TeknikSipil.id
  • About Us
  • Contact
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Home
  • BIM & Geoteknik
  • Desain
  • K3 Proyek
  • Kamus Sipil
  • Konstruksi
  • News
  • Struktur
No Result
View All Result
  • Home
  • BIM & Geoteknik
  • Desain
  • K3 Proyek
  • Kamus Sipil
  • Konstruksi
  • News
  • Struktur
No Result
View All Result
TeknikSipil.id
No Result
View All Result
Home News

Kalbar Siapkan Jalan Tol 90 KM dari Pontianak Hingga Ibu Kota Baru!

Kalimantan, Kementerian PUPR tengah fokus untuk menggarap pembangunan jalan tol di Kalimantan Barat yang direncanakan akan membentang sepanjang 90 km, menghubungkan Pontianak hingga Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah.

Jalan tol ini sedang berada dalam tahap studi kelayakan dan analisis dampak lingkungan yang dilakukan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Proyek ini memiliki tujuan mulia untuk mengurangi kemacetan di Pontianak, memberikan aksesibilitas yang lebih baik, serta mendukung konektivitas menuju Pelabuhan Kijing.

Progres proyek ini telah mencapai tahap studi kelayakan atau visibility study serta analisis dampak lingkungan atau Amdal yang dilakukan oleh BPJT.

ilustrasi Jalan Tol 90 KM Pontianak
Foto ilustrasi Jalan Tol 90 KM Pontianak

Langkah selanjutnya adalah melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk memastikan kelancaran proses pelelangan proyek ini. Studi kelayakan tersebut akan menjadi panduan dalam proses pembebasan lahan yang akan dilakukan agar proyek ini dapat segera terealisasi.

Pembangunan jalan tol ini juga merespon permintaan dari Ketua Komisi V DPR RI, Lazarus, yang mengusulkan pembangunan ruas jalan tol dari Pontianak menuju Pelabuhan Kijing, dan bahkan akan terhubung ke Ibu kota baru (IKN).

Permintaan ini sejalan dengan upaya untuk mengembangkan infrastruktur di Kalimantan Barat dan mendukung konektivitas antarwilayah. Selain itu, pembangunan jalan tol ini akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian dan mobilitas masyarakat.

Selain proyek jalan tol menuju Pelabuhan Kijing, Kalimantan Barat juga tengah mengusulkan pembangunan jalan tol lainnya, seperti dari Palangkaraya ke Singkawang, dan dari Pontianak ke Balikpapan hingga ke Ibukota Nusantara, Indonesia Knowledge Network (IKN). Hal ini bertujuan agar masyarakat Kalimantan dapat dengan mudah mengakses IKN tanpa harus transit di Jakarta, mengurangi ketergantungan pada penerbangan ke IKN.

Di sisi lain, proyek-proyek jalan tol di IKN sendiri telah mencapai tahap signifikan. Dalam tahap pertama, tiga seksi jalan tol, yaitu seksi 3A Karangjowang-KKT Kariangau (13,4 km), seksi 3B KKT Kariano-Simpang Tempadung (7,3 km), dan seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang (6,7 km), ditargetkan akan rampung dan fungsional pada Juli 2024.

Sementara itu, rencana pengembangan jalan tol lainnya, seperti seksi 6 Arigo dan seksi 6B Rencana Outer Ring Road IKN, juga sudah masuk dalam tahap perencanaan.

Provinsi Kalimantan Barat menjadi provinsi kedua di Pulau Kalimantan yang akan memiliki jalan tol, setelah ruas Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur. Jalan tol Balikpapan-Samarinda yang beroperasi sejak 2019 memberikan dorongan positif terhadap konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Pelajari Juga Informasi Terkait Lainnya :
Apa itu BIM? Apa itu Konstruksi?
Apa itu Formwork? Apa itu Batching Plant?

Dengan adanya pembangunan jalan tol ini, diharapkan akan terjadi perubahan signifikan dalam mobilitas dan konektivitas di Kalimantan Barat. Masyarakat setempat akan merasakan manfaatnya dengan akses yang lebih cepat dan lancar, sementara perekonomian daerah juga diharapkan semakin berkembang.

Sebagai langkah strategis dalam pembangunan infrastruktur, proyek jalan tol ini menjadi tonggak penting dalam mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat.

Tags: Jalan TolKementrian PUPR
Share589Tweet368SendShareShare103
Azka

Azka

BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Related Posts

Proyek Tol Betung–Tempino–Jambi

Proyek Tol Betung–Tempino–Jambi Dikebut, Ribuan Pekerja HK Terserap dan Ekonomi Daerah Bergerak

April 15, 2025
tkdn 2025

Pengusaha Konstruksi Cemas TKDN Dilonggarkan, Industri Dalam Negeri Terancam Banjir Impor

April 15, 2025
adhi karya 2025

Pendapatan Anjlok, Laba Adhi Karya Justru Tumbuh Hampir 18 Persen di 2024

April 12, 2025
laba jaya konstruksi 2025

Laba Jaya Konstruksi Menyusut 21,5 Persen di 2024, Pendapatan Ikut Tergerus

April 12, 2025
waskita beton 2025

Pendapatan Waskita Beton Tumbuh Hampir 20 Persen di awal 2025, Proyek Eksternal Kian Dominan

April 12, 2025
Schneider Electric

Schneider Electric Siapkan 50.000 Data Produk untuk Dorong Konstruksi Ramah Lingkungan

April 12, 2025
Next Post
foto resmi kementrian PUPR dan finlandia

Kementerian PUPR Terbuka untuk Kolaborasi dengan Finlandia dalam Mewujudkan Smart City di IKN

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

TeknikSipil.id

Tekniksipil.id merupakan media konstruksi bangunan Indonesia yang hadir dengan tujuan menyajikan pandangan yang lebih mendalam untuk memperluas pemahaman tentang perkembangan infrastruktur, transportasi, pembangunan, dan keselamatan di Indonesia.

Categories

  • Alat Berat
  • Analisis Struktur
  • BIM & Geoteknik
  • Desain
  • Hiburan
  • Hutan dan Lingkungan
  • K3 Proyek
  • Kamus Sipil
  • Kelistrikan
  • Material Bangunan
  • News
  • Piping dan Hidrologi
  • Proyek Konstruksi
  • Standar Pengukuran
  • Wawasan Umum
July 2025
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
« Jun    
No Result
View All Result
  • Home
  • BIM & Geoteknik
  • Desain
  • K3 Proyek
  • Kamus Sipil
  • Konstruksi
  • News
  • Struktur

© 2024 Media Konstruksi Indonesia -