10 Situs Download Electronic Book (Ebook) Gratis Terbaru 2024

6 min read

Di era yang serba digital ini, penggunaan benda benda yang kita gunakan sehari hari banyak yang telah bertransformasi menjadi bentuk digital, salah satunya adalah buku.

Dahulu buku hanya tersedia dalam bentuk media cetak berupa kertas yang berisi tulisan. Namun kini, anda bisa lebih mudah dan praktis ketika ingin membaca sebuah buku menggunakan buku digital atau sering kita kenal dengan E Book (electronic book).

Nah untuk anda yang kebetulan masih belum mengetahui apa sebenarnya pengertian dari buku digital/ book electronic ini, berikut coba Tekniksipil ulas secara rinci apa itu E Book dan hal hal yang terkait dengannya.

Selain itu, kami juga akan menambahkan informasi daftar website yang bisa kita gunakan untuk mendownload berbagai macam electronic book secara gratis dan legal. Bertikut ulasannya.

Pengertian Electronic Book

electronic book

Electronic book (E-book) adalah buku dalam bentuk digital yang dapat dibaca melalui perangkat elektronik tertentu seperti komputer, tablet, atau smartphone. E book atau Buku digital ini dapat memiliki format berbeda, tetapi umumnya dibuat dalam format PDF atau EPUB.

Electronic book yang bertebaran di internet umumnya diklasifikasikan menjadi dua, yang pertama e book yang memiliki lisensi gratis dan dapat kita unduh secara langsung dari internet, kedua adalah e book yang memiliki lisensi berbayar dimana kita harus membelinya dari toko buku online tertentu yang ada di media internet.

Penggunaan e book ini terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Dari yang dulunya hanya ada buku buku materi yang terkait dengan industri dan pendidikan saja, kini e book telah tersedia dalam beragam varian.

Mulai dari buku digital berisi cerpen, novel, karya sastra, bahkan juga e book berisi materi untuk mewarnai bagi anak anak usia dini.

Sejarah Perkembangan Electronic Book (E-Book)

Sejarah ditemukannya e-book dimulai pada tahun 1971 ketika Michael S. Hart, seorang mahasiswa Universitas Illinois, menciptakan Project Gutenberg.

Hart memindai teks Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat ke dalam komputer dan membagikannya secara daring untuk dibaca dan didistribusikan secara gratis. Inilah awal mula munculnya e-book.

Pada tahun 1985, perusahaan perangkat lunak bernama Adobe Systems menciptakan format dokumen portable (PDF), yang memungkinkan pengguna untuk membuat dokumen digital yang dapat dilihat dan dicetak pada berbagai perangkat.

Pada tahun 1990-an, teknologi e-book mulai berkembang. Sebuah perusahaan bernama SoftBook Press menciptakan perangkat e-book pertama yang memiliki layar tampilan dan baterai yang memadai.

Kemudian, pada tahun 1998, Sony meluncurkan perangkat e-book yang pertama kali diberi nama LIBRIé, yang kemudian menjadi nama dari seri perangkat e-book Sony.

Namun, popularitas e-book benar-benar melejit pada tahun 2007 ketika Amazon meluncurkan Kindle, sebuah perangkat e-book yang dilengkapi dengan teknologi layar tampilan elektronik (e-ink) yang lebih mirip dengan buku cetak.

Kemudian, perusahaan seperti Barnes & Noble, Kobo, dan Apple juga mengikuti jejak dengan meluncurkan perangkat e-book mereka sendiri.

Penggunaan e-book semakin meluas pada tahun 2010-an dengan semakin banyaknya toko buku online yang menyediakan e-book, seperti Amazon Kindle Store, Apple iBooks, dan Google Play Books.

Kini, e-book menjadi salah satu alternatif populer bagi pembaca yang ingin membaca buku dalam format digital yang lebih mudah diakses dan disimpan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Michael S. Hart adalah tokoh yang dianggap sebagai tokoh penemu e-book untuk pertama kalinya melalui proyek penelitiannya yang bernama ‘Gutenberg Project’.

Namun, perkembangan teknologi dan inovasi dari perusahaan-perusahaan seperti Adobe Systems, SoftBook Press, Sony, Amazon, dan lainnya juga berkontribusi besar dalam mengembangkan dan mempopulerkan e-book seperti yang kita kenal sekarang.

Fungsi Buku Digital (E-Book)

Fungsi utama electronik book adalah untuk memudahkan akses dan memperluas pengetahuan melalui bahan bacaan digital yang mudah diakses. Namun selain fungsi utama tersebut, ada beberapa fungsi dan tujuan lainnya yaitu:

  • Menghemat Ruang Penyimpanan Buku

E-book dapat menghemat ruang penyimpanan karena tidak memerlukan ruang fisik yang besar seperti buku cetak. E-book disimpan dalam format digital di perangkat kita, sehingga tidak perlu ruang khusus untuk menyimpannya.

  • Mempermudah Pencarian Materi

E-book memungkinkan kita untuk melakukan pencarian dengan mudah dan cepat melalui fitur pencarian yang disediakan. Kita dapat mencari kata kunci atau topik tertentu dalam e-book, sehingga tidak perlu membuka halaman demi halaman seperti pada buku cetak.

  • Menghemat Biaya Pembuatan Sebuah Buku

E-book biasanya lebih murah daripada buku cetak, dan dalam beberapa kasus, bahkan gratis. Hal ini dapat membantu kita menghemat biaya untuk membeli buku.

  • Memudahkan Aktifitas untuk Memperbarui/ Merevisi Informasi:

E-book memungkinkan penulis untuk memperbarui informasi dengan mudah dan cepat jika ada revisi atau pembaruan pada isi buku. Dengan begitu, pembaca dapat selalu mendapatkan informasi yang terbaru.

  • Memperkaya Pengalaman Para Pembaca

E-book dapat memiliki fitur interaktif seperti penanda halaman, catatan, dan tautan ke situs web lain yang dapat memperkaya pengalaman pembaca.

Format dan Aplikasi Electronic Books

Berikut ini adalah macam macam format e-book yang umum tersedia di media internet:

  • PDF (Portable Document Format)

Format yang sering digunakan untuk e-book dan dokumen lainnya. PDF memiliki tampilan yang stabil dan dapat diakses pada banyak perangkat, namun dapat sulit dibaca pada perangkat kecil karena tidak dapat menyesuaikan ukuran font.

  • EPUB (Electronic Publication)

Format e-book yang paling umum digunakan, didukung oleh banyak perangkat dan aplikasi e-book. EPUB mendukung teks, gambar, dan gaya format seperti tebal, miring, dan garis bawah.

  • MOBI (Mobipocket)

Format ini digunakan oleh perangkat Kindle dari Amazon. MOBI mendukung fitur seperti pengaturan ukuran font dan penandaan halaman.

  • AZW (Amazon Kindle eBook File)

Format eksklusif untuk Kindle dari Amazon. AZW memiliki fitur seperti bookmark, pencarian, dan penandaan halaman.

  • TXT (Plain Text)

Format e-book yang paling sederhana, hanya berisi teks tanpa gaya atau format khusus.

  • HTML (Hypertext Markup Language)

Format e-book yang terdiri dari kode HTML, yang memungkinkan penulis untuk menambahkan gambar, tautan, dan gaya format ke dalam teks.

  • DJVU (DjVu Image)

Format e-book yang mengkompresi gambar dan teks sehingga ukuran file menjadi lebih kecil tanpa mengorbankan kualitas. DJVU umumnya digunakan untuk e-book dengan banyak gambar atau grafik.

Aplikasi Untuk Membaca Electronic Books:

Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat teman teman download secara gratis untuk digunakan membaca e-book dengan berbagai format:

  • Adobe Digital Editions

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca e-book dalam format EPUB dan PDF. Adobe Digital Editions juga dapat digunakan untuk meminjam dan mengatur e-book dari perpustakaan online.

  • Amazon Kindle

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca e-book dalam format MOBI dan AZW. Amazon Kindle juga terhubung dengan toko buku elektronik Amazon, sehingga pengguna dapat membeli dan mengunduh e-book langsung dari aplikasi.

  • Google Play Books

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca e-book dalam format EPUB dan PDF. Pengguna dapat membeli e-book langsung dari Google Play Books atau mengimpor e-book dari perangkat lain.

  • Apple Books

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca e-book dalam format EPUB dan PDF. Apple Books juga terhubung dengan toko buku elektronik Apple, sehingga pengguna dapat membeli dan mengunduh e-book langsung dari aplikasi.

  • FBReader

Aplikasi ini dapat membaca e-book dalam berbagai format, termasuk EPUB, MOBI, PDF, dan FB2. FBReader juga memiliki fitur seperti bookmark, penanda halaman, dan pengaturan tampilan.

  • Cool Reader

Aplikasi ini dapat membaca e-book dalam berbagai format, termasuk EPUB, MOBI, dan FB2. Cool Reader juga memiliki fitur seperti bookmark, penanda halaman, dan pengaturan tampilan.

10 Situs Download E Books Gratis

ebook gratis

Sebelum saya memberikan daftar situs untuk download e books gratis dan legal, penting untuk diingat bahwa beberapa karya masih “dilindungi hak cipta” dan “tidak boleh didistribusikan tanpa izin dari pemiliknya”.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa apakah e-book yang ingin diunduh tersedia untuk diunduh secara legal. Berikut adalah 10 situs download e book gratis dan legal:

  1. Project Gutenberg (https://www.gutenberg.org/): Menyediakan lebih dari 60.000 buku elektronik gratis dan legal yang dapat diunduh dalam berbagai format, termasuk epub, Kindle, dan PDF.
  2. Open Library (https://openlibrary.org/): Menyediakan akses ke lebih dari 1,7 juta buku gratis dan legal, termasuk buku-buku langka dan buku-buku modern.
  3. ManyBooks (https://manybooks.net/): Menyediakan lebih dari 50.000 e-book gratis dan legal dalam berbagai genre, termasuk fiksi, nonfiksi, dan buku-buku anak-anak.
  4. BookBoon (https://bookboon.com/): Menyediakan e-book gratis dan legal dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, teknologi, dan ilmu sosial.
  5. Free-eBooks (https://www.free-ebooks.net/): Menyediakan akses ke lebih dari 4.000 buku gratis dan legal dalam berbagai genre, termasuk fiksi, nonfiksi, dan buku-buku akademis.
  6. Google Books (https://books.google.com/): Menyediakan akses ke jutaan buku gratis dan legal yang dapat dibaca secara online atau diunduh dalam format PDF.
  7. Smashwords (https://www.smashwords.com/): Menyediakan ribuan e-book gratis dan legal dalam berbagai genre, termasuk fiksi, nonfiksi, dan buku-buku anak-anak.
  8. Oapen Access (https://www.oapen.org/home), Selain menyediakan berbagai macam electronic books yang bisa anda download, situs ini juga menyediakan layanan untuk penerbit, perpustakaan, dan penyandang dana penelitian di berbagai bidang digital.
  9. Literature (https://literature.org/), Situs ini berisi berbagai macam buku digital mulai dari yang cetakan dibawah tahun 1990 hingga buku buku terbaru yang telah terbit.
  10. Internet Archive (https://archive.org/details/texts) Melalui situs internet archive ini anda juga bisa menemukan lebih dari 20.000.000 buku dan teks yang dapat diunduh secara gratis. Ada juga koleksi 2,3 juta e Books modern yang dapat dipinjam oleh siapa saja yang memiliki akun di archive.org.

Ingatlah bahwa beberapa buku mungkin memiliki “lisensi yang berbeda”, sehingga pastikan untuk selalu “memeriksa” ketentuan penggunaan sebelum mengunduh e-book.

Kelebihan dan Kekurangan E Book

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diketahui mengenai e-book.

Keunggulan:

  • Kemudahan Akses

E-book memungkinkan kita untuk membaca buku kapan saja dan di mana saja hanya dengan menggunakan perangkat elektronik yang sudah kita miliki, seperti smartphone atau tablet.

  • Kemudahan Penyimpanan

E-book tidak memerlukan ruang fisik yang besar untuk disimpan, karena buku-buku tersebut tersimpan dalam format digital di perangkat kita.

  • HargaRelatif Lebih Murah

Harga E-book biasanya lebih murah daripada buku cetak, dan dalam beberapa kasus, bahkan gratis.

  • Memiliki Fitur Interaktif

E-book juga dapat memiliki fitur interaktif seperti penanda halaman, pencarian kata kunci, atau tautan ke situs web lain.

  • Pembaruan Informasi yang Mudah

Jika ada pembaruan atau revisi pada isi buku, e-book dapat diperbarui secara mudah dan cepat, sehingga pembaca akan mendapatkan informasi terbaru.

Kelemahan:

Selain beberapa kelebihan kelebihan electronic book yang telah kami ulas diatas, tentunya ada juga berbagai macam kekurangannya. Berikut untuk kelemahan e book dibandingkan dengan buku cetak biasa.

  • Keterbatasan Perangkat

Namun, perlu diingat bahwa e-book hanya dapat dibaca di perangkat yang mendukung format e-book yang kita miliki. Beberapa perangkat mungkin tidak mendukung format tertentu atau memiliki layar yang terlalu kecil untuk membaca buku dengan nyaman.

  • Hak Cipta

Sama seperti buku cetak, e-book juga dilindungi oleh hak cipta sehingga tidak semua e book bisa kita download secara gratis. Selain itu kita juga harus selalu memperhatikan aturan dan ketentuan penggunaan sebelum membagikan atau menyalin e-book.

  • Kurangnya Kesan Membaca Buku

E-book tidak memberikan rasa fisik seperti pada buku cetak, seperti aroma kertas, tekstur halaman, dan berat buku. Hal ini dapat membuat pengalaman membaca kurang memuaskan bagi sebagian orang.

  • Keterbatasan Daya Tahan Perangkat

Perangkat e-book memerlukan daya baterai yang terbatas, sehingga memungkinkan pembaca hanya dapat membaca dalam jangka waktu tertentu sebelum perangkat perlu diisi ulang. Sedangkan buku cetak tidak memiliki keterbatasan ini.

  • Keterbatasan Tampilan

Meskipun teknologi layar e-ink telah berkembang pesat, tampilan e-book masih kurang nyaman dibandingkan buku cetak dalam beberapa kondisi tertentu, seperti saat membaca di bawah sinar matahari langsung atau dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

  • Ketergantungan pada Gadget

E-book memerlukan perangkat elektronik untuk dapat dibaca, sehingga pengalaman membaca tergantung pada kondisi perangkat tersebut. Jika perangkat mengalami kerusakan atau tidak dapat diakses, maka pembaca tidak dapat membaca e-book.

  • Resiko Keamanan

E-book dapat memiliki resiko keamanan seperti virus atau malware yang dapat merusak perangkat pembaca dan mengakses data pribadi.

  • Keterbatasan Format

Beberapa e-book hanya dapat dibaca pada perangkat tertentu atau dalam format tertentu, sehingga pengguna harus memastikan perangkat dan format yang sesuai untuk membaca e-book.

  • Keterbatasan Kepemilikan

Pembelian e-book biasanya berupa lisensi untuk mengakses konten digital tersebut, bukan kepemilikan fisik seperti pada buku cetak. Hal ini dapat membatasi hak pemilik e-book dalam menggunakannya, seperti tidak dapat meminjamkan atau menjualnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa meskipun electronic books memiliki banyak kelebihan, namun juga memiliki beberapa kelemahan dibandingkan buku cetak biasa. Oleh karena itu, beberapa orang masih lebih memilih buku cetak sebagai media bacaan mereka.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *