Vibro Rollers: Pengertian, Fungsi, Varian, Harga Sewa

7 min read

Selamat datang di panduan kami mengenai alat berat vibro roller atau sering dikenal juga dengan istilah vibratory rollers. Kami akan memberikan penjelasan lengkap tentang alat ini agar Anda dapat memahami dan menggunakan vibro roller dengan tepat dalam semua proyek konstruksi di Indonesia.

Vibro roller adalah salah satu jenis alat berat yang paling dikenal dalam industri konstruksi. Alat ini memiliki fungsi utama dalam memadatkan tanah dan jalan agar sesuai dengan standar pemadatan yang ditetapkan.

Dalam panduan ini, Tekniksipil.id akan membahas segala hal tentang vibro roller mulai dari apa itu vibro roller, fungsi, kapasitas, cara kerja, harga sewa, hingga tips memilih vibro roller yang tepat untuk proyek konstruksi Anda.

Dengan membaca panduan ini, Anda akan memperoleh pemahaman yang jelas mengenai vibratory roller dan cara penggunaannya, termasuk langkah-langkah untuk perawatan dan pemeliharaan serta tindakan keamanan dan keselamatan yang perlu diambil saat menggunakan alat ini.

Selamat membaca dan mari mulai mempelajari panduan lengkap alat berat vibratory roller bersama kami!

Apa Itu Vibro Roller?

Vibro Roller
Gambar vibro roller

Vibro roller adalah jenis alat berat yang memiliki roda dan dipasangi getaran yang dapat membantu dalam melaksanakan proyek konstruksi. Getaran yang dihasilkan oleh vibro roller berfungsi untuk memadatkan berbagai jenis permukaan, seperti tanah, aspal, dan beton.

Fungsi utama dari vibro roller adalah memadatkan permukaan jalan dan tanah agar lebih padat dan stabil. Pada saat melaksanakan proyek konstruksi, vibratory roller juga dapat membantu dalam meratakan permukaan tanah dan membuat permukaan jalan menjadi lebih rata.

vibratory roller dapat digunakan pada berbagai jenis proyek konstruksi, seperti pembangunan jalan raya, jalan tol, lapangan, dan area parkir. Dalam proses pembangunan gedung, vibro roller dapat digunakan untuk memadatkan tanah dan meratakan permukaan tanah yang akan dijadikan landasan bangunan.

Secara umum, vibratory roller adalah alat berat yang sangat berguna dalam melaksanakan berbagai jenis proyek konstruksi. Dalam memilih vibro roller yang tepat, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor, seperti ukuran proyek, tipe permukaan, dan kapasitas vibro roller yang diperlukan.

Fungsi Vibro Roller

Vibratory atau vibro Roller adalah alat berat yang memiliki banyak fungsi dalam proyek konstruksi. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari Vibro Roller:

  • Pemadatan Tanah: Vibro Roller digunakan untuk meratakan dan memadatkan tanah, membuat tanah menjadi lebih padat dan stabil.
  • Pemadatan Jalan: Vibro Roller dapat diaplikasikan pada berbagai jenis jalan, membuat jalan menjadi lebih padat dan tahan lama.
  • Penghalusan Permukaan: Vibro Roller mampu menghaluskan permukaan jalan dan meminimalkan potensi kerusakan.
  • Pembuatan Landasan: Vibro Roller dapat digunakan untuk membuat landasan yang ramping dan stabil.
  • Memadatkan Pekerjaan Konstruksi: Vibro Roller juga berguna membantu memadatkan pondasi rumah dan struktur beton lainnya.

Dalam proyek konstruksi, Vibro Roller menjadi alat yang sangat penting dan berguna dalam melakukan perataan dan pemadatan. Tanpa alat ini, proyek konstruksi dapat menyebabkan kendala dalam pelaksanaan dan memakan waktu lebih lama.

Kapasitas Vibro Roller

Kami menyediakan berbagai macam kapasitas vibro roller untuk memenuhi kebutuhan proyek konstruksi Anda di Indonesia. Mulai dari 1 ton, 3 ton, 6 ton, 8 ton, 10 ton, 12 ton, 20 ton hingga 25 ton, kami memiliki beragam pilihan untuk membantu Anda memilih yang paling sesuai.

Untuk proyek kecil seperti pondasi rumah atau proyek kecil lainnya, vibro roller dengan kapasitas 1-3 ton dapat menjadi pilihan yang tepat. Sementara itu, proyek yang lebih besar seperti proyek Jalan Tol membutuhkan vibro roller dengan kapasitas hingga 25 ton.

Kapasitas Vibro Roller Deskripsi
1-3 Ton Dapat digunakan untuk proyek pondasi rumah atau proyek kecil lainnya.
6-10 Ton Cocok untuk proyek jalan beraspal atau beton.
12-25 Ton Dapat digunakan untuk memadatkan tanah dan konstruksi jalan tol.

Pilihlah vibro roller yang sesuai dengan jenis proyek Anda agar pemadatan tanah dapat dilakukan dengan optimal dan efisien.

Cara Kerja Vibro Roller

vibro roller adalah

Vibratory roller adalah alat berat yang digunakan untuk pemadatan tanah pada proyek konstruksi. Setiap vibro roller harus digunakan dengan benar agar memberikan hasil pemadatan yang maksimal. Berikut adalah langkah-langkah cara kerja vibro roller yang harus dipahami sebelum menggunakan alat ini:

  1. Pastikan area kerja telah dibersihkan dari benda-benda asing seperti batu dan batang besi yang dapat merusak mesin vibro roller.
  2. Pilih vibro roller yang sesuai dengan kapasitas dan jenis material yang akan dipadatkan. Ukuran dan bobot vibratory roller perlu dipertimbangkan untuk memastikan keamanan dan keseimbangan selama pengoperasian.
  3. Perhatikan kondisi tanah yang akan dipadatkan. Pada tanah yang lebih lembut, vibratory roller harus bergerak dengan kecepatan yang lebih lambat sedangkan pada tanah yang lebih padat, vibro roller dapat digunakan pada kecepatan yang lebih tinggi.
  4. Pilih frekuensi dan amplitudo yang sesuai dengan jenis tanah. Frekuensi dan amplitudo yang berbeda bisa digunakan untuk berbagai jenis tanah.
  5. Pastikan bahwa plat di bawah mesin berada pada posisi yang tepat dan lurus dengan permukaan tanah. Kemiringan yang tidak tepat pada plat mesin dapat mengurangi efektivitas pemadatan.
  6. Mulai mesin vibratory roller dan mulai bergerak maju ke depan pada arah yang telah dipilih. Daur ulang gerakan maju dan mundur untuk memastikan pemadatan yang merata di seluruh area.
  7. Setelah selesai bekerja, matikan mesin vibro roller dan bersihkan alat dari debu dan kotoran.

Harga Sewa Vibro Roller Terbaru

Jika Anda ingin menyewa vibro roller untuk proyek konstruksi Anda, tentu saja Anda perlu mengetahui kisaran harga sewa dari alat ini. Harga sewa vibro roller terbaru 2024 dapat bervariasi dari satu daerah ke daerah lain dan tergantung pada banyak faktor. Faktor yang mempengaruhi harga antara lain adalah:

  • Merk dan Tipe vibratory Roller
  • Kapasitas Vibro Roller
  • Lama Sewa
  • Lokasi Proyek Konstruksi

Untuk memberikan gambaran kisaran berapa harga sewa vibratory roller, kami telah melakukan survei harga di berbagai wilayah di Indonesia. Berikut adalah daftar harga sewa vibro roller per jam dalam rupiah:

Kapasitas Durasi Harga Sewa Unit
Vibro 8 Ton Per jam Rp 160,000
Vibro 10 Ton Per jam Rp 165,000
Vibro 12 Ton Per jam Rp 170.000
Vibro Sheep Foot Per jam Rp 187.000
Vibro Sakai SV91 Per jam Rp 167.000
Vibro Sakai SV500 Per jam Rp 167.000
Vibro Sakai SV510 Per jam Rp 167.000
Vibro Sakai SV512 Per jam Rp 167.000
Vibro Sakai SV512 Per jam Rp 187.000

Keterangan:

  • Harga diatas hanya bersifat kisaran, jadi pasti terdapat selisih di tiap tiap kota.
  • Nominal harga diatas biasanya belum termasuk PPN dan PPH
  • Pihak penyewa masih harus menyiapkan anggaran untuk koordinasi lapangan
  • Harga tersebut belum include biaya makan operator dan bahan bakar (solar)
  • Umumnya nominal harga diatas juga belum include mobilisasi maupun demobilisasi alat berat

Dari data di atas, terlihat bahwa harga sewa vibro roller terbaru 2024 pada tipe dan kapasitas yang berbeda-beda dapat bervariasi. Oleh karena itu, sebelum menyewa vibratory roller, pastikan Anda melakukan survei harga di daerah Anda untuk mendapatkan harga yang lebih akurat.

Tips Memilih Vibro Roller yang Tepat

Memilih vibratory roller yang tepat sangat penting dalam memastikan keberhasilan proyek konstruksi Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih vibro roller yang sesuai dengan kebutuhan:

  • Pertimbangkan Tipe Kelongsong

Pertimbangkan jenis kelongsong vibro roller yang Anda butuhkan, apakah single drum atau tandem drum. Single drum biasanya lebih efektif untuk tanah yang lembut atau tidak terlalu padat, sedangkan tandem drum lebih cocok untuk tanah yang lebih padat dan keras.

  • Kapasitas yang Dibutuhkan
Kapasitas Kegunaan
1-3 ton Pemadatan yang akurat pada area kecil atau sempit
6-8 ton Untuk proyek konstruksi sedang
10-25 ton Untuk proyek konstruksi yang lebih besar

Pilihlah kapasitas vibro roller yang sesuai dengan ukuran proyek konstruksi Anda. Kapasitas yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mempengaruhi efisiensi dan efektivitas dalam melakukan pemadatan.

  • Periksa Sistem Navigasi

Sebuah sistem navigasi yang tepat dapat membantu Anda dalam melakukan pemadatan yang akurat dan konsisten. Pastikan vibro roller yang akan dipilih sudah dilengkapi dengan sistem navigasi yang baik untuk menghindari kesalahan atau ketidakakuratan dalam pemadatan.

  • Pilih Merek Terpercaya

Pilihlah merek vibro roller yang sudah terkenal dan terbukti kualitasnya. Merek yang terpercaya biasanya memiliki layanan purna jual yang baik, termasuk dukungan teknis dan perawatan mesin.

Dengan karateristik di atas, Anda dapat memilih vibro roller yang tepat untuk memastikan keberhasilan proyek konstruksi Anda.

Keunggulan Vibro Roller

Ketika datang ke alat pemadat tanah, vibratory roller merupakan pilihan yang sangat populer dan efektif di Indonesia.

Vibro roller memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan alat pemadat tanah lainnya.

  • Pemadatan yang optimal: Vibro roller dapat mencapai pemadatan yang lebih baik dibandingkan dengan alat pemadat tanah lainnya. Hal ini dikarenakan vibrasi yang dihasilkan oleh alat ini memungkinkan pemadatan tanah secara lebih merata dan efektif.
  • Efisiensi waktu: Dalam sebagian besar kasus, penggunaan vibro roller dapat mempercepat proses pemadatan tanah dan memberikan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat.
  • Berbagai ukuran dan kapasitas: Vibro roller tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas, mulai dari 1 ton hingga 25 ton. Ini berarti, Anda dapat memilih alat yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan proyek konstruksi Anda.
  • Mudah digunakan: Vibro roller mudah digunakan dan dioperasikan dengan baik oleh operator yang telah terlatih. Operator dapat menghasilkan hasil pemadatan yang optimal dengan cepat dan efisien.

Jadi, tidak mengherankan jika vibro roller menjadi pilihan utama bagi banyak kontraktor di Indonesia.

Perawatan dan Pemeliharaan Vibratory Roller

Vibro roller adalah alat berat yang dapat digunakan untuk pemadatan tanah dan konstruksi jalan yang efektif. Untuk memastikan vibro roller selalu digunakan dalam kondisi optimal, perlu dilakukan perawatan dan pemeliharaan secara teratur. Pemeliharaan rutin membantu meningkatkan masa pakai vibro roller Anda dan meminimalkan biaya perbaikan pasca penggunaan.

Berikut ini panduan perawatan dan pemeliharaan vibro roller yang harus dilakukan setiap kali penggunaan:

  1. Periksa kondisi vibratory roller secara menyeluruh setelah penggunaan selesai, pastikan tidak ada kerusakan pada alat.
  2. Bersihkan sisa material yang menempel pada vibratory roller, termasuk air dan lumpur yang mungkin menempel pada alat.
  3. Perhatikan sistem pendingin mesin vibratory roller, bersihkan radiator dan pastikan semua saluran udara tidak tersumbat. Sistem pendingin yang ideal akan membantu meningkatkan kinerja mesin.
  4. Periksa semua sistem, termasuk sistem hidraulik, sistem transmisi, dan sistem pengereman. Pastikan bahwa tidak ada kebocoran pada sistem tersebut.
  5. Periksa kondisi ban vibratory roller dan tekanan udara di dalam ban. Tekanan udara yang tidak sesuai dapat membuat vibratory roller sulit untuk digerakkan, sementara ban yang kempes dapat merusak permukaan jalan yang sedang dibangun.
  6. Sebelum penggunaan vibratory roller, pastikan bahwa semua sistem berfungsi dengan baik, termasuk lampu, klakson, dan rem.

Dalam melakukan perawatan rutin pada vibro roller, perlu juga memperhatikan penggunaan suku cadang yang terbaik dan hanya membeli dari pemasok yang terpercaya. Menjaga mesin dalam kondisi optimal akan membantu memperpanjang masa pakai vibro roller dan meminimalkan biaya perbaikan.

Memperhatikan perawatan dan pemeliharaan vibro roller secara teratur akan membantu meningkatkan efisiensi dan kinerja dalam proyek konstruksi Anda. Selain itu, berinvestasi dalam perawatan dan pemeliharaan rutin juga berguna dalam merawat aset bisnis Anda. Pastikan vibro roller Anda tetap dalam kondisi prima setiap kali digunakan.

Keamanan dan Keselamatan Penggunaan Vibratory Roller

gambar vibro roller
Contoh gambar vibro roller

Keamanan dan keselamatan adalah prioritas penting bagi kami dalam penggunaan vibro roller. Sebagai alat berat yang digunakan untuk pemadatan tanah dan jalan, kecenderungan untuk terjadinya kecelakaan sangatlah tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan pencegahan yang harus dilakukan sebelum, selama, dan setelah penggunaan vibro roller.

  • Perlengkapan Keselamatan

Persiapkan diri dengan lengkap sebelum menggunakan vibro roller. Pastikan Anda menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm, sepatu boot yang kokoh, sarung tangan, dan kacamata safety. Memakai pakaian seragam kerja juga diperlukan untuk memudahkan pengguna dalam identifikasi penanganan bencana yang terjadi selama proses kerja.

  • Penempatan dan Pemasangan

Pastikan Anda menempatkan vibratory roller pada tempat yang datar dan stabil sebelum menjalankan mesin. Jangan sampai Anda melakukan tindakan yang membahayakan diri sendiri seperti menumpuk pikulan yang terlalu tinggi atau menyeimbangkan vibratory roller di atas tanah yang terlalu lembek dan tidak rata.

Jangan lupa untuk memasang sensor sebelum menjalankan mesin. Sensor ini akan membantu Anda dalam menghindari objek yang menghalangi proses kerja seperti lubang, batu, atau benda asing lainnya.

  • Pengoperasian Mesin

Selama penggunaan vibro roller, pastikan untuk menjaga kecepatan dan arah yang tepat. Hindari bergerak terlalu cepat sehingga Anda bisa dengan mudah mengendalikan mesin dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Usahakan pula untuk selalu memeriksa kondisi mesin sebelum menjalankan pekerjaan. Pastikan rem dan roda berfungsi dengan baik, serta tingkat oli dan bahan bakar mencukupi.

  • Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah selesai digunakan, bersihkan vibro roller dari kotoran dan debu yang menempel pada mesin. Periksa juga setiap komponen mesin, apakah ada yang perlu diperbaiki atau diganti. Rutin melakukan pemeliharaan dan perawatan terhadap vibro roller akan menjaga keamanan dan keselamatan penggunaan mesin.

Dalam penggunaan vibratory roller, keamanan dan keselamatan harus menjadi prioritas utama. Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan dan perawatan mesin dengan baik, setiap pekerjaan konstruksi dapat dilakukan dengan aman dan efektif.

Baca Juga Macam Macam Alat Berat Lainnya:
Tower Crane Rafter Crane
Hoist Crane Crawler Crane
Alat Berat Scraper Mobile Crane
Backhoe Loader Alat Berat Excavator

Demikianlah ulasan mengenai alat berat vibratory roller yang bisa kami ulas. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang alat berat vibro roller, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kolom komentar

Tekniksipil.id berkomitmen untuk selalu berusaha memberikan artikel yang berkualitas tinggi dan memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan proyek konstruksi Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk bertanya maupun memberikan masukan.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

2 Replies to “Vibro Rollers: Pengertian, Fungsi, Varian, Harga Sewa”

    1. Berdasarkan pengalaman di lapangan, point point vital dari perbedaan keduanya sebagai berikut kak:

      a. Vibro Roller:

      1. Memiliki getaran untuk memadatkan material tebal dan padat.
      2. Lebih mahal dan konsumsi energi lebih besar.
      3. Cocok untuk jalan raya, landasan pacu, dan bendungan.

      b, Tandem Roller:

      1. Tidak ada getaran, untuk permukaan rata dan halus.
      2. Lebih murah dan hemat energi.
      3. Cocok untuk jalan raya, trotoar, dan tempat parkir.

      Jadi, Pemilihan antara Vibro Roller dan Tandem Roller tergantung pada kebutuhan proyek yang sedang kakak handle ya, misalkan saja penggunaan jenis material, dan anggaran yang tersedia. Vibro Roller menawarkan keunggulan dalam pemadatan material padat, sedangkan Tandem Roller lebih stabil dan efisien pada permukaan yang datar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *