Biaya Borongan Pondasi per Meter Lari: Panduan Lengkap

3 min read

Biaya borongan pondasi per meter lari merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan sebuah bangunan. Memahami rincian biaya ini sangat krusial untuk mempersiapkan anggaran dan memastikan kelancaran proyek konstruksi.

Artikel ini akan mengulas secara komprehensif tentang biaya borongan pondasi per meter lari, termasuk pengertian, faktor yang memengaruhi, cara menghitung, prosedur pembayaran, dan tarif terbaru di tahun 2024.

Biaya Borongan Pondasi per Meter Lari

Biaya borongan pondasi per meter lari

Biaya borongan pondasi per meter lari adalah biaya yang dibayarkan kepada kontraktor untuk membangun pondasi bangunan per meter panjangnya. Biaya ini biasanya mencakup biaya bahan, tenaga kerja, dan peralatan yang digunakan untuk membangun pondasi.

Contoh Perhitungan Biaya Borongan Pondasi per Meter Lari

Sebagai contoh, jika biaya borongan pondasi per meter lari adalah Rp 1.000.000, maka untuk membangun pondasi sepanjang 10 meter, biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 10.000.000.

Biaya borongan pondasi per meter lari bervariasi tergantung pada jenis pondasi dan kedalaman yang dibutuhkan. Untuk memberikan gambaran, biaya borongan pondasi cakar ayam berada di kisaran Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000 per meter lari. Sementara itu, bagi yang ingin mempercantik lantai rumah, biaya borongan pasang keramik 60×60 berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 70.000 per meter persegi.

Kembali ke topik pondasi, biaya borongan pondasi bored pile biasanya lebih tinggi, sekitar Rp 2.000.000 hingga Rp 3.000.000 per meter lari karena memerlukan peralatan khusus.

Faktor yang Memengaruhi Biaya Borongan Pondasi per Meter Lari

  • Jenis Pondasi:Jenis pondasi yang dipilih akan mempengaruhi biaya, seperti pondasi tapak, pondasi tiang pancang, atau pondasi rakit.
  • Kedalaman Pondasi:Kedalaman pondasi yang dibutuhkan akan mempengaruhi biaya, karena semakin dalam pondasi, semakin banyak bahan dan tenaga kerja yang dibutuhkan.
  • Kondisi Tanah:Kondisi tanah di lokasi pembangunan akan mempengaruhi biaya, seperti tanah keras atau tanah lunak.
  • Lokasi Geografis:Lokasi geografis proyek akan mempengaruhi biaya, karena biaya bahan dan tenaga kerja dapat bervariasi di daerah yang berbeda.

Tarif Biaya Borongan Pondasi per Meter Lari Terbaru 2024

Biaya borongan pondasi per meter lari

Biaya borongan pondasi per meter lari bervariasi tergantung pada jenis pondasi, spesifikasi, dan lokasi proyek. Berikut tarif terbaru tahun 2024 sebagai gambaran umum:

Jenis Pondasi dan Spesifikasi

Jenis Pondasi Spesifikasi Satuan Harga per Meter Lari
Fondasi Cakar Ayam Kedalaman 1,5 meter, lebar 1 meter Meter Rp 500.000

Rp 700.000

Fondasi Bored Pile Diameter 30 cm, kedalaman 6 meter Meter Rp 1.000.000

Dalam konstruksi, biaya borongan pondasi per meter lari menjadi pertimbangan penting. Untuk proyek skala besar, seperti pembangunan gedung bertingkat, biaya ini dapat mempengaruhi anggaran secara signifikan. Menariknya, biaya borongan pondasi per meter lari juga berkaitan dengan aspek lain dalam konstruksi, seperti pemasangan AC truk canter.

Harga Pasang AC Truk Canter: Panduan Lengkap menyediakan informasi mendalam tentang biaya pemasangan AC pada kendaraan berat, yang dapat menjadi referensi bagi pemilik bisnis transportasi atau logistik. Namun, kembali ke topik utama, biaya borongan pondasi per meter lari tetap menjadi faktor krusial yang perlu diperhatikan dalam perencanaan konstruksi.

Rp 1.500.000

Fondasi Strauss Pile Panjang 6 meter, diameter 20 cm Meter Rp 800.000

Biaya borongan pondasi per meter lari berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000, tergantung pada jenis pondasi dan lokasi pembangunan. Sementara itu, biaya borongan plafon PVC per meter berada di kisaran Rp 50.000 hingga Rp 75.000, tergantung pada kualitas dan desain plafon.

Perlu dicatat bahwa biaya-biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga disarankan untuk melakukan survei pasar terlebih dahulu sebelum menentukan biaya pembangunan secara keseluruhan, termasuk biaya borongan pondasi per meter lari.

Rp 1.200.000

Catatan: Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan berbeda di setiap daerah.

Cara Menghitung Biaya Borongan Pondasi per Meter Lari

Biaya borongan pondasi per meter lari

Menghitung biaya borongan pondasi per meter lari sangat penting untuk memperkirakan biaya konstruksi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Hitung Luas Pondasi

Hitung luas pondasi dengan mengalikan panjang dan lebar pondasi.

Biaya borongan pondasi per meter lari bervariasi tergantung jenis pondasi dan kondisi tanah. Selain biaya pondasi, perlu juga memperhitungkan biaya borongan besi per meter untuk tulangan pondasi. Biaya borongan besi per meter biasanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp200.000, tergantung diameter dan jenis besi yang digunakan.

Dengan mempertimbangkan biaya pondasi dan besi, perhitungan biaya pembangunan pondasi dapat lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Tentukan Jenis Pondasi

Jenis pondasi yang digunakan akan mempengaruhi biaya. Pondasi dangkal (seperti pondasi batu kali atau pondasi telapak) lebih murah daripada pondasi dalam (seperti pondasi tiang pancang).

3. Tentukan Harga Satuan, Biaya borongan pondasi per meter lari

Tanyakan kepada kontraktor harga satuan untuk jenis pondasi yang dipilih, biasanya dalam rupiah per meter lari.

Selain biaya borongan pondasi per meter lari, terdapat pula biaya borongan lain yang perlu diperhatikan dalam konstruksi, seperti biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter . Biaya ini mencakup biaya pemasangan baja ringan, termasuk material dan upah tenaga kerja.

Kembali ke topik biaya borongan pondasi per meter lari, besaran biaya ini bervariasi tergantung pada jenis pondasi, kedalaman, dan lokasi proyek.

4. Kalikan Luas dengan Harga Satuan

Kalikan luas pondasi dengan harga satuan untuk mendapatkan biaya borongan pondasi per meter lari.

5. Tambahkan Biaya Tambahan

Tambahkan biaya tambahan seperti biaya material (semen, pasir, batu split), biaya tenaga kerja, dan biaya peralatan.Contoh PerhitunganLuas pondasi: 10 m x 5 m = 50 m2Jenis pondasi: Pondasi batu kaliHarga satuan: Rp 500.000/m lariBiaya borongan pondasi per meter lari: 50 m2 x Rp 500.000/m

lari = Rp 25.000.000Tips Menghemat Biaya* Pilih jenis pondasi yang sesuai dengan kondisi tanah dan beban bangunan.

  • Negosiasikan harga satuan dengan kontraktor.
  • Gunakan material berkualitas baik dengan harga terjangkau.
  • Lakukan pengawasan yang baik untuk meminimalisir pemborosan material dan tenaga kerja.

Prosedur Pembayaran Biaya Borongan Pondasi per Meter Lari

Pembayaran biaya borongan pondasi per meter lari umumnya dilakukan dalam beberapa tahap berikut:

Tahap Pembayaran

  • Uang muka:Pembayaran awal yang dilakukan sebelum pekerjaan dimulai, biasanya sebesar 20-30% dari total biaya.
  • Pembayaran progres:Pembayaran yang dilakukan secara berkala selama pekerjaan berlangsung, berdasarkan persentase penyelesaian pekerjaan.
  • Pembayaran final:Pembayaran terakhir yang dilakukan setelah pekerjaan selesai dan telah memenuhi persyaratan kontrak.

Persyaratan Pembayaran

  • Pembayaran progres biasanya dilakukan setelah mencapai titik tertentu dalam pekerjaan, seperti selesai pengecoran atau pemasangan tulangan.
  • Pembayaran final biasanya dilakukan setelah pondasi selesai dan telah diperiksa oleh pengawas.
  • Kontraktor biasanya akan memberikan faktur untuk setiap pembayaran yang harus dilakukan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

  • Pastikan untuk mendapatkan perjanjian tertulis yang jelas mengenai persyaratan pembayaran.
  • Lakukan pembayaran tepat waktu untuk menghindari denda atau masalah hukum.
  • Periksa pekerjaan dengan cermat sebelum melakukan pembayaran final.
  • Simpan semua dokumentasi pembayaran untuk referensi di masa mendatang.

Ulasan Penutup

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi biaya, memahami cara menghitung, dan mengikuti prosedur pembayaran yang tepat, pemilik proyek dapat mengelola biaya borongan pondasi per meter lari secara efektif. Hal ini akan berkontribusi pada keberhasilan keseluruhan proyek konstruksi dan memastikan fondasi yang kokoh untuk bangunan yang akan dibangun.

Area Tanya Jawab

Apa yang dimaksud dengan biaya borongan pondasi per meter lari?

Biaya borongan pondasi per meter lari adalah biaya yang dibayarkan kepada kontraktor untuk mengerjakan pondasi bangunan per satu meter panjangnya.

Bagaimana cara menghitung biaya borongan pondasi per meter lari?

Biaya borongan pondasi per meter lari dihitung berdasarkan volume pondasi (panjang x lebar x tinggi) dan harga satuan per meter kubik.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *