Jenis-Jenis Kampuh Las: Panduan Lengkap

5 min read

Jenis jenis kampuh las – Dalam dunia pengelasan, jenis kampuh las yang dipilih memainkan peran penting dalam kekuatan, kekencangan, dan penampilan lasan. Artikel ini akan mengupas tuntas berbagai jenis kampuh las yang umum digunakan, faktor-faktor yang memengaruhi pemilihannya, dan standar serta spesifikasi yang berlaku.

Kampuh las adalah bagian permukaan benda kerja yang disiapkan untuk dilas. Pemilihan jenis kampuh las yang tepat sangat penting untuk memastikan sambungan las yang kuat dan tahan lama.

Jenis-jenis Kampuh Las

Dalam dunia pengelasan, terdapat berbagai jenis kampuh las yang umum digunakan untuk menyambungkan logam. Masing-masing jenis kampuh memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda.

Jenis-jenis kampuh las meliputi kampuh V, U, dan T. Pemilihan jenis kampuh sangat penting untuk memastikan kekuatan dan ketahanan sambungan las. Dalam aplikasi tertentu, seperti pada pembuatan kapal atau peralatan industri, nikel ( apa itu nikel? ) sering digunakan sebagai bahan dasar karena ketahanannya yang tinggi terhadap korosi dan suhu ekstrem.

Oleh karena itu, jenis kampuh las yang dipilih harus mempertimbangkan sifat-sifat bahan yang digunakan, seperti nikel, untuk memastikan integritas sambungan las.

Kampuh Tumpul

Kampuh tumpul digunakan untuk menyambungkan dua buah logam dengan permukaan yang rata. Bagian tepi logam tidak dibevel atau dipotong, sehingga menghasilkan kampuh dengan celah yang sempit.

Kampuh V

Kampuh V adalah jenis kampuh yang paling umum digunakan. Bagian tepi logam dibevel membentuk sudut V, sehingga menciptakan celah yang lebih lebar untuk pengelasan.

Jenis-jenis kampuh las sangat beragam, mulai dari kampuh tumpul, kampuh tepi, hingga kampuh sudut. Pemilihan jenis kampuh yang tepat akan memengaruhi kekuatan dan daya tahan sambungan las. Namun, terlepas dari jenis kampuhnya, terdapat faktor lain yang juga penting untuk diperhatikan, yaitu waktu pengerjaan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan coran kering yang berkualitas? Untuk mengetahui jawabannya, silakan baca artikel berapa lama coran kering?. Setelah mengetahui waktu pengerjaan coran kering, Anda dapat mempersiapkan proses pengelasan dengan lebih baik, termasuk memilih jenis kampuh las yang sesuai dengan kebutuhan.

Kampuh U

Kampuh U mirip dengan kampuh V, tetapi bagian tepi logam dibevel membentuk sudut U yang lebih lebar. Hal ini memungkinkan penetrasi las yang lebih dalam dan kekuatan sambungan yang lebih baik.

Kampuh J

Kampuh J adalah jenis kampuh yang memiliki satu sisi dibevel membentuk sudut J. Sisi lainnya dibiarkan rata, sehingga menciptakan celah yang asimetris.

Kampuh Bevel Ganda

Kampuh bevel ganda digunakan untuk menyambungkan logam yang tebal. Bagian tepi logam dibevel di kedua sisi, sehingga menciptakan celah yang lebih lebar dan memungkinkan penetrasi las yang lebih dalam.

Pemilihan Jenis Kampuh Las

Jenis jenis kampuh las

Pemilihan jenis kampuh las yang tepat sangat penting untuk memastikan kekuatan, keandalan, dan umur panjang sambungan las. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan jenis kampuh las meliputi:

  • Ketebalan material yang akan dilas
  • Posisi pengelasan
  • Kekuatan sambungan yang dibutuhkan
  • Ketersediaan peralatan las
  • Biaya pengelasan

Sebagai panduan umum, jenis kampuh las berikut dapat dipilih untuk aplikasi tertentu:

Kampuh Las Tumpul

Kampuh las tumpul cocok untuk menyambung material yang tipis dan berada pada posisi mendatar. Jenis kampuh ini tidak memerlukan persiapan tepi dan menghasilkan sambungan yang kuat dan kedap air.

Kampuh Las Tepi

Kampuh las tepi digunakan untuk menyambung material yang lebih tebal dan berada pada posisi vertikal atau overhead. Jenis kampuh ini memerlukan persiapan tepi, seperti bevelling atau chamfering, untuk memastikan penetrasi las yang cukup.

Kampuh Las Sudut

Kampuh las sudut digunakan untuk menyambung material yang membentuk sudut. Jenis kampuh ini dapat digunakan pada berbagai posisi pengelasan dan menghasilkan sambungan yang kuat dan kaku.

Kampuh Las Alur

Kampuh las alur digunakan untuk menyambung material yang tebal dan membutuhkan kekuatan sambungan yang tinggi. Jenis kampuh ini memerlukan persiapan tepi yang kompleks dan menghasilkan sambungan yang dalam dan kuat.

Persiapan Kampuh Las: Jenis Jenis Kampuh Las

Persiapan kampuh las yang tepat sangat penting untuk menghasilkan sambungan las yang berkualitas tinggi. Langkah-langkah berikut harus diikuti untuk mempersiapkan kampuh las:

1. Bersihkan area sambungan dari kotoran, minyak, dan karat.

Jenis-jenis kampuh las yang umum digunakan dalam fabrikasi logam meliputi kampuh V, U, dan bevel. Pemilihan jenis kampuh bergantung pada ketebalan material, jenis sambungan, dan proses pengelasan yang digunakan. Selain teknik pengelasan, pemahaman tentang broti dan sortimen kayu adalah juga penting dalam konstruksi untuk memastikan pemilihan bahan dan struktur bangunan yang tepat.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, teknisi las dapat menentukan kampuh las yang optimal untuk menghasilkan sambungan yang kuat dan andal.

2. Ratakan tepi kampuh las dengan gerinda atau alat penghalus lainnya.

3. Sesuaikan tepi kampuh las sesuai dengan jenis sambungan las yang akan digunakan.

Tabel Persiapan Kampuh Las

Jenis Sambungan Las Persiapan Kampuh Las
Sambungan Tepi Tepi kampuh diluruskan dan diratakan.
Sambungan Sudut Salah satu tepi kampuh diluruskan dan diratakan, sedangkan tepi lainnya dibevel.
Sambungan Tumpul Kedua tepi kampuh diratakan dan diratakan.
Sambungan Tumpang Salah satu tepi kampuh diluruskan dan diratakan, sedangkan tepi lainnya tumpang tindih dengan tepi pertama.

Pengaruh Jenis Kampuh Las pada Kualitas Lasan

Jenis jenis kampuh las

Jenis kampuh las yang dipilih memiliki pengaruh signifikan terhadap kekuatan, kekencangan, dan penampilan lasan. Pilihan kampuh yang tepat dapat meningkatkan kualitas keseluruhan lasan, sementara pilihan yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah seperti retak, distorsi, dan kebocoran.

Kekuatan Lasan

Jenis kampuh las memengaruhi kekuatan lasan dengan mendistribusikan beban dengan cara yang berbeda. Kampuh V, U, dan X memberikan distribusi beban yang lebih baik dibandingkan dengan kampuh persegi atau tumpul, sehingga menghasilkan lasan yang lebih kuat.

Kekencangan Lasan, Jenis jenis kampuh las

Kampuh las juga memengaruhi kekencangan lasan. Kampuh yang lebih dalam, seperti kampuh V dan U, memberikan penetrasi yang lebih baik dan mengurangi kemungkinan kebocoran. Namun, kampuh yang lebih dalam juga membutuhkan lebih banyak bahan las dan dapat menyebabkan distorsi yang lebih besar.

Penampilan Lasan

Jenis kampuh las juga memengaruhi penampilan lasan. Kampuh persegi menghasilkan lasan yang lebih rata, sementara kampuh V dan U menghasilkan lasan yang lebih cekung. Penampilan lasan dapat menjadi pertimbangan penting dalam aplikasi di mana estetika menjadi faktor.Sebagai contoh, dalam pembuatan kapal, kampuh V sering digunakan karena memberikan penetrasi yang baik dan mengurangi risiko kebocoran.

Sebaliknya, dalam pembuatan struktur bangunan, kampuh persegi mungkin lebih disukai karena memberikan lasan yang lebih rata dan estetis.

Standar dan Spesifikasi Kampuh Las

Untuk memastikan kualitas dan keamanan sambungan las, standar dan spesifikasi yang ketat diberlakukan. Standar ini menetapkan persyaratan untuk desain, persiapan, dan pelaksanaan kampuh las.

Standar yang Berlaku

Beberapa standar yang umum digunakan untuk kampuh las meliputi:

  • AWS D1.1: Kode Pengelasan Struktural untuk Bangunan Baja
  • AWS D1.2: Kode Pengelasan Struktural untuk Bangunan Aluminium
  • AWS D1.3: Kode Pengelasan Struktural untuk Bangunan Baja Tahan Karat
  • ISO 3834: Persyaratan Kualitas untuk Pengelasan Logam
  • EN 1090: Eksekusi Struktur Baja dan Aluminium

Persyaratan Penting

Standar ini menguraikan persyaratan penting untuk kampuh las, termasuk:

Jenis dan ukuran kampuh yang sesuai untuk bahan dan ketebalan yang dilas

Toleransi untuk penyimpangan dari dimensi dan bentuk yang ditentukan

Persyaratan untuk persiapan tepi, seperti beveling dan chamfering

Parameter pengelasan, seperti jenis las, kecepatan pengelasan, dan arus pengelasan

Persyaratan pengujian dan inspeksi untuk memastikan kualitas kampuh las

Jenis-jenis kampuh las sangatlah beragam, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pemilihan jenis kampuh yang tepat sangat penting untuk memastikan kekuatan dan ketahanan sambungan las. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan saat memilih jenis kampuh adalah memahami fungsi preamp.

Preamp berfungsi untuk meningkatkan amplitudo sinyal audio sebelum diperkuat oleh amplifier utama, sehingga dapat meningkatkan kualitas suara. Kembali ke topik kampuh las, jenis kampuh yang berbeda menghasilkan distribusi tegangan yang berbeda pada sambungan las, sehingga mempengaruhi kekuatan dan ketahanannya.

Dengan mengikuti standar dan spesifikasi yang berlaku, tukang las dapat memastikan bahwa kampuh las memenuhi persyaratan keselamatan, kualitas, dan kinerja yang diperlukan.

Aplikasi Spesifik Jenis Kampuh Las

Berbagai jenis kampuh las memiliki aplikasi spesifik yang ditentukan oleh karakteristik desainnya. Berikut beberapa contoh aplikasi umum:

Kampuh T-Square

  • Menggabungkan pelat logam dengan ketebalan yang sama atau berbeda
  • Menghubungkan balok dan pelat
  • Membuat rangka struktural

Kampuh V-Groove

  • Mengelas pelat logam tebal
  • Menghubungkan pipa dan tabung
  • Membuat sambungan las dalam

Kampuh U-Groove

  • Mengelas pelat logam dengan ketebalan yang sama atau berbeda
  • Menghubungkan pelat dan pipa
  • Membuat sambungan las yang kuat dan fleksibel

Kampuh Edge

  • Menghubungkan lembaran logam tipis
  • Membuat sambungan las yang estetis
  • Menambal lubang atau retakan pada logam

Kampuh J-Bevel

  • Mengelas pelat logam yang tidak sejajar
  • Membuat sambungan las yang kuat dan tahan lama
  • Menggabungkan pelat dengan ketebalan yang berbeda

Kampuh Bevel

  • Mengelas pelat logam tebal
  • Membuat sambungan las yang tahan terhadap beban berat
  • Menggabungkan pipa dan tabung

Ulasan Penutup

Memahami jenis-jenis kampuh las dan faktor-faktor yang memengaruhi pemilihannya sangat penting bagi tukang las profesional. Dengan mempertimbangkan aplikasi spesifik, beban yang diharapkan, dan standar industri, tukang las dapat memilih kampuh las yang tepat untuk menghasilkan lasan yang memenuhi persyaratan kinerja dan estetika.

Tanya Jawab Umum

Apa perbedaan antara kampuh V dan kampuh bevel?

Kampuh V memiliki bentuk seperti huruf V, sedangkan kampuh bevel memiliki sudut 45 derajat pada setiap sisi.

Apa jenis kampuh las yang paling kuat?

Kampuh J adalah jenis kampuh las yang paling kuat karena memiliki penetrasi las yang dalam.

Apa saja faktor yang mempengaruhi pemilihan jenis kampuh las?

Ketebalan material, jenis material, beban yang diharapkan, dan persyaratan estetika adalah beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan jenis kampuh las.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *