Infrastruktur Utama Hampir Rampung, Presiden Jokowi Siap Berkantor di IKN

1 min read

IKN, Tekniksipil.id – Sebagai tonggak sejarah bagi Indonesia, persiapan menuju pelaksanaan upacara kemerdekaan pertama di Ibukota Negara (IKN) pada 17 Agustus 2024 semakin mendekati puncaknya.

Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan kantor ke IKN, yang diperkirakan akan selesai pertengahan tahun ini, memiliki landasan yang kuat dalam percepatan pembangunan infrastruktur utama.

Namun, kendati targetnya semakin dekat, masih terdapat tantangan dalam menggenjot penyelesaian proyek-proyek tersebut.

Presiden Jokowi Siap Berkantor di IKN

Presiden Jokowi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan tiga landasan utama dalam mempercepat pembangunan infrastruktur yang menjadi kunci kepindahan kantor ke IKN.

Diantaranya adalah penyediaan air bersih, pengembangan bandara, dan penyelesaian jaringan tol di IKN. Meski tenggat waktu yang semakin mendekat, Menteri PUPR, Basuki, mengungkapkan bahwa proyek-proyek tersebut masih membutuhkan peningkatan dalam percepatan penyelesaiannya.

Basuki menyampaikan bahwa proyek infrastruktur utama, terutama penyediaan air bersih, telah mencapai tahap akhir dan diperkirakan rampung pada bulan Juni 2024.

Ini menjadi prioritas utama mengingat pentingnya pasokan air bagi keberlangsungan kehidupan dan aktivitas di IKN. Meskipun begitu, proyek-proyek lain seperti pembangunan tol dan pengembangan bandara juga terus dikejar targetnya untuk selesai pada bulan Juli tahun ini.

Menyikapi hal ini, Basuki menegaskan bahwa keseluruhan infrastruktur utama harus rampung sebelum Presiden Jokowi mulai berkantor di IKN pada bulan Juli 2024.

Hal ini sejalan dengan rencana Presiden untuk memastikan kesiapan IKN sebagai pusat pemerintahan yang efisien dan fungsional. Meski demikian, masih ada tantangan dalam menghadapi beberapa proyek, terutama dalam penyelesaian desain dan proses lelang yang masih berlangsung.

Sebagai tonggak sejarah, kepindahan Presiden Jokowi ke IKN tidak hanya sekadar perubahan fisik, namun juga melambangkan komitmen pemerintah untuk membangun infrastruktur yang memadai demi masa depan Indonesia.

Meskipun tantangan masih ada, harapan akan terwujudnya IKN sebagai pusat pemerintahan yang modern dan efisien semakin nyata dengan mendekatnya penyelesaian proyek-proyek kunci tersebut.

Masyarakat pun menantikan dengan antusias pelaksanaan upacara kemerdekaan yang pertama kalinya di tanah baru tersebut, yang akan menjadi tonggak baru dalam sejarah bangsa.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *