16 Peluang Pekerjaan Teknik Sipil di Era Digital dan Gajinya

10 min read

⏩Lulusan teknik sipil kerja apa? Temukan 16 peluang karir lulusan Teknik Sipil⭐ dan Gaji rata rata⭐BIM spesialist paling dicari!⭐

Sebagai lulusan Teknik Sipil, banyak yang bertanya-tanya apa pekerjaan yang bisa dilakukan setelah lulus dan mendapat gelar sarjana teknik sipil (S.T.). Artikel ini akan membahas 16 jenis pekerjaan teknik sipil di era digital yang bisa teman teman pilih untuk prospek karir kalian.

Dengan mempertimbangkan minat dan keahlian, peluang karir ini dapat menjadi pilihan yang menarik. Tidak usah berlama lama, mari kita simak ragam prospek kerja untuk teman teman lulusan teknik sipil di Indonesia.

teknik sipil kerja apa

1. BIM Specialist

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi banyak aspek dalam bidang Teknik Sipil, mulai dari perencanaan, konstruksi, hingga manajemen proyek.

Oleh karena itu, pengembangan perangkat lunak khususnya yang terintegrasi dengan Building information Modelling (BIM menjadi hal yang penting bagi lulusan Teknik Sipil yang ingin terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi dalam pekerjaan mereka.

Jika anda ingin mempelajari BIM itu apa? Bisa teman teman simak secara rinci disini : Penjelasan Lengkap apa itu BIM

Diantara pekerjaan teknik sipil yang terkait dengan building information modelling yaitu sebagai BIM Manager, BIM Coordinator, dan BIM Specialist. Ketiga pekerjaan ini memiliki satu kesamaan yakni bertanggung jawab atas implementasi dan manajemen BIM dalam proyek-proyek yang kita kerjakan.

Kebetulan saya pribadi juga berkarir di salah satu perusahaan BUMN sebagai BIM Coordinator tepatnya di PT Hutama Karya, sehingga sedikit banyak saya memegang beberapa software bim seperti AutoCad dan juga Revit Autodesk.

Software software BIM tersebut dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses analisis data, perencanaan struktur bangunan, dan pengelolaan proyek konstruksi.

Dengan perangkat lunak BIM yang handal, proyek konstruksi dapat diselesaikan lebih efisien dan akurat. Adapun daftar software software BIM yang umumnya digunakan bisa teman teman lihat disini : Daftar Software BIM

Namun dalam prakteknya dilapangan, saya pribadi paling sering menggunakan Autodesk Revit dalam proyek proyek yang saya ikuti, salah satunya proyek jalan tol trans Sumatra.

Pengembangan perangkat lunak juga mencakup penggunaan teknologi yang memungkinkan insinyur sipil untuk merancang dan memvisualisasikan struktur bangunan dalam tiga dimensi. Dengan visualisasi ini, insinyur sipil dapat meminimalkan kesalahan dan memastikan keselarasan antara rencana dan hasil akhir.

Penggunaan perangkat lunak Building Information Modelling (BIM) juga dapat membantu insinyur sipil dalam memantau kondisi bangunan secara real-time, baik selama proses konstruksi maupun setelah bangunan selesai dibangun. Dengan demikian, perawatan dan perbaikan bangunan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

2. Desainer Infrastruktur

Lulusan Teknik Sipil memiliki peluang untuk terlibat dalam desain infrastruktur. Mereka dapat menciptakan jaringan jalan raya, jembatan, rel kereta api, dan sebagainya untuk mendukung mobilitas dan konektivitas masyarakat.

Sebagai seorang desainer infrastruktur, tanggung jawab Kalian adalah memastikan bahwa sarana transportasi yang Kalian rancang efisien, aman, dan nyaman bagi pengguna serta mesin-mesin transportasi yang digunakan.

Desain infrastruktur juga melibatkan pekerjaan umum, seperti pembangunan proyek pengairan dan drainase. Sebagai seorang ahli konstruksi, Kalian akan terlibat dalam perencanaan dan analisis kebutuhan, termasuk studi biaya, kemampuan proyek, dan pengawasan pelaksanaan.

Kalian juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan dan keberlanjutan dalam membuat desain dan memastikan solusi ramah lingkungan.

“Kualitas infrastruktur menentukan tingkat perkembangan ekonomi suatu daerah.” – Rudy Suhendra, Direktur Jenderal Bina Marga

3. Research & Development (R&D)

Bagi saya, penelitian dan pengembangan adalah salah satu bidang yang paling menarik dan penting dalam Teknik Sipil. Dalam era digital yang semakin maju, penelitian dan pengembangan membawa perubahan dan inovasi yang dapat meningkatkan keberlanjutan dan efisiensi dalam pembangunan.

Dalam bidang Teknik Sipil, penelitian dan pengembangan memberikan kontribusi besar dalam menciptakan inovasi baru dalam desain, material, dan teknologi yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur.

Penelitian dan pengembangan di Teknik Sipil dapat mencakup beberapa bidang utama, seperti perancangan dan konstruksi bangunan yang dapat disesuaikan dengan lingkungan, penggunaan bahan daur ulang, dan pemanfaatan teknologi terbaru.

Sebagai seorang peneliti Teknik Sipil, saya sadar akan pentingnya berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu untuk menciptakan solusi inovatif dan efisien, serta menghasilkan penelitian yang konkrit dan terukur.

Banyak inovasi baru yang telah dihasilkan melalui penelitian dan pengembangan dalam bidang Teknik Sipil. Salah satu contohnya adalah teknologi beton transparan, yang dapat digunakan untuk menggantikan material bangunan tradisional dan menghasilkan lebih banyak cahaya alami.

Selain itu, penelitian juga dilakukan untuk membuat kaca yang dapat menyaring panas matahari, sehingga memperbaiki efisiensi energi dan mengurangi penggunaan pendingin AC.

“Inovasi selalu dihasilkan melalui penelitian dan pengembangan yang ditujukan untuk menciptakan solusi baru dan lebih baik”

Di Teknik Sipil, penelitian dan pengembangan juga dapat menciptakan solusi berkelanjutan seperti penggunaan energi surya dan pengembangan metode konstruksi yang lebih efisien.

Ada begitu banyak hal yang dapat dicapai melalui penelitian dan pengembangan, dan saya yakin bahwa di masa depan, semakin banyak inovasi baru akan ditemukan.

4. Water Engineer

Seorang insinyur air memiliki tanggung jawab besar dalam perencanaan dan perancangan sistem pengelolaan air. Mereka memahami secara mendalam tantangan hidrologi dan hidraulika, dan memastikan proyek-proyek air, seperti instalasi air bersih dan sanitasi, berjalan efisien.

Insinyur air perlu memiliki pengetahuan teknis yang kuat dan kemampuan analisis untuk mengatasi kompleksitas proyek-proyek air. Adapun beberapa contoh tugas dan tanggung jawab water engineer adalah sebagai berikut:

  • Merencanakan dan merancang sistem pengelolaan air.
  • Mengidentifikasi solusi teknis untuk proyek instalasi air bersih dan sanitasi.
  • Menangani masalah hidrologi dan hidraulika.
  • Memastikan keberlanjutan proyek-proyek air.

5. System Analyst

Seorang analis sistem berfokus pada pemahaman kebutuhan sistem informasi organisasi. Mereka merancang solusi IT yang efisien dengan memahami baik pengembangan perangkat lunak maupun sistem.

Analis sistem harus memiliki keterampilan analisis yang baik untuk mengidentifikasi solusi yang sesuai dan memastikan keberlanjutan sistem informasi. Adapun beberapa contoh tugas dan tanggung jawab sistem analis adalah sebagai berikut:

  • Memahami kebutuhan sistem informasi organisasi.
  • Merancang solusi IT yang efisien.
  • Berkolaborasi dengan pengembang perangkat lunak BIM.
  • Menyusun dan menyajikan dokumen analisis sistem.

6. Geotechnical Engineer

Insinyur geoteknik adalah ahli dalam manajemen tanah dan batuan untuk mendukung proyek konstruksi. Mereka memahami sifat tanah dan batuan, melakukan analisis stabilitas lereng, dan merancang pondasi yang kokoh.

Keahlian teknis dan keterampilan analisis yang dimiliki insinyur geoteknik sangat penting untuk memastikan keberlanjutan struktur konstruksi. Adapun beberapa contoh tugas dan tanggung jawab geoteknik engineer adalah sebagai berikut:

  • Mengelola tanah dan batuan untuk mendukung proyek konstruksi.
  • Melakukan analisis stabilitas lereng dan pergerakan tanah.
  • Merancang pondasi yang sesuai.
  • Memastikan keamanan struktur konstruksi.

7. Quality Control

Quality Control bertanggung jawab untuk memeriksa dan memastikan bahwa produk atau proyek konstruksi memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Dengan pemahaman mendalam tentang standar kualitas industri konstruksi, mereka melakukan pengujian dan inspeksi.

Keterampilan komunikasi mereka diperlukan untuk melaporkan hasil pemeriksaan dan merekomendasikan perbaikan. Adapun beberapa contoh tugas dan tanggung jawab quality kontrol adalah sebagai berikut:

  • Memeriksa produk atau proyek konstruksi.
  • Melakukan pengujian dan inspeksi kualitas.
  • Merekam dan melaporkan hasil pemeriksaan.
  • Memberikan rekomendasi perbaikan.

8. Quality Assurance

Quality Assurance memastikan bahwa proses konstruksi secara keseluruhan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan sebelumnya.

Mereka merancang dan mengimplementasikan sistem jaminan kualitas serta melakukan audit internal untuk memastikan konsistensi dan kepatuhan terhadap standar. Keahlian manajemen kualitas dan kemampuan audit sangat dibutuhkan dalam karir ini.

Adapun beberapa contoh tugas dan tanggung jawab quality assurance adalah sebagai berikut:

  • Merancang sistem jaminan kualitas.
  • Melakukan audit internal terhadap proses konstruksi.
  • Menjamin konsistensi dan kepatuhan terhadap standar.
  • Mengimplementasikan perbaikan berbasis audit.

9. Budgeting dan Auditor

Profesional di bidang budgeting dan auditor terlibat dalam manajemen anggaran proyek konstruksi. Mereka melakukan audit keuangan terhadap pengeluaran dan membantu dalam perencanaan anggaran.

Keterampilan analisis keuangan dan pemahaman mendalam tentang manajemen proyek merupakan kunci keberhasilan dalam karir ini. Adapun beberapa contoh tugas dan tanggung jawab auditor dan budgeting adalah sebagai berikut:

  • Terlibat dalam manajemen anggaran proyek konstruksi.
  • Melakukan audit keuangan terhadap pengeluaran.
  • Membantu dalam perencanaan anggaran.
  • Menyajikan laporan keuangan dan rekomendasi

10. Surveyor Tanah

Seorang surveyor tanah memiliki peran penting dalam mengumpulkan data spasial dan merencanakan pemetaan lahan sebelum dimulainya proyek konstruksi. Mereka menggunakan instrumen survei untuk menghasilkan peta dan laporan survei yang akurat.

Kemampuan analisis data spasial dan ketelitian dalam pekerjaan survey membuat mereka sangat diperlukan dalam industri konstruksi. Adapun beberapa contoh tugas dan tanggung jawab surveyor adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan data spasial untuk pemetaan lahan.
  • Menggunakan alat survey dan perangkat lunak pemetaan.
  • Melakukan survei topografi dan batas tanah.
  • Menyusun peta dan laporan survei.
  • Menyelidiki dan menganalisis informasi geospasial.
  • Berkoordinasi dengan tim proyek untuk pemahaman yang lebih baik.
  • Memastikan akurasi dan keandalan hasil survei.

11. Konsultan Teknik

Bagi lulusan Teknik Sipil yang memiliki kemampuan analitis yang kuat dan dapat bekerja dengan independen, konsultansi teknik bisa menjadi pilihan karir yang menarik. Dalam peran ini, kalian akan memberikan solusi dan saran profesional tentang berbagai aspek proyek konstruksi, mulai dari estimasi biaya hingga pemilihan teknologi yang tepat.

Sebagai konsultan, kalian juga dapat membantu memantau kualitas konstruksi dan memberikan saran yang disesuaikan dengan kondisi lapangan. Kalian akan menyajikan laporan yang jelas dan terperinci tentang kemajuan proyek, termasuk tantangan yang muncul dan strategi untuk mengatasinya.

Sebagai bagian dari pekerjaan kalian, kalian juga akan berinteraksi dengan berbagai pihak terkait, seperti arsitek, insinyur struktural, dan kontraktor. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi yang efektif dan kerja tim menjadi kunci sukses dalam posisi ini.

“Dalam konsultansi teknik, kalian harus dapat memikirkan alternatif solusi dengan cepat dan tepat untuk berbagai masalah di lapangan. Kalian harus menjadi penasihat yang dapat dipercaya oleh klien kalian.”

12. Kontraktor Bangunan

Lulusan Teknik Sipil memiliki peluang untuk bekerja sebagai kontraktor bangunan, yang berfokus pada melaksanakan pembangunan fisik. Dalam peran ini, anda akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pembangunan dilakukan berdasarkan rancangan dan spesifikasi yang telah ditentukan.

Anda akan bekerja sama dengan tim untuk memastikan proyek berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan sesuai dengan anggaran yang diberikan.

Dalam peran ini, anda mungkin juga perlu mengelola staf dan mengawasi kualitas kerja dari subcontractor dan pemasok. Selain itu, anda juga akan berkoordinasi dengan pemilik proyek dan insinyur untuk memastikan bahwa semua bagian dari proyek berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Anda harus memastikan bahwa bangunan yang dibangun aman, efisien, dan memenuhi standar kualitas.

Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa proyek berjalan secara keseluruhan dan di atas standar keberlanjutan dan ramah lingkungan. Anda sebaiknya harus mempertimbangkan bahan dan sumber daya yang digunakan dalam konstruksi dan memastikan bahwa dampaknya terhadap lingkungan di sekitar proyek minimal. Anda akan menjadi bagian dari kontribusi positif untuk masa depan lingkungan sekitar.

Tidak hanya memberikan pengalaman kerja yang sangat berharga dan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang pandangan dan proses terkait pembangunan fisik, menjadi kontraktor bangunan adalah peluang untuk memainkan peran penting dalam membentuk lingkungan. Berpikir kreatif dan menciptakan solusi inovatif untuk proyek konkret adalah tantangan yang memotivasi dan menginspirasi.

Jangan heran jika kontraktor bangunan terkadang mendapat banyak tekanan dan harus bekerja lebih lama dari jam kerja biasa. Namun, pengalaman dan kesempatan karir yang ditawarkan oleh pekerjaan ini benar-benar luar biasa.

13. Manajerial Proyek Konstruksi

Manajemen konstruksi adalah bidang yang menarik bagi lulusan Teknik Sipil. Tugas kalian sebagai manajer konstruksi adalah mengawasi dan mengkoordinasikan pembangunan fisik dari awal hingga akhir proyek, memastikan kualitas dan keselamatan.

Sebagai seorang manajer konstruksi, kalian bertanggung jawab untuk menjaga agar proyek sejalan dengan anggaran dan waktu, mengawasi ketersediaan bahan dan peralatan yang akan digunakan, serta koordinasi dengan para karyawan untuk memastikan bahwa proyek berjalan dengan lancar.

Selain itu, kalian juga harus memastikan bahwa proyek sesuai dengan stkalianr keselamatan dan lingkungan yang telah ditetapkan.

Tanggung Jawab dalam Manajemen Konstruksi

Sebagai seorang manajer konstruksi, tanggung jawab utama kalian adalah mengawasi pembangunan fisik dari proyek konstruksi dan memastikan bahwa proyek berjalan dengan tepat waktu dan di dalam anggaran.

Kalian juga harus memastikan kualitas dan keselamatan dari proyek tersebut dengan memantau stkalianr keselamatan serta memastikan ketersediaan bahan dan peralatan yang memadai. Sebagai manajer, kalian juga harus koordinasi dengan para karyawan dan kontraktor untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai jadwal dan kebutuhan klien.

Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Manajemen Konstruksi

Untuk terjun di bidang manajemen konstruksi, kalian harus mempunyai keterampilan khusus seperti kemampuan manajemen proyek, kemampuan komunikasi, dan pemahaman tentang teknologi yang digunakan dalam pembangunan. Kalian juga harus bisa mengambil keputusan dengan cepat serta mempunyai kemampuan analisis dan tata kelola administrasi yang baik.

Contoh Proyek Konstruksi yang Ditangani dalam Manajemen Konstruksi

Proyek Konstruksi Lokasi Tanggung Jawab
Pembangunan Kantor Perusahaan WIKA Medan Mengawasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan
Pengerjaan Restorasi HK Tower Jakarta Mengawasi anggaran proyek serta memastikan proyek sesuai stkalianr keselamatan
Pembangunan Apartemen Bersubsidi Bogor Memastikan ketersediaan bahan dan peralatan yang diperlukan

14. Ahli Perencanaan Sipil

Perencanaan sipil adalah salah satu bidang yang menarik bagi lulusan Teknik Sipil. Di sini, kalian bertanggung jawab untuk membuat rancangan dan struktur bangunan yang aman dan efisien.

Proses perencanaan sipil melibatkan penggunaan teknik dan prinsip matematika, pemodelan, dan simulasi komputer untuk memastikan bahwa struktur tersebut kuat, tahan gempa, dan sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Sebelum memulai proyek konstruksi, kita perlu merancang struktur bangunan terlebih dahulu. Dalam hal ini, kalian berperan dalam membuat perhitungan yang tepat pada jumlah material yang dibutuhkan dan membuat gambar teknis dari rancangan bangunan itu.

Tantangan dalam perencanaan sipil adalah menemukan solusi yang paling efisien dan efektif untuk setiap proyek. Ini memerlukan pemahaman yang baik tentang macam-macam baja dan beton, kemampuan menginterpretasi dan membuat gambar teknis, dan pengetahuan tentang lingkungan tempat proyek berjalan.

Bangun Struktur Bangunan yang Aman dengan Perencanaan Sipil

Perencanaan sipil sangat penting untuk memastikan bahwa bangunan dapat bertahan lama dan aman bagi penghuninya. Dalam bidang ini, teknik sipil harus mampu membuat perhitungan yang tepat dan terukur pada material yang digunakan. Oleh karena itu, kalian selalu memperhatikan dan melakukan perhitungan detail terhadap rancangan bangunan.

“Perencanaan sipil memegang peran penting dalam membangun struktur bangunan yang aman dan efisien.”

15. Pengelola Proyek Konstruksi

Lulusan Teknik Sipil memiliki peluang untuk bekerja dalam pengelolaan proyek konstruksi. Dalam peran ini, kalian sebagai lulusan Teknik Sipil memiliki tugas untuk memastikan proyek berjalan sesuai dengan rencana, mengatur waktu dan anggaran, dan mengawasi metode konstruksi yang digunakan.

Hal ini melibatkan kolaborasi dengan tim proyek, termasuk arsitek, insinyur struktur, dan pekerja konstruksi. Dalam memimpin proyek konstruksi, kalian memerlukan pemahaman yang kuat tentang pengelolaan dan perencanaan proyek, termasuk penjadwalan dan penganggaran, serta pengawasan terhadap kualitas pekerjaan dan keselamatan konstruksi.

Dalam hal ini, kalian harus mengetahui tentang metode konstruksi yang paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan proyek.

Kalian harus dapat mengatasi segala hambatan dan kendala yang muncul selama proyek berlangsung. Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan mempertahankan produk akhir yang berkualitas merupakan hal yang penting dalam mengelola proyek konstruksi dengan efektif dan efisien.

16. Green Building Speialist

Di era digital yang semakin peduli dengan lingkungan, banyak perusahaan dan organisasi yang mulai menerapkan prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan dalam setiap kegiatan.

Hal ini juga berlaku dalam bidang konstruksi, dimana lulusan Teknik Sipil dapat memainkan peran penting dalam memastikan keberlanjutan lingkungan melalui penerapan prinsip “Green Building”.

Prinsip “Green Building” dalam konstruksi berkaitan dengan penggunaan sumber daya yang efisien dan bahan bangunan yang ramah lingkungan.

Bahan bangunan yang ramah lingkungan mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem dan kesehatan manusia. Selain itu, penggunaan sumber daya yang efisien akan meningkatkan efisiensi energi dan air, serta mengurangi limbah.

Contoh: Penerapan Prinsip “Green Building”

Bahan Bangunan Sumber Daya dan Energi
– Menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan seperti kayu daur ulang, produk daur ulang, dan beton dengan karbon rendah – Mengurangi penggunaan energi dengan instalasi peralatan yang hemat energi dan dinding insulasi
– Memiliki sistem pengolahan air berkelanjutan – Mengurangi penggunaan air melalui penggunaan pintu toilet dengan air rendah dan sistem irigasi tanaman
– Memiliki area hijau untuk meningkatkan kualitas udara dan mengurangi polusi – Menggunakan sumber daya panas matahari dan angin untuk mengurangi penggunaan energi

Prinsip “Green Building” bukan hanya sebatas tren baru, namun juga membawa manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan ekonomi. Dalam karir Teknik Sipil, penerapan prinsip ini bukan hanya menjadi tanggung jawab moral, namun juga menjadi tuntutan pasar yang semakin sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan.

Sebagai lulusan Teknik Sipil, Anda memiliki banyak peluang karir yang dapat dijelajahi di era digital ini. Selain 16 peluang karir yang telah dibahas sebelumnya, ada banyak bidang di dalam industri konstruksi yang menawarkan peluang karir menjanjikan bagi lulusan Teknik Sipil.

Contoh peluang karir lainnya dalam Teknik Sipil termasuk manajemen proyek, pengukuran lahan, inspeksi bangunan, serta penjualan dan pemasaran di perusahaan konstruksi. Selain itu, lulusan Teknik Sipil juga dapat mengambil spesialisasi di bidang tertentu seperti geoteknik, struktur, dan transportasi.

Daftar Gaji Teknik Sipil di Tahun 2023

gaji teknik sipil

Dalam industri yang terus berkembang, penting untuk terus memperbarui keterampilan dan pengetahuan diri agar dapat bersaing di pasar kerja yang semakin ketat. Mengikuti pelatihan dan kursus untuk memperoleh sertifikasi di bidang tertentu dapat menjadi cara untuk meningkatkan peluang karir dalam Teknik Sipil.

Dan satu yang tidak kalah penting untuk kita  ketahui sebelum berkarir di industri teknik sipil adalah berapa gaji teknik sipil yang akan teman teman dapatkan selama berkarir disana.

Base on experience, berikut coba saya rangkum kisaran gaji pekerjaan teknik sipil di tahun 2023 ini:

Profesi Keterangan Kisaran Gaji (per bulan)
BIM Coordinator Koordinasi dan pengelolaan model BIM Rp 6.000.000 – Rp 10.000.000
BIM Manager Manajemen strategis penggunaan model BIM Rp 10.000.000 – Rp 20.000.000
BIM Specialist Spesialis dalam pengembangan model BIM Rp 6.000.000 – Rp 10.000.000
Kepala Proyek (Kapro) Pimpinan proyek konstruksi Rp 15.000.000 – Rp 30.000.000
Manajemen Konstruksi Pengelolaan proyek konstruksi secara umum Rp 7.000.000 – Rp 11.000.000
Perencanaan Sipil Perencanaan dan desain infrastruktur Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000
Desain Infrastruktur Desain jembatan, jalan, dan sistem drainase Rp 4.000.000 – Rp 7.000.000
Konsultansi Teknik Pemberian saran teknis dalam proyek Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000
Research & Development Pengembangan teknologi dan metode baru Rp 5.000.000 – Rp 9.000.000
Water Engineer Spesialis dalam rekayasa sumber air Rp 4.000.000 – Rp 8.000.000
System Analyst Analisis dan perancangan sistem Rp 4.000.000 – Rp 7.000.000
Geotechnical Engineer Spesialis dalam geoteknik Rp 4.000.000 – Rp 8.000.000
Quality Control Pengawasan mutu konstruksi Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000
Quality Assurance Pemastian kualitas selama proses konstruksi Rp 5.000.000 – Rp 9.000.000
Budgeting dan Auditor Manajemen anggaran dan pemeriksaan keuangan Rp 4.000.000 – Rp 7.000.000
Surveyor Tanah Analisis informasi dan pemetaan lahan Rp 4.000.000 – Rp 8.000.000
Kontraktor Bangunan Pelaksana konstruksi secara keseluruhan Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000

Disclaimer : Perlu teman teman catat bahwa kisaran gaji bersifat perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada pengalaman, tingkat pendidikan, dan lokasi kerja.

Demikianlah informasi mengenai 9 prospek pekerjaan dalam teknik sipil untuk menjawab rasa penasaran anda mengenai pertanyaan teknik sipil kerja apa?

Pesan saya, jangan takut untuk mengeksplorasi banyak peluang karir yang tersedia dalam Teknik Sipil. Dengan kerja keras dan keterampilan yang tepat, Anda dapat mencapai kesuksesan dalam karir Anda dan membawa kontribusi yang berharga pada industri konstruksi di Indonesia. Sukses selalu teman teman civil enginering!

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *