Penjelasan Lengkap Apa itu Plumber – Profesi dan Servis

5 min read

⏩Plumber adalah? Penjelasan Lengkap Profesi Plumber, Tugas dan tanggung jawab⭐ Skill⭐ Karir dan Gaji di Indonesia⭐

Artikel ini akan membahas secara detail tentang profesi plumber, termasuk peran dan tanggung jawab mereka dalam instalasi dan perbaikan sistem perpipaan di Indonesia.

Anda akan mengetahui pengertian plumber serta tugas dan tanggung jawab utama yang harus dilakukan oleh seorang plumber dalam menjalankan pekerjaannya.

Selain itu, akan dijelaskan juga berbagai klasifikasi plumber berdasarkan jenis pekerjaan yang mereka lakukan, seperti commercial plumber, repair and service plumber, dan residential plumber.

Dalam artikel ini, Anda juga akan mengetahui kisaran gaji yang biasanya diterima oleh seorang plumber di Indonesia serta kualifikasi dan skill yang harus dimiliki oleh seorang plumber untuk dapat menjalankan profesi ini dengan baik. Selain itu, akan dijelaskan pula berbagai alat dan peralatan yang biasa digunakan oleh seorang plumber dalam menjalankan tugasnya.

Pengertian Plumber dan Pekerjaannya

profesi plumber

Plumber adalah seorang profesional yang ahli dalam instalasi, perawatan, dan perbaikan sistem perpipaan di berbagai lingkungan, seperti rumah, gedung perkantoran, atau pabrik. Pekerjaan seorang plumber meliputi beragam tugas, mulai dari melakukan pemasangan dan perbaikan pipa air, pipa gas, hingga instalasi sistem sanitasi.

Adapun beberapa pekerjaan seorang plumber meliputi:

  • Memahami dan mempersiapkan rencana instalasi sistem perpipaan
  • Memasang pipa air, pipa gas, dan saluran pembuangan serta menghubungkan antar komponen
  • Memasang toilet, bathub, dan wastafel
  • Mendeteksi, mendiagnosis, dan memperbaiki kerusakan sistem perpipaan
  • Menentukan tipe dan ukuran pipa yang tepat untuk kebutuhan tertentu
  • Menjaga keamanan dan kesehatan kerja selama melakukan instalasi atau perbaikan sistem perpipaan

Seorang plumber juga harus menguasai berbagai teknik untuk membengkokkan dan memotong pipa, menghubungkan komponen, serta mengevaluasi kelayakan instalasi sistem perpipaan pada berbagai kondisi bangunan.

Kemampuan untuk memperbaiki kerusakan sistem perpipaan adalah salah satu keahlian kunci yang harus dimiliki oleh seorang plumber.

Tugas dan Tanggung Jawab Plumber

Seorang plumber memiliki tugas dan tanggung jawab penting dalam instalasi dan perbaikan sistem perpipaan di Indonesia. Beberapa tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang plumber antara lain:

  • Menganalisis dan merencanakan instalasi sistem perpipaan
  • Melakukan pemasangan pipa dan komponen sistem perpipaan
  • Melakukan perbaikan dan pemeliharaan sistem perpipaan
  • Menggunakan alat dan peralatan yang diperlukan dengan tepat
  • Mendokumentasikan pekerjaan yang telah dilakukan

Selain itu, seorang plumber juga harus memeriksa kualitas air, memastikan aliran air dan pembuangan air berjalan lancar, serta memastikan sistem perpipaan sesuai dengan standar keamanan dan lingkungan.

Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, seorang plumber juga harus memahami teknik dan prinsip instalasi perpipaan, serta memiliki skill dalam membaca gambar teknik dan menghitung volume pipa yang dibutuhkan.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang plumber juga harus memperhatikan tanggung jawabnya terhadap keselamatan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Plumber memiliki tanggung jawab penting dalam menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat melalui sistem perpipaan yang baik dan benar. Oleh karena itu, pelatihan dan kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang plumber sangat penting untuk memastikan profesionalisme dan integritas dalam menjalankan tugasnya.

Klasifikasi Plumber

plumber adalah

Plumber merupakan profesi yang melibatkan instalasi dan perbaikan sistem perpipaan yang ada di suatu bangunan. Berdasarkan jenis pekerjaannya, plumber dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis:

1. Commercial Plumber

Commercial plumber merupakan seorang ahli perpipaan yang fokus pada instalasi dan perbaikan sistem perpipaan yang terkait dengan bangunan komersial seperti gedung perkantoran, hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan. Mereka biasanya bekerja sama dengan arsitek dan kontraktor untuk memastikan bahwa sistem perpipaan sesuai dengan kode bangunan dan spesifikasi khusus bangunan tersebut.

2. Repair and Service Plumber

Repair and service plumber bertugas melakukan perbaikan dan pemeliharaan sistem perpipaan yang sudah ada. Mereka dapat memperbaiki kerusakan pada pipa yang bocor, mengganti keran dan toilet yang rusak serta melakukan servis berkala pada sistem pendingin dan pemanas air.

3. Residential Plumber

Residential plumber adalah seorang ahli perpipaan yang spesialis dalam instalasi dan perbaikan sistem perpipaan di rumah atau bangunan tempat tinggal. Mereka dapat memasang sistem pipa air dan gas, sistem drainase, dan peralatan seperti shower dan bathtub.

Memilih jenis plumber yang tepat untuk instalasi atau perbaikan sistem perpipaan di bangunan Anda menjadi hal yang penting bagi kenyamanan dan keamanan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih plumber yang spesialis dalam jenis pekerjaan yang Anda butuhkan dan merekamah di bidangnya.

Kualifikasi dan Skill Profesi Plumber

Menjadi seorang plumber bukanlah perkara mudah, membutuhkan kualifikasi dan skill yang baik. Selain memiliki keahlian teknis dalam instalasi dan perbaikan pipa, seorang plumber juga harus memiliki pengetahuan yang memadai mengenai peraturan dan standar keselamatan kerja yang berlaku.

Kualifikasi Plumber:

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang plumber biasanya bervariasi, tergantung pada tingkat keahlian dan spesialisasi yang diambil. Namun, pada umumnya, seseorang harus memiliki sertifikat pendidikan atau pelatihan formal dalam bidang plumbing, seperti:

  • Umumnya yang banyak dicari adalah lulusan SMK, Diploma dan Sarjana di bidang teknik pengairan atau teknik sipil, teknik industri maupun teknik mesin.
  • Program sertifikat keahlian plumbing
  • Pendidikan vokasi tingkat menengah di bidang teknik sipil atau mekanik

Sertifikat-sertifikat tersebut menunjukkan bahwa seseorang telah mengikuti pelatihan dan memiliki dasar pengetahuan yang memadai dalam bidang plumbing.

Skill yang Dibutuhkan seorang Plumber:

Selain kualifikasi formal, seorang plumber juga harus memiliki beberapa skill kunci yang diperlukan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaannya. Beberapa skill tersebut meliputi:

  • Kemampuan membaca dan memahami gambar teknis
  • Keterampilan dalam menggunakan alat-alat plumbing
  • Keterampilan dalam membaca dan memahami petunjuk instalasi dan perbaikan
  • Kemampuan analisis dan pemecahan masalah
  • Kemampuan bekerja secara mandiri maupun dalam tim

Kemampuan-kemampuan tersebut memungkinkan seorang plumber untuk dapat bekerja dengan efisien dan efektif dalam melaksanakan tugasnya.

Alat-alat Wajib Seorang Plumber

peralatan plumber
Contoh gambar peralatan plumber

Seorang plumber memerlukan beberapa jenis alat dan peralatan khusus untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan efisien. Berikut adalah beberapa alat dan peralatan yang biasa digunakan oleh seorang plumber:

  • Pisau Pipa (Pipe Cutter): Alat ini digunakan untuk memotong pipa dengan mudah dan akurat.
  • Tang Pipa (Pipe Pliers): Digunakan untuk memegang pipa yang sedang dikerjakan agar tidak tergelincir atau jatuh selama proses instalasi atau perbaikan.
  • Obeng Pipa (Pipe Wrench): Alat yang berfungsi sebagai kunci pipa yang dapat membantu memasang dan melepaskan pipa dengan mudah dan cepat.
  • Plastic Pipe Cutter: Alat untuk memotong pipa plastik.
  • Plumb Bob: Digunakan untuk menentukan garis vertikal dengan akurasi tinggi.
  • Level: Sebuah alat yang digunakan untuk menentukan apakah pipa diletakkan dalam posisi horizontal, vertikal atau miring.
  • Trowel: Alat utama yang digunakan oleh seorang plumber saat harus menyelesaikan perakitan pipa dan fitting.
  • Pompa Vacum (Vacuum Pump): Alat ini digunakan untuk mengeringkan pipa dan sistem perpipaan untuk mencegah kerusakan akibat kelebihan air.
  • Instrument Test Tekanan: Digunakan untuk menguji tekanan pipa dan mencegah kebocoran.

Kisaran Gaji Plumber di Indonesia Tahun 2023

Menurut data yang dirilis oleh Payscale, rata rata gaji seorang pumbler di Indonesia pada tahun 2023 ini berada di angka Rp.2.700.000 hingga Rp.5.500.000 tergantung pada lokasi atau kota yang ada.

Untuk lebih detailnya, berikut bisa anda lihat daftar gaji seorang plumber di beberapa wilayah yang ada di Indonesia:

Kota Kisaran Gaji
Jakarta Rp 2.800.000,- hingga Rp 5.400.000,-
Surabaya Rp 2.500.000,- hingga Rp 5.200.000,-
Bandung Rp 2.400.000,- hingga Rp 5.100.000,-
Bali Rp 2.800.000,- hingga Rp 5.000.000,-
Medan Rp 2.200.000,- hingga Rp 4.800.000,-
Makasar Rp 2.400.000,- hingga Rp 4.900.000,-
Balikpapan Rp 2.300.000,- hingga Rp 4.600.000,-

Perbedaan kisaran gaji ini juga dapat disebabkan oleh perbedaan biaya hidup antara daerah di Indonesia. Sebagai contoh, kisaran gaji seorang plumber saat saya mengerjakan proyek Trans Sumatra di medan, gaji pumbler disana cenderung lebih rendah dibanding gaji pumbler di Jakarta, mengingat biaya hidup dan UMK di Jakarta cenderung lebih mahal.

Masa Depan Profesi Plumber di Era Digital

Profesi plumber diprediksi akan semakin berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan instalasi dan perbaikan sistem perpipaan di Indonesia. Seiring dengan perkembangan industri properti dan konstruksi di Indonesia, permintaan akan jasa plumber akan semakin meningkat. Hal ini akan membuka peluang karir yang menjanjikan bagi para plumber di masa depan.

Namun, perkembangan teknologi juga berdampak pada profesi plumber. Seiring dengan munculnya teknologi yang lebih canggih di bidang instalasi dan perbaikan sistem perpipaan, kemampuan dan keterampilan seorang plumber harus lebih meningkat. Mereka harus mampu menguasai teknologi terbaru dalam bidang plumbing agar dapat bersaing di masa depan.

Di sisi lain, kesadaran akan pentingnya keberlanjutan lingkungan semakin meningkat. Hal ini membuat tugas seorang plumber tidak hanya memperhatikan instalasi dan perbaikan sistem perpipaan yang fungsional, tetapi juga harus ramah lingkungan.

Kemampuan dalam memasang sistem sanitasi yang efisien dan ramah lingkungan menjadi nilai tambah bagi seorang plumber di masa depan.

Secara keseluruhan, masa depan profesi plumber di Indonesia menjanjikan peluang karir yang luas, tetapi juga menuntut kemampuan dan keterampilan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan masa depan.

Pertanyaan Umum (FAQ)

  • Apa itu plumber?

Seorang plumber adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam instalasi, perbaikan, dan pemeliharaan sistem perpipaan. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan sistem perpipaan berfungsi dengan baik dan aman.

  • Apa tugas dan tanggung jawab seorang plumber?

Tugas utama seorang plumber meliputi instalasi pipa, pemasangan kran, perbaikan kerusakan pipa, pemeliharaan sistem perpipaan, serta pengecekan dan penyelesaian masalah pada saluran pembuangan air.

  • Apa jenis-jenis plumber yang ada?

Terdapat beberapa jenis plumber, antara lain commercial plumber yang bekerja di bidang konstruksi bangunan komersial, repair and service plumber yang fokus pada perbaikan sistem perpipaan, dan residential plumber yang mengurus instalasi perpipaan di rumah-rumah.

  • Berapa gaji seorang plumber di Indonesia?

Kisaran gaji seorang plumber di Indonesia bervariasi tergantung dari pengalaman, kualifikasi, dan lokasi kerja. Namun, rata-rata gaji seorang plumber di Indonesia berkisar antara 4 juta hingga 7 juta rupiah per bulan.

  • Apa saja kualifikasi dan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang plumber?

Seorang plumber umumnya membutuhkan kualifikasi pendidikan minimal SMA/SMK, memiliki sertifikat pelatihan plumber, serta memiliki keterampilan seperti kemampuan membaca dan memahami gambar teknis, memiliki pengetahuan tentang jenis pipa dan fitting, dan kemampuan troubleshoot masalah perpipaan.

  • Apa saja alat dan peralatan yang digunakan oleh seorang plumber?

Beberapa alat dan peralatan yang biasa digunakan oleh seorang plumber meliputi kunci pipa, tang potong pipa, obeng, pompa air, alat penyedot vakum, dan peralatan pengukur seperti pengukur tekanan air dan pengukur panjang pipa.

  • Bagaimana masa depan profesi plumber di Indonesia?

Profesi plumber di Indonesia memiliki potensi yang baik untuk berkembang seiring dengan pertumbuhan industri konstruksi dan kebutuhan perawatan sistem perpipaan yang terus meningkat. Peluang karir di bidang ini juga terbuka lebar.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *