Arti Kata ‘Usah’ Menurut KBBI Sinonim dan Contoh Penggunaan

4 min read

⏩Temukan arti kata “Usah” yang benar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)⭐ Sinonim⭐ Turunan⭐ Contoh Penggunaan⭐

Dalam bahasa Indonesia, terdapat kata “usah” yang memiliki berbagai arti dan penggunaan yang berbeda-beda. Melalui artikel ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan secara detail arti dari kata “usah” dan bagaimana kata tersebut digunakan dalam kalimat.

Selain itu, kita juga akan melihat sinonim dan persamaan kata “usah” serta contoh penggunaannya dalam berbagai konteks kalimat. Langsung saja teman teman simak ulasannya.

Arti Usah

usah adalah

Kata “usah” adalah bentuk singkatan atau penyingkatan dari kata “usahlah” atau “usahilah”. Secara gramatikal, usah adalah bentuk imperatif dari kata kerja “usaha”. Dalam konteks ini, kata “usah” digunakan sebagai bentuk perintah atau saran kepada seseorang untuk tidak melakukan atau tidak memerlukan sesuatu.

Nah, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “usah” tuh punya beberapa arti yang berbeda, lho!

Pertama, “usah” sebagai kata kerja. Maknanya kira-kira kayak “perlu” gitu deh. Misalnya, ada kalimat “Tak usah, perkara makanan tidak usah dikatakan lagi.” Artinya, gak perlu lagi ngomongin soal makanan itu.

Terus, “usah” juga bisa dipakai sebagai kata jangan. Contohnya kayak gini, “Sebab itu, pulanglah engkau, jangan merintangi aku berangkat.” Jadi, artinya, lebih baik kamu pulang, jangan menghalangi aku pergi.

Nah, yang kedua, ada kata “usahkan” juga. Ini biasanya digunakan untuk nunjukin sesuatu yang lebih susah dilakukan daripada yang lain. Misalnya, “Usahkan menyilakan duduk, menegur pun tidak.” Jadi, artinya, lebih susah lagi buat nunjukin orang untuk duduk, bahkan sampai ngomong juga nggak mau.

Terus, “usahkan” juga bisa artinya daripada. Misalnya, “Usahkan belajar, pergilah ia menonton bioskop.” Artinya, lebih baik dia belajar daripada pergi nonton bioskop.

Jadi gitu deh, ada beberapa makna yang bisa kita temuin dari kata “usah” dan “usahkan” ini.

1. Arti kata “usah” sebagai sebuah homonim:

Dalam konteks homonim, kata “usah” memiliki arti yang berbeda tergantung pada pengucapannya. Terdapat dua pengucapan yang lazim digunakan, yaitu “usah” dan “usah”.

Contoh:
a. “Usah” (/usah/) dengan arti “usaha” atau “berusaha”.
“Dia harus usah lebih keras untuk mencapai tujuannya.”

b. “Usah” (/usah/) dengan arti “tidak usah” atau “jangan”.
“Usah dengarkan omongannya, dia hanya berbicara omong kosong.”

2. Arti kata “usah” dalam kelas verba (kata kerja):

Dalam kelas verba, “usah” (/usah/) adalah bentuk imperatif dari kata kerja “usaha” yang mengandung arti “berusaha” atau “berupaya”.

Contoh:
“Usah menyerah, teruslah berjuang untuk meraih impianmu.”

3. Arti kata “usah” dalam bentuk turunan kata:

Terdapat beberapa bentuk turunan kata dari kata “usaha” yang dapat memberikan makna yang lebih khusus. Salah satu bentuk turunannya adalah “berusaha” yang berarti “melakukan upaya”.

Contoh:
“Dia sedang berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dalam bahasa Inggris.”

Contoh penggunaan kata “usah” dalam kalimat adalah sebagai berikut:

  • “Tidak usah khawatir, semuanya akan baik-baik saja.” – Artinya adalah tidak perlu merasa khawatir karena semuanya akan berjalan dengan baik. Dalam hal ini, kata “usah” digunakan untuk menyarankan agar seseorang tidak membuang energi dan perasaan khawatir karena tidak diperlukan.
  • “Usah berlama-lama di luar, cuaca sedang tidak baik.” – Artinya adalah jangan berlama-lama di luar karena cuaca sedang tidak baik. Kata “usah” di sini digunakan untuk memberikan perintah agar seseorang tidak melakukan suatu tindakan yang tidak diinginkan atau tidak diperlukan.

Dalam kedua contoh tersebut, kata “usah” digunakan untuk mengungkapkan saran atau perintah yang mengarahkan agar seseorang tidak melakukan sesuatu.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata usah menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti yang sama dengan kata “perlu”.

Sinonim Kata Usah

Melalui tabel dibawah ini anda bisa melihat 10 sinonim kata “usah” beserta contoh penggunaan dalam kalimat. Sinonim-sinonim tersebut dapat digunakan untuk memberikan instruksi atau saran kepada seseorang untuk tidak melakukan sesuatu atau tidak memerlukan sesuatu.

Sinonim Contoh Kalimat
Tak perlu “Tak perlu khawatir, semuanya akan baik-baik saja.”
Jangan “Jangan terlalu banyak bicara, dengarkan dulu pendapat orang lain.”
Tidak usah “Tidak usah repot-repot, saya sudah menyiapkan semuanya.”
Hindarilah “Hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak.”
Elakkan “Elakkan dari pergaulan yang buruk.”
Abaikan “Abaikan komentar negatif dari orang lain dan tetap fokus.”
Tinggalkan “Tinggalkan kebiasaan buruk yang tidak berguna.”
Hentikan “Hentikan kebiasaan merokok sekarang juga.”
Cukuplah “Cukuplah dengan apa yang sudah kamu miliki saat ini.”
Tinggallah “Tinggallah di rumah jika kamu merasa tidak perlu pergi.”

Contoh Penggunaan Kata Usah

Berikut adalah sepuluh contoh penggunaan kata ‘usah’ yang berarti “perlu” dalam berbagai konteks kalimat:

  1. “Kamu usah mencari tahu tentang acara itu sebelum datang.” – Artinya adalah kamu perlu mencari tahu tentang acara tersebut sebelum datang agar bisa lebih siap.
  2. “Usah lupa membawa payung, cuaca sedang tidak menentu.” – Artinya adalah jangan perlu lupa membawa payung karena cuaca sedang tidak menentu.
  3. “Usah buru-buru, masih ada banyak waktu.” – Artinya adalah tidak perlu buru-buru karena masih ada banyak waktu.
  4. “Usah ragu untuk mengungkapkan pendapatmu di depan publik.” – Artinya adalah jangan perlu ragu untuk mengungkapkan pendapatmu di depan publik.
  5. “Usah berlebihan dalam penggunaan listrik, kita harus hemat energi.” – Artinya adalah tidak perlu berlebihan dalam penggunaan listrik karena kita perlu hemat energi.
  6. “Usah khawatir, saya akan mengurus semuanya.” – Artinya adalah tidak perlu khawatir karena saya akan mengurus semuanya.
  7. “Usah berdebat dengan dia, itu hanya akan membuang waktu.” – Artinya adalah tidak perlu berdebat dengan dia karena itu hanya akan membuang waktu.
  8. “Usah menunggu lama-lama, bus akan datang sebentar lagi.” – Artinya adalah tidak perlu menunggu lama-lama karena bus akan datang sebentar lagi.
  9. “Usah malu untuk meminta bantuan jika kamu membutuhkannya.” – Artinya adalah jangan perlu malu untuk meminta bantuan jika kamu membutuhkannya.
  10. “Usah terlalu keras mengkritik, beri masukan yang membangun.” – Artinya adalah tidak perlu terlalu keras mengkritik, tapi beri masukan yang membangun.

Dalam contoh-contoh tersebut, kata ‘usah’ digunakan untuk mengungkapkan bahwa suatu tindakan atau sikap tidak perlu dilakukan atau perlu dilakukan dalam situasi tertentu.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) tentang arti kata ‘usah’ beserta jawabannya:

Pertanyaan: Apa arti kata ‘usah’?
Jawaban: ‘Usah’ adalah bentuk singkatan atau penyingkatan dari kata ‘usaha’. Dalam konteks yang umum, ‘usah’ digunakan sebagai bentuk perintah atau saran kepada seseorang untuk tidak melakukan atau tidak memerlukan sesuatu.

Pertanyaan: Apa perbedaan antara ‘usah’ dan ‘usaha’?
Jawaban: ‘Usah’ adalah bentuk imperatif dari kata kerja ‘usaha’. Arti dasar keduanya sama, yaitu berusaha, tetapi ‘usah’ lebih sering digunakan dalam konteks memberikan instruksi atau saran kepada orang lain.

Pertanyaan: Bagaimana penggunaan kata ‘usah’ dalam kalimat?
Jawaban: Kata ‘usah’ dapat digunakan dalam kalimat untuk memberikan perintah atau saran kepada orang lain untuk tidak melakukan atau tidak memerlukan sesuatu. Contohnya, “Usah khawatir, semuanya akan baik-baik saja.”

Pertanyaan: Apa sinonim kata ‘usah’?
Jawaban: Beberapa sinonim kata ‘usah’ antara lain: tak perlu, jangan, tidak usah, hindarilah, elakkan, abaikan, tinggalkan, hentikan, cukuplah, tinggallah. Sinonim-sinonim ini memiliki arti yang mirip dengan ‘usah’ dalam konteks memberikan instruksi atau saran.

Pertanyaan: Apa arti ‘usah’ dalam konteks homonim?
Jawaban: Dalam konteks homonim, ‘usah’ memiliki arti yang berbeda tergantung pada pengucapannya. Misalnya, ‘usah’ (/usah/) bisa berarti ‘usaha’ atau ‘berusaha’, sedangkan ‘usah’ (/usah/) bisa berarti ‘tidak usah’ atau ‘jangan’.

Demikianlah serangkaian informasi mengenai arti kata usah menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) yang bisa Tekniksipil ulas untuk teman teman semua. Pastikan kalian mempelajarinya dengan baik dan benar agar tidak mengalami kesalahan saat menggunakannya,

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *