Tarif Tol Mojokerto-Kertosono 2024: Siap-siap Berkendara Nyaman

4 min read

Tarif tol mojokerto kertosono – Tarif Tol Mojokerto-Kertosono 2024 telah resmi ditetapkan, siap memberikan kemudahan dan kenyamanan berkendara bagi masyarakat yang melintas di jalur sepanjang 40,50 kilometer ini. Tol yang dikelola oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk ini akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih efisien dan cepat.

Dengan adanya tarif tol yang baru, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Mojokerto dan sekitarnya, sekaligus meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antar daerah.

Informasi Umum Tarif Tol Mojokerto-Kertosono

Tarif tol mojokerto kertosono

Jalan Tol Mojokerto-Kertosono merupakan ruas tol yang menghubungkan Mojokerto, Jawa Timur dengan Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur. Jalan tol ini memiliki panjang sekitar 40,5 kilometer dan dikelola oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Tarif Tol

Tarif Tol Mojokerto-Kertosono bervariasi tergantung jenis kendaraan dan golongan.

  • Golongan I (Kendaraan roda dua, roda tiga, dan angkutan penumpang dengan jumlah berat yang diperbolehkan sampai dengan 3,5 ton): Rp 12.000
  • Golongan II (Kendaraan roda empat atau lebih dengan jumlah berat yang diperbolehkan sampai dengan 3,5 ton): Rp 16.000
  • Golongan III (Kendaraan roda empat atau lebih dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3,5 ton sampai dengan 10 ton): Rp 24.000
  • Golongan IV (Kendaraan roda empat atau lebih dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 10 ton sampai dengan 20 ton): Rp 32.000
  • Golongan V (Kendaraan roda empat atau lebih dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 20 ton): Rp 40.000

Sistem Pembayaran

Pembayaran tol dapat dilakukan secara tunai atau menggunakan kartu uang elektronik.

Tarif tol ruas Mojokerto-Kertosono terbaru masih menjadi perbincangan hangat. Di sisi lain, tarif tol Waru – Sidoarjo juga mengalami penyesuaian. Meski demikian, tarif tol ruas Mojokerto-Kertosono masih lebih tinggi dibandingkan dengan tol Waru – Sidoarjo. Tarif tol ruas Mojokerto-Kertosono untuk kendaraan golongan I ditetapkan sebesar Rp 1.500 per kilometer, sementara tarif tol Waru – Sidoarjo sebesar Rp 1.000 per kilometer.

Jam Operasional

Jalan Tol Mojokerto-Kertosono beroperasi 24 jam setiap hari.

Manfaat Tol

Keberadaan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono memberikan beberapa manfaat, antara lain:

  • Memperlancar arus lalu lintas dan mengurangi kemacetan
  • Meningkatkan konektivitas antar wilayah
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar

Daftar Tarif Tol Mojokerto-Kertosono 2024

Pemerintah telah menetapkan tarif terbaru untuk Tol Mojokerto-Kertosono mulai tahun 2024. Tarif ini mengalami penyesuaian dari tarif sebelumnya untuk menyesuaikan dengan biaya operasional dan pemeliharaan jalan tol.

Tarif tol Mojokerto-Kertosono telah mengalami penyesuaian. Tarif terbaru berlaku sejak 17 Maret 2023. Bagi pengguna kendaraan golongan I, tarif untuk jarak tempuh Mojokerto-Kertosono adalah Rp 25.500. Sementara itu, untuk tarif tol Warugunung-Mojokerto yang terintegrasi dengan ruas tol ini, dapat dilihat pada situs resmi . Kembali ke tarif tol Mojokerto-Kertosono, penyesuaian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan pemeliharaan jalan tol.

Tarif Tol Mojokerto-Kertosono 2024

Golongan Kendaraan Tarif Gol I Tarif Gol II Tarif Gol III Tarif Gol IV Tarif Gol V
I Rp 15.000 Rp 22.500 Rp 30.000 Rp 45.000 Rp 60.000
II Rp 22.500 Rp 33.750 Rp 45.000 Rp 67.500 Rp 90.000
III Rp 30.000 Rp 45.000 Rp 60.000 Rp 90.000 Rp 120.000
IV Rp 45.000 Rp 67.500 Rp 90.000 Rp 135.000 Rp 180.000
V Rp 60.000 Rp 90.000 Rp 120.000 Rp 180.000 Rp 240.000

Faktor yang Mempengaruhi Tarif Tol: Tarif Tol Mojokerto Kertosono

Tarif tol dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

Jarak Tempuh, Tarif tol mojokerto kertosono

Jarak tempuh merupakan faktor utama yang mempengaruhi tarif tol. Semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin tinggi tarif tol yang dikenakan. Hal ini disebabkan karena biaya pembangunan dan pemeliharaan jalan tol juga meningkat seiring dengan jarak tempuh.

Tarif tol Mojokerto-Kertosono yang berlaku saat ini berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 36.000. Tarif tersebut lebih murah dibandingkan tarif tol Waru-Malang yang mencapai Rp 56.000 untuk kendaraan golongan I. Namun, perlu diingat bahwa tarif tol Mojokerto-Kertosono masih dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Jenis Kendaraan

Jenis kendaraan juga mempengaruhi tarif tol. Kendaraan yang lebih besar dan berat, seperti truk dan bus, biasanya dikenakan tarif tol yang lebih tinggi dibandingkan kendaraan yang lebih kecil dan ringan, seperti mobil dan sepeda motor. Hal ini karena kendaraan yang lebih besar dan berat membutuhkan lebih banyak ruang di jalan tol dan berpotensi menimbulkan kerusakan yang lebih besar pada infrastruktur jalan.

Waktu Tempuh

Beberapa ruas jalan tol menerapkan sistem tarif tol berdasarkan waktu tempuh. Tarif tol akan lebih tinggi pada jam-jam sibuk, ketika lalu lintas lebih padat. Hal ini bertujuan untuk mengelola lalu lintas dan mengurangi kemacetan.

Tarif tol Mojokerto-Kertosono telah mengalami penyesuaian. Tarif baru berlaku efektif sejak 18 Januari 2023. Tarif tol untuk kendaraan Golongan I dari Mojokerto ke Kertosono kini menjadi Rp 33.000, naik dari sebelumnya Rp 30.000. Sementara itu, untuk kendaraan Golongan II-V, tarifnya menjadi Rp 49.500-Rp

134.000. Penyesuaian tarif ini sejalan dengan tarif tol Surabaya-Malang dan sebaliknya terbaru . Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan pemeliharaan jalan tol.

Cara Pembayaran Tarif Tol

Pengguna jalan tol Mojokerto-Kertosono dapat memilih berbagai metode pembayaran untuk melunasi tarif tol. Metode-metode tersebut meliputi pembayaran tunai, kartu tol, dan aplikasi pembayaran elektronik.

Tarif tol Mojokerto-Kertosono yang telah resmi diberlakukan, kini menjadi perhatian masyarakat. Sementara itu, bagi pengguna jalan yang melintas di jalur tol Karanganyar (Solo) – Ngawi, tarif tol terbaru juga telah diterapkan. Tarif baru ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kelancaran perjalanan di kedua ruas tol tersebut.

Namun, di sisi lain, tarif tol Mojokerto-Kertosono yang masih tergolong tinggi, menjadi bahan pertimbangan bagi pengguna jalan untuk memilih moda transportasi alternatif.

Pembayaran Tunai

Pembayaran tunai merupakan metode pembayaran paling umum dan dapat dilakukan di seluruh gerbang tol. Pengguna jalan tol cukup menyerahkan uang tunai sesuai nominal tarif yang tertera pada papan informasi gerbang tol.

Kartu Tol

Pengguna jalan tol juga dapat menggunakan kartu tol untuk pembayaran tarif. Kartu tol dapat dibeli dan diisi ulang di berbagai lokasi, seperti kantor cabang bank dan minimarket. Pengguna jalan tol hanya perlu menempelkan kartu tol pada mesin pembaca yang tersedia di gerbang tol.

Aplikasi Pembayaran Elektronik

Selain metode pembayaran konvensional, pengguna jalan tol juga dapat menggunakan aplikasi pembayaran elektronik untuk melunasi tarif tol. Aplikasi-aplikasi tersebut bekerja sama dengan bank dan penyedia layanan keuangan, sehingga pengguna jalan tol dapat melakukan pembayaran secara nontunai melalui ponsel pintar mereka.

Pengaruh Tarif Tol terhadap Perekonomian

Tarif tol memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian suatu daerah. Pengaruh ini dapat bersifat positif maupun negatif, tergantung pada konteks dan karakteristik daerah tersebut.

Dampak Positif

  • Meningkatkan Konektivitas dan Aksesibilitas:Tarif tol dapat mendanai pembangunan dan pemeliharaan jalan tol, yang meningkatkan konektivitas antar daerah dan mempermudah akses ke pusat ekonomi.
  • Mendorong Pertumbuhan Ekonomi:Konektivitas yang lebih baik dapat menarik investasi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan aktivitas bisnis, yang pada akhirnya mengarah pada pertumbuhan ekonomi.
  • Meningkatkan Pendapatan Pemerintah:Tarif tol dapat menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah, yang dapat digunakan untuk mendanai infrastruktur publik dan layanan sosial.

Dampak Negatif

  • Meningkatkan Biaya Transportasi:Tarif tol dapat menambah biaya transportasi bagi individu dan bisnis, yang dapat membebani konsumen dan mengurangi daya saing perusahaan.
  • Mengalihkan Lalu Lintas:Jalan tol dapat mengalihkan lalu lintas dari jalan umum, yang dapat menyebabkan kemacetan dan polusi di daerah sekitarnya.
  • Ketimpangan Ekonomi:Tarif tol dapat memperlebar ketimpangan ekonomi, karena masyarakat berpenghasilan rendah mungkin tidak mampu membayar tarif tol dan akibatnya terhambat aksesibilitasnya.

Pengembangan Infrastruktur Tol Mojokerto-Kertosono

Tarif tol mojokerto kertosono

Tol Mojokerto-Kertosono merupakan salah satu proyek infrastruktur penting di Jawa Timur yang menghubungkan dua kota besar, yaitu Mojokerto dan Kertosono. Pembangunan tol ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas, memperlancar arus barang dan jasa, serta mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Rencana Pengembangan Infrastruktur

Pemerintah berencana untuk mengembangkan infrastruktur Tol Mojokerto-Kertosono di masa mendatang. Rencana tersebut meliputi perluasan kapasitas jalan, pembangunan rest area baru, dan pengembangan kawasan industri di sepanjang tol.

Manfaat Pengembangan

Pengembangan infrastruktur Tol Mojokerto-Kertosono akan memberikan sejumlah manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kapasitas jalan dan mengurangi kemacetan
  • Memperlancar arus barang dan jasa
  • Mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut
  • Menciptakan lapangan kerja baru

Tantangan Pengembangan

Pengembangan infrastruktur Tol Mojokerto-Kertosono juga menghadapi beberapa tantangan, seperti:

  • Keterbatasan lahan
  • Dampak lingkungan
  • Kebutuhan investasi yang besar

Penutup

Tarif Tol Mojokerto-Kertosono 2024 diharapkan dapat menjadi solusi tepat untuk mengurai kemacetan dan memperlancar arus lalu lintas. Selain itu, kehadiran tol ini juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, meningkatkan potensi pariwisata, dan membuka peluang investasi baru.

Tanya Jawab (Q&A)

Apakah ada diskon untuk pengguna tol?

Belum ada informasi resmi mengenai adanya diskon untuk pengguna tol Mojokerto-Kertosono.

Bagaimana cara pembayaran tol selain tunai?

Selain tunai, pembayaran tol dapat dilakukan menggunakan kartu tol atau aplikasi pembayaran elektronik.

Apakah tarif tol dapat berubah sewaktu-waktu?

Ya, tarif tol dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Azka BIM coordinator project PT Hutama Karya Infrastruktur, Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia 2017 dan peraih peringkat kedua dalam PII BIM Awards 2022 yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan keilmuan melalui platform website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *