Beda Alumni dan Alumnus, Pengertian, serta Contohnya

2 min read

Dalam berbicara tentang orang-orang yang telah lulus dari sebuah institusi pendidikan, sering kali kita menggunakan kata “alumni” atau “alumnus”. Namun, apakah keduanya memiliki arti yang sama? Ternyata, ada perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya.

Mari kita jelajahi lebih dalam pengertian masing-masing istilah, kapan kita seharusnya menggunakan kata “alumni” atau “alumnus”, serta contoh penerapannya.

Pengertian Alumni

alumni adalah

Alumni merujuk pada sekelompok individu yang telah menyelesaikan program pendidikan di sebuah institusi tertentu. Istilah ini berasal dari bahasa Latin yang artinya “murid yang telah meninggalkan”.

Dalam konteks modern, alumni mengacu pada orang-orang yang telah lulus dari sekolah, universitas, atau institusi pendidikan lainnya. Mereka adalah bagian integral dari jaringan alumni institusi tersebut dan sering kali tetap terhubung melalui berbagai kegiatan, seperti reuni, acara sosial, dan program alumni lainnya.

Alumni memainkan peran penting dalam mendukung dan mempromosikan reputasi institusi pendidikan tempat mereka belajar.

Mereka menjadi duta yang baik bagi institusi tersebut di mata masyarakat. Selain itu, jaringan alumni juga dapat memberikan manfaat praktis bagi para anggotanya, seperti peluang karier, mentoring, dan dukungan sosial.

Sebagai bagian dari jaringan alumni, para lulusan sering kali terlibat dalam kegiatan amal dan penggalangan dana untuk mendukung institusi mereka.

Mereka juga dapat memberikan sumbangan kembali kepada institusi pendidikan yang telah memberi mereka pendidikan dan pengalaman berharga.

Penting untuk dicatat bahwa istilah “alumni” digunakan secara jamak, mencakup semua lulusan tanpa memandang jenis kelamin. Hal ini menunjukkan inklusivitasnya yang mencakup berbagai latar belakang, pengalaman, dan prestasi.

Pengertian Alumnus

alumnus adalah

Alumnus merujuk pada satu individu yang telah menyelesaikan program pendidikan di sebuah institusi tertentu. Istilah ini juga berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti “murid laki-laki yang telah meninggalkan”.

Dalam konteks modern, alumnus digunakan secara khusus untuk merujuk pada seorang lulusan pria dari sebuah sekolah, universitas, atau institusi pendidikan lainnya.

Seorang alumnus adalah seseorang yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan formalnya dan mendapatkan gelar atau kualifikasi tertentu dari institusi pendidikan tersebut.

Gelar atau kualifikasi tersebut dapat berupa gelar sarjana, magister, doktor, atau kualifikasi lainnya sesuai dengan tingkat pendidikan yang telah diselesaikan.

Sebagai anggota dari komunitas alumni, seorang alumnus memiliki tanggung jawab untuk tetap terhubung dengan institusi pendidikan tempatnya belajar dan berkontribusi dalam mempromosikan citra dan reputasi institusi tersebut.

Hal ini dapat dilakukan melalui partisipasi dalam kegiatan alumni, memberikan sumbangan kembali kepada institusi, atau memberikan dukungan kepada mahasiswa dan lulusan baru dalam mencapai kesuksesan mereka.

Perlu dicatat bahwa istilah “alumnus” digunakan secara tunggal dan spesifik untuk merujuk pada satu individu lulusan pria.

Untuk merujuk pada lulusan perempuan, istilah yang sesuai adalah “alumna”. Sementara itu, istilah “alumni” digunakan untuk merujuk pada kelompok orang yang telah lulus, tanpa memandang jenis kelamin.

Kapan Harus Menggunakan Kata Alumni dan Alumnus?

Kapan sebaiknya kita menggunakan kata “alumni” dan “alumnus”? Ini tergantung pada konteksnya:

  • Alumni: Digunakan ketika merujuk pada kelompok orang yang telah lulus dari sebuah institusi pendidikan, tanpa memandang jenis kelamin.
  • Alumnus: Digunakan ketika merujuk pada satu individu lulusan pria.

Untuk merujuk pada individu perempuan yang telah lulus, kita dapat menggunakan istilah “alumna” sebagai bentuk tunggal dan “alumnae” sebagai bentuk jamaknya.

Contoh Pemakaian Kata Alumni dan Alumnus yang Benar:

Pemakaian kata “alumni” dan “alumnus” harus sesuai dengan konteksnya. Berikut adalah beberapa panduan yang dapat membantu kita menggunakan kata-kata tersebut dengan benar:

  • Jika kita berbicara tentang semua lulusan: Gunakan kata “alumni”. Contohnya, “Alumni Universitas Z telah berkumpul untuk acara reuni tahunan.”
  • Jika kita berbicara tentang satu lulusan pria: Gunakan kata “alumnus”. Contohnya, “Alumnus tahun 2000 telah dipilih sebagai pembicara utama dalam acara tersebut.”

Perbedaan Alumni dan Alumnus Beserta Contohnya

beda alumni dan alumnus

Mari kita lihat perbedaan antara “alumni” dan “alumnus” dalam konteks yang lebih jelas:

Perbedaan Alumni Alumnus
Definisi Merujuk pada semua lulusan sebuah institusi Merujuk pada satu individu lulusan pria
Jenis Kata Jamak Tunggal
Contoh Penggunaan “Alumni Sekolah Menengah Y berkumpul setiap tahun” “Alumnus Universitas W telah menerima penghargaan”

Dari tabel di atas, kita dapat melihat perbedaan yang jelas antara “alumni” dan “alumnus”. Penggunaan keduanya harus disesuaikan dengan konteks kalimat yang sedang digunakan.

Demikianlah ulasan yang bisa Teknik Sipil hadirkan terkait beda alumni dan alumnus yang benar menurut kaidah Bahasa Indonesia. Pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara “alumni” dan “alumnus” penting untuk komunikasi yang efektif.

Meskipun sering kali digunakan secara bergantian, kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda. “Alumni” merujuk pada semua lulusan, sementara “alumnus” merujuk pada satu lulusan pria. Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat menghindari kebingungan dalam penggunaan kata-kata tersebut dalam berbagai konteks komunikasi.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *