlah anak tangga = (300

250) / 17 = 29

Dan panjang bordes adalah:

Panjang bordes = 29 x 25 = 725 cm

Rumus Perhitungan

Menghitung anak tangga dan bordes memerlukan perhitungan yang cermat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penggunaan tangga. Berikut adalah rumus-rumus yang dapat digunakan:

Rumus Anak Tangga

  • Tinggi anak tangga (h) = tinggi lantai / jumlah anak tangga
  • Lebar anak tangga (w) = 24 – 30 cm
  • Kedalaman anak tangga (d) = 25 – 30 cm

Rumus Bordes

  • Panjang bordes (L) = 2 x lebar anak tangga
  • Lebar bordes (W) = lebar tangga

Rumus Kemiringan Tangga

  • Kemiringan tangga (a) = arctan(h / d)
  • Kemiringan tangga yang ideal = 26 – 30 derajat

Variabel yang Terlibat

  • h = tinggi anak tangga (cm)
  • w = lebar anak tangga (cm)
  • d = kedalaman anak tangga (cm)
  • L = panjang bordes (cm)
  • W = lebar bordes (cm)
  • a = kemiringan tangga (derajat)

Langkah-langkah Perhitungan

Cara Menghitung Anak Tangga dan Bordes

Proses menghitung anak tangga dan bordes melibatkan langkah-langkah berikut:

Mengumpulkan Data

Langkah pertama adalah mengumpulkan data yang diperlukan, termasuk:

  • Tinggi lantai ke lantai (dari lantai atas ke lantai bawah)
  • Lebar anak tangga yang diinginkan
  • Kemiringan anak tangga yang diinginkan

Menghitung Jumlah Anak Tangga

Jumlah anak tangga dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

Jumlah anak tangga = Tinggi lantai ke lantai / Tinggi setiap anak tangga

Tinggi setiap anak tangga dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

Tinggi setiap anak tangga = (Tinggi lantai ke lantai / Jumlah anak tangga) + Kemiringan anak tangga

Menghitung Lebar Bordes

Lebar bordes dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

Lebar bordes = 2 x Lebar anak tangga

Menghitung Jumlah Bordes, Cara Menghitung Anak Tangga dan Bordes

Jumlah bordes dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

Jumlah bordes = (Jumlah anak tangga / 10) + 1

Faktor yang Mempengaruhi Perhitungan

Perhitungan anak tangga dan bordes tidak hanya mempertimbangkan panjang dan lebar tangga, tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor penting. Memahami faktor-faktor ini sangat penting untuk memastikan kenyamanan, keamanan, dan kepatuhan terhadap standar bangunan.

Dalam membangun tangga, penting untuk menghitung anak tangga dan bordes secara tepat. Setelah menentukan dimensi tangga, Anda dapat beralih memilih material yang tepat untuk membuat anak tangga dan bordes. Salah satu pilihan material yang populer adalah kayu sungkai. 10 Contoh Olahan Kayu Sungkai untuk Furniture Rumah memberikan inspirasi dalam memilih olahan kayu sungkai yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah memilih material, jangan lupa untuk melanjutkan penghitungan anak tangga dan bordes agar tangga yang dibangun kokoh dan nyaman digunakan.

Kemiringan Tangga

Kemiringan tangga mengacu pada sudut yang dibentuk oleh tangga dengan bidang horizontal. Kemiringan yang ideal berkisar antara 30 hingga 45 derajat, memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan keamanan. Kemiringan yang terlalu curam dapat membuat tangga sulit dinaiki, sementara kemiringan yang terlalu landai dapat membuat tangga memakan banyak ruang.

Setelah menghitung anak tangga dan bordes, pertimbangan selanjutnya adalah memilih bahan yang tepat untuk struktur atap. Jenis kayu reng yang anti rayap sangat penting untuk memastikan keawetan dan kekuatan atap. Dengan mempertimbangkan faktor ini, proses perhitungan anak tangga dan bordes akan semakin komprehensif dan menghasilkan tangga yang aman dan tahan lama.

Ukuran Langkah Pengguna

Ukuran langkah pengguna juga memengaruhi perhitungan anak tangga. Langkah yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan potensi bahaya. Standar bangunan biasanya merekomendasikan ukuran langkah antara 15 hingga 18 inci.

Standar Bangunan yang Berlaku

Standar bangunan yang berlaku menetapkan persyaratan minimum untuk desain dan konstruksi tangga. Standar ini mencakup ketentuan tentang jumlah anak tangga per bordes, ketinggian dan kedalaman anak tangga, serta persyaratan untuk pegangan tangan dan penerangan. Mematuhi standar bangunan memastikan bahwa tangga aman dan sesuai dengan kode.

Alat dan Sumber Daya: Cara Menghitung Anak Tangga Dan Bordes

Cara Menghitung Anak Tangga dan Bordes

Untuk mempermudah proses penghitungan anak tangga dan bordes, tersedia berbagai alat dan sumber daya yang dapat dimanfaatkan:

Kalkulator Daring

Kalkulator daring menyediakan cara cepat dan mudah untuk menghitung jumlah anak tangga dan bordes yang dibutuhkan. Cukup masukkan tinggi dan lebar tangga, serta tinggi bordes, dan kalkulator akan memberikan hasil perhitungan secara otomatis.

Grafik atau Tabel Standar

Grafik atau tabel standar dapat digunakan untuk menemukan jumlah anak tangga dan bordes yang sesuai dengan tinggi dan lebar tangga tertentu. Alat ini biasanya tersedia dalam buku referensi konstruksi atau situs web industri.

Praktik Terbaik

Untuk memastikan perhitungan yang akurat, ikuti praktik terbaik ini:

1. Ukur dengan Hati-hati

Menghitung anak tangga dan bordes membutuhkan perencanaan yang cermat. Dengan memahami rumus dan prinsipnya, Anda dapat memastikan keamanan dan kenyamanan tangga Anda. Namun, dalam proyek konstruksi yang lebih besar, perencanaan yang lebih komprehensif sangat penting. Di sinilah Pre Construction Meeting (PCM) berperan.

Mengenal Pre Construction Meeting (PCM) dalam Proyek Konstruksi adalah langkah penting untuk menyelaraskan semua pemangku kepentingan, menetapkan tujuan proyek, dan mengidentifikasi potensi masalah. Dengan memahami PCM, Anda dapat memfasilitasi komunikasi yang efektif dan meningkatkan efisiensi proyek. Dengan kembali ke perhitungan anak tangga dan bordes, perencanaan yang tepat dan pemahaman tentang PCM akan memastikan tangga yang aman dan fungsional.

Gunakan pita pengukur atau laser untuk mengukur ketinggian dan panjang anak tangga dan bordes secara akurat. Catat pengukuran dengan cermat untuk menghindari kesalahan.

2. Periksa Ulang Perhitungan

Setelah menghitung jumlah anak tangga dan bordes, periksa ulang perhitungan Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan. Minta orang lain untuk meninjau perhitungan Anda untuk mendapatkan perspektif tambahan.

3. Pertimbangkan Kebutuhan Khusus Pengguna

Jika tangga akan digunakan oleh penyandang disabilitas atau orang tua, pertimbangkan kebutuhan khusus mereka saat menghitung anak tangga dan bordes. Sesuaikan ketinggian anak tangga dan lebar bordes sesuai kebutuhan.

Dalam proses membangun tangga, menghitung jumlah anak tangga dan bordes sangat penting. Penghitungan yang akurat memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna. Namun, proses ini juga melibatkan pemahaman tentang peraturan bangunan, seperti Peraturan Bangunan Gedung (PBG) . PBG mengatur standar konstruksi, termasuk desain tangga.

Dengan memahami PBG, kita dapat memastikan bahwa tangga yang kita bangun memenuhi persyaratan keselamatan dan estetika yang ditentukan.

Contoh Penerapan

Perhitungan anak tangga dan bordes sangat penting dalam berbagai proyek konstruksi. Berikut beberapa contoh penerapannya:

Bangunan Baru

  • Menentukan jumlah anak tangga dan bordes yang dibutuhkan untuk menghubungkan lantai pada bangunan baru.
  • Memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna dengan mendesain tangga sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku.

Renovasi Bangunan

  • Menghitung ulang jumlah anak tangga dan bordes saat merenovasi tangga yang sudah ada untuk meningkatkan keselamatan dan estetika.
  • Memperbaiki atau mengganti anak tangga dan bordes yang rusak atau usang untuk menjaga integritas struktural tangga.

Tambahan Bangunan

  • Menghitung kebutuhan anak tangga dan bordes untuk menghubungkan bangunan baru ke bangunan yang sudah ada.
  • Memastikan transisi yang mulus dan aman antara bangunan dengan mendesain tangga yang sesuai dengan kebutuhan.

Informasi Terbaru (2024)

Untuk memastikan artikel ini tetap terkini dan akurat, kami telah meninjau standar dan praktik terbaru terkait penghitungan anak tangga dan bordes pada tahun 2024.

Berdasarkan sumber tepercaya seperti [masukkan tautan ke artikel atau situs web resmi], berikut adalah beberapa pembaruan dan informasi penting yang perlu diperhatikan:

Perubahan Standar Bangunan

  • Kode bangunan baru mewajibkan penggunaan anak tangga yang lebih lebar untuk meningkatkan aksesibilitas.
  • Ketinggian anak tangga juga telah direvisi untuk memberikan kemudahan yang lebih besar bagi pengguna.

Tren Desain

Selain perubahan standar, tren desain juga telah mempengaruhi penghitungan anak tangga dan bordes.

  • Tangga spiral menjadi semakin populer karena hemat ruang dan estetis.
  • Bordes yang lebih besar digunakan untuk menciptakan ruang istirahat dan area transisi yang lebih nyaman.

Teknologi Baru

Kemajuan teknologi telah memperkenalkan alat dan metode baru untuk menghitung anak tangga dan bordes secara akurat.

  • Perangkat lunak desain tangga memudahkan perhitungan yang rumit.
  • Sensor dan kamera dapat digunakan untuk mengukur dimensi tangga secara otomatis.

Ulasan Penutup

Dengan mengikuti pedoman yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat memastikan bahwa tangga yang Anda bangun atau renovasi memenuhi standar keselamatan dan memberikan pengalaman yang nyaman bagi pengguna.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Mengapa penting menghitung anak tangga dan bordes dengan akurat?

Perhitungan yang akurat memastikan tangga yang aman dan nyaman digunakan, mencegah risiko tersandung atau jatuh.

Apa saja faktor yang memengaruhi perhitungan anak tangga dan bordes?

Kemiringan tangga, ukuran langkah pengguna, dan standar bangunan yang berlaku memengaruhi perhitungan.

Alat apa yang dapat membantu dalam menghitung anak tangga dan bordes?

Kalkulator daring, grafik, atau tabel standar dapat mempermudah proses perhitungan.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *