Biaya Borongan Pasang Atap Spandek: Panduan Lengkap

4 min read

Biaya borongan tenaga pasang atap spandek menjadi salah satu pertimbangan penting saat merencanakan pembangunan atau renovasi rumah. Atap spandek dikenal dengan ketahanannya dan kemudahan pemasangannya, namun berapa sebenarnya biaya yang dibutuhkan untuk memasangnya?

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang biaya borongan tenaga pasang atap spandek, mulai dari jenis-jenis atap spandek, cara menghitung luas atap, hingga faktor-faktor yang mempengaruhi tarif borongan. Kami juga akan memberikan tips memilih tenaga pasang yang terpercaya dan panduan perawatan atap spandek agar awet dan tahan lama.

Tarif Borongan Tenaga Pasang Atap Spandek: Biaya Borongan Tenaga Pasang Atap Spandek

Biaya borongan tenaga pasang atap spandek

Pemasangan atap spandek umumnya dikerjakan secara borongan. Tarif yang dikenakan bervariasi tergantung jenis atap, luas atap, lokasi, dan tingkat kesulitan pemasangan.

Biaya borongan tenaga pasang atap spandek bervariasi tergantung faktor seperti luas atap dan tingkat kerumitan. Untuk memperkirakan biaya secara keseluruhan, pertimbangkan juga biaya borongan instalasi listrik per titik jika diperlukan. Setelah semua faktor diperhitungkan, Anda dapat menentukan biaya yang wajar untuk pemasangan atap spandek sesuai kebutuhan.

Jenis-Jenis Atap Spandek

  • Spandek gelombang
  • Spandek lengkung
  • Spandek trap

Cara Menghitung Luas Atap

Luas atap dihitung dengan mengalikan panjang dan lebar atap. Untuk atap dengan bentuk tidak beraturan, bagi atap menjadi beberapa bidang sederhana, hitung luas setiap bidang, lalu jumlahkan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tarif Borongan

  • Lokasi:Biaya tenaga kerja dan transportasi berbeda-beda di setiap daerah.
  • Tingkat Kesulitan Pemasangan:Atap dengan kemiringan tinggi, banyak sudut, atau struktur yang rumit membutuhkan waktu pemasangan lebih lama dan tarif yang lebih tinggi.

Harga yang tercantum di bawah ini dapat berubah sewaktu-waktu dan berbeda di setiap daerah. Untuk informasi terbaru, kunjungi tekniksipil.id .

Tarif Borongan Tenaga Pasang Atap Spandek

Jenis Atap Luas Atap (m2) Tarif Borongan (Rp/m2) Catatan
Spandek gelombang <100 60.000

80.000

Spandek gelombang 100

200

55.000

75.000

Spandek gelombang >200 50.000

70.000

Spandek lengkung <100 70.000

90.000

Spandek lengkung 100

200

65.000

85.000

Spandek lengkung >200 60.000

80.000

Spandek trap <100 80.000

100.000

Spandek trap 100

Biaya borongan tenaga pasang atap spandek umumnya berkisar antara Rp15.000 hingga Rp30.000 per meter persegi. Harga ini bervariasi tergantung pada kerumitan pemasangan, lokasi, dan bahan yang digunakan. Sebagai perbandingan, biaya borongan plafon PVC per meter mulai dari Rp18.000

hingga Rp25.000 . Sementara itu, biaya borongan tenaga pasang atap spandek biasanya sudah termasuk biaya bahan, seperti baut dan reng, sehingga lebih praktis dan efisien.

200

75.000

95.000

Spandek trap >200 70.000

90.000

Tips Memilih Tenaga Pasang Atap Spandek

Memilih tenaga pasang atap spandek yang tepat sangat penting untuk memastikan hasil akhir yang memuaskan dan aman. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memilih penyedia jasa yang andal:

Cari Pengalaman dan Reputasi

Pertimbangkan penyedia jasa yang memiliki pengalaman luas dalam pemasangan atap spandek. Periksa portofolio mereka untuk melihat contoh pekerjaan sebelumnya dan cari ulasan dari pelanggan sebelumnya.

Periksa Jaminan dan Asuransi

Pastikan penyedia jasa menawarkan jaminan atas pekerjaan mereka dan memiliki asuransi kewajiban yang memadai untuk melindungi Anda dari potensi kerusakan atau cedera.

Dapatkan Referensi

Minta referensi dari teman, keluarga, atau tetangga yang pernah menggunakan jasa pasang atap spandek. Referensi pribadi dapat memberikan wawasan yang berharga tentang kualitas pekerjaan dan keandalan penyedia jasa.

Bandingkan Penawaran

Dapatkan penawaran dari beberapa penyedia jasa untuk membandingkan harga dan layanan yang ditawarkan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti bahan yang digunakan, jangka waktu pengerjaan, dan biaya tambahan yang mungkin timbul.

Hindari Risiko

Hindari penyedia jasa yang menawarkan harga sangat murah atau yang tidak memiliki reputasi yang baik. Perhatikan juga penyedia jasa yang tidak mau memberikan jaminan atau asuransi yang memadai.

Prosedur Pemasangan Atap Spandek

Pemasangan atap spandek memerlukan prosedur yang tepat untuk memastikan pemasangan yang aman dan tahan lama. Berikut adalah langkah-langkah pemasangan atap spandek:

Persiapan Pemasangan

Sebelum pemasangan, penting untuk melakukan persiapan yang matang. Hal ini meliputi pengukuran luas atap, pemilihan bahan yang tepat sesuai kebutuhan, dan persiapan rangka atap.

Biaya borongan tenaga pasang atap spandek bervariasi tergantung jenis spandek dan kerumitan pemasangan. Sementara itu, biaya borongan tenaga pasang plafon gypsum per meter mencapai Rp 30.000 – Rp 50.000 . Kembali ke biaya borongan tenaga pasang atap spandek, harga pemasangan spandek Zincalume berkisar Rp 35.000 – Rp 45.000 per meter persegi, sedangkan spandek biasa Rp 25.000 – Rp 35.000 per meter persegi.

Pemasangan Rangka Atap

Rangka atap berfungsi sebagai penopang utama atap spandek. Rangka harus dipasang dengan kuat dan kokoh untuk menopang beban atap. Pemasangan rangka atap biasanya menggunakan bahan baja ringan atau kayu.

Pemasangan Atap Spandek

Setelah rangka atap terpasang, selanjutnya adalah pemasangan atap spandek. Atap spandek dipasang dengan cara disekrup atau dibaut pada rangka atap. Proses pemasangan harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan pada atap.

Biaya borongan tenaga pasang atap spandek bervariasi tergantung luas area dan kerumitan pekerjaan. Sebagai perbandingan, biaya borongan baja ringan plus material dan tenaga per meter dapat berkisar antara Rp150.000 hingga Rp250.000, seperti yang dibahas dalam artikel ini . Kembali ke topik awal, biaya borongan tenaga pasang atap spandek umumnya berkisar antara Rp30.000

hingga Rp50.000 per meter persegi, tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya.

Pemasangan Aksesori

Selain atap spandek, ada beberapa aksesori yang juga perlu dipasang, seperti talang air, flashing, dan nok. Aksesori ini berfungsi untuk melindungi atap dari kebocoran dan memperindah tampilan atap.

Tips Pemasangan yang Aman dan Tahan Lama

  • Gunakan bahan berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar.
  • Pastikan rangka atap kokoh dan terpasang dengan benar.
  • Pasang atap spandek dengan rapat dan tanpa celah.
  • Gunakan aksesori yang tepat untuk mencegah kebocoran.
  • Lakukan perawatan berkala untuk menjaga kondisi atap tetap baik.

Perawatan dan Perbaikan Atap Spandek

Atap kebutuhan menghitung ringan baja spandek bajaringan zincalume sakura bangunan excell renovasi reng kanopi

Atap spandek membutuhkan perawatan rutin untuk mempertahankan kondisinya dan memperpanjang masa pakainya. Perawatan yang tepat dapat mencegah kerusakan dan memastikan atap berfungsi dengan baik.

Pembersihan Rutin

Pembersihan atap spandek secara teratur menghilangkan kotoran, debu, dan puing-puing yang dapat menumpuk dan menyebabkan korosi atau kebocoran. Pembersihan dapat dilakukan dengan menyapu atau menyemprotkan air dari selang.

Pengecatan Ulang, Biaya borongan tenaga pasang atap spandek

Pengecatan ulang atap spandek secara berkala membantu melindungi dari karat dan memperpanjang umur atap. Pilih cat yang diformulasikan khusus untuk logam dan ikuti instruksi pabrikan dengan cermat.

Perbaikan Kecil

Perbaikan kecil, seperti menambal kebocoran atau mengganti sekrup yang longgar, dapat dilakukan untuk mengatasi masalah sebelum menjadi lebih besar. Untuk kebocoran, bersihkan area yang bocor dan oleskan sealant atap. Untuk sekrup yang longgar, cukup kencangkan atau ganti dengan yang baru.

Selain biaya borongan tenaga pasang atap spandek, biaya borongan pasang keramik 60×60 juga mengalami kenaikan. Biaya borongan pasang keramik 60×60 kini berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 60.000 per meter persegi, tergantung tingkat kesulitan pemasangan dan lokasi proyek. Kembali ke topik biaya borongan tenaga pasang atap spandek, kenaikan harga ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti naiknya harga bahan baku dan upah pekerja.

Memanggil Tenaga Profesional

Untuk perbaikan yang lebih besar, seperti kerusakan parah atau kebocoran yang tidak dapat diperbaiki sendiri, penting untuk memanggil tenaga profesional. Tenaga profesional memiliki peralatan dan keahlian untuk mengatasi masalah secara efektif dan aman.

Manfaat dan Kekurangan Atap Spandek

Atap spandek merupakan salah satu jenis atap yang banyak digunakan karena menawarkan berbagai keuntungan dan kelemahan tertentu. Berikut adalah uraian mengenai manfaat dan kekurangan atap spandek:

Manfaat

  • Daya Tahan:Atap spandek dikenal tahan lama dan dapat bertahan hingga puluhan tahun dengan perawatan yang tepat.
  • Kemudahan Pemasangan:Pemasangan atap spandek relatif mudah dan cepat, sehingga menghemat waktu dan biaya pemasangan.
  • Harga Terjangkau:Dibandingkan dengan jenis atap lainnya, atap spandek memiliki harga yang lebih terjangkau.

Kekurangan

  • Potensi Kebisingan:Atap spandek dapat menghasilkan kebisingan saat hujan atau angin kencang.
  • Estetika Terbatas:Pilihan warna dan desain atap spandek cenderung terbatas, sehingga dapat membatasi estetika bangunan.

Akhir Kata

Biaya borongan tenaga pasang atap spandek

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor dan memilih tenaga pasang yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa pemasangan atap spandek dilakukan dengan baik dan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Atap spandek yang terpasang dengan benar akan memberikan perlindungan yang optimal bagi rumah Anda selama bertahun-tahun mendatang.

Area Tanya Jawab

Apa saja jenis-jenis atap spandek yang umum digunakan?

Jenis atap spandek yang umum digunakan antara lain zincalume, galvalume, dan spandek warna.

Bagaimana cara menghitung luas atap untuk menentukan tarif borongan?

Luas atap dapat dihitung dengan mengalikan panjang dan lebar atap. Untuk atap dengan bentuk yang kompleks, perlu dilakukan perhitungan lebih detail.

Faktor apa saja yang mempengaruhi tarif borongan pasang atap spandek?

Tarif borongan dapat dipengaruhi oleh lokasi, tingkat kesulitan pemasangan, dan jenis atap spandek yang digunakan.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *